Lifestyle

Serba-Serbi Rumah Tusuk Sate, Dari Mitos, Fakta dan Tips Bila Ingin Membelinya

Rumah Tusuk Sate

Pasti pernah mendengar tentang rumah tusuk sate beserta dengan mitos-mitosnya? Kenapa disebut rumah tusuk sate? Jadi, sebutan ini berasal dari posisi rumah tersebut berada. Pemberian nama ‘tusuk sate’ ini karena letak rumah tersebut yang berada tepat di ujung jalan, atau persis berada di tengah jalur pertigaan (T Intersection House).

Tidak banyak orang yang memilih untuk tinggal ataupun membeli properti yang lokasinya ‘tusuk sate’ seperti ini. Apalagi banyak orang yang percaya mengenai mitos, bahwa rumah seperti ini akan memberikan hal-hal negatif pada penghuninya. Itulah kenapa, kebanyakan pengembang perumahan pun akhirnya seringkali menjadikan lokasi ‘tusuk sate; ini menjadi taman ataupun fasilitas penunjang lainnya.

Walaupun begitu, masih ada banyak sekali rumah yang berada di tusuk sate, dan peminatnya pun terbilang lumayan. Ini tidak lain karena kebanyakan rumah seperti ini dijual dengan harga yang terbilang sangat miring. Nah, tertarik untuk membelinya? Sebelum Anda mempercayai mitos yang beredar, ataupun memutuskan untuk membelinya, sebaiknya ketahui dulu hal-hal berikut ini.

Serba Serbi rumah tusuk sate

Mitos Tentang Rumah Tusuk Sate

Ada banyak sekali mitos yang beredar tentang properti seperti ini. Seperti rumah yang berada di tusuk sate dianggap dapat membuat keluarga yang tinggal di sana akan jadi kurang harmonis dan sering bertengkar. Adapula yang menyebutkan bahwa penghuni yang tinggal di rumah tersebut bisa mudah terserang penyakit. Tidak sedikit juga yang mengatakan bahwa rumah di tusuk sate akan membuat penghuninya tertimpa kesialan dan juga kesulitan ekonomi.

Baca Juga: 10 Inspirasi Model Rumah Di Kampung yang Homey dan Asri

Fakta Tentang Rumah Tusuk Sate

Walaupun banyak mitos negatif yang beredar, bukan berarti kita harus langsung percaya begitu saja. Kita harus tau dulu fakta-fakta tentang rumah tersebut, agar tidak mudah termakan berita atau informasi simpang siur yang belum diketahui kebenarannya. Sekalipun mitos tersebut benar, kita harus mengetahui alasan logis dibalik mitos yang beredar tersebut. Nah, berikut ini adalah beberapa fakta tentang rumah yang letaknya tusuk sate ini:

1. Aliran angin yang kuat

Karena posisi rumah berada di ujung jalan, logikanya memang aliran angin pun tentu akan lebih terasa di rumah tersebut. Terutama bila tidak ada penghalang sama sekali, sehingga angin pun banyak masuk ke rumah, dan bisa saja menyebabkan seringnya penghuni merasakan sakit.

Walaupun begitu, bisa dibilang, rumah ini punya sirkulasi udara yang lebih baik dibanding rumah lainnya. Dengan begitu, udara di rumah tentunya akan lebih sehat.

2. Sinar matahari langsung masuk ke rumah

Sama halnya dengan angin, sinar matahari pun akan langsung masuk ke rumah tanpa penghalang. Ini akan membuat rumah jadi lebih panas bila sinar matahari sedang terik. Anda bisa menyiasatinya dengan memberi penghalang di tempat-tempat sinar matahari mengekspos rumah secara langsung. Dan gunakan pendingin ruangan agar rumah tidak terlalu gerah atau panas.

3. Harga terjangkau untuk Rumah Tusuk Sate

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, umumnya rumah di tusuk sate dijual dengan harga yang murah dibanding rumah dengan posisi lainnya. Ini karena rumah ini jarang diminati banyak orang. Jadi, bila Anda mencari rumah dengan harga terjangkau, rumah ini bisa jadi pilihan.

4.Cocok sebagai tempat usaha

Karena posisinya yang berada di ujung jalan, dan langsung terlihat dari beragam sudut pandang, lokasi ini sangat pas dijadikan sebagai tempat usaha. Lokasi ini akan lebih mudah terlihat dan ditemukan orang, yang tentunya menguntungkan untuk usaha Anda.

5. Lebih bising dan rawan kecelakaan

Karena berada di ujung jalan, bila lalu lintas di sekitar rumah terbilang ramai, bukan tidak mungkin bahwa rumah Anda jadi lebih bising dan malah rawan kecelakaan. Ini seringkali jadi salah satu pertimbangan orang ketika akan membeli rumah di tusuk sate.

Tips Rumah Tusuk Sate

Tips Membeli Rumah Tusuk Sate

Sebelum memutuskan untuk menjatuhkan pilihan membeli rumah tusuk sate, berikut ini adalah beberapa tips yang perlu Anda perhatikan:

Pertimbangkan soal keamanan dan arus lalu lintas sekitar rumah

Anda harus mengetahui terlebih dulu tentang keamanan sekitar rumah. Karena hunian ini posisinya sangat mudah terlihat dari jalan, maka keamanan adalah hal yang penting. Pastikan kalau ada petugas keamanan di dekat rumah, dan akses menuju jalan utama tidak terlalu jauh.

Kemudian pertimbangkan juga arus lalu lintas sekitar rumah. Sebaiknya pilih rumah yang arus lalu lintasnya tidak terlalu ramai, untuk menghindari kebisingan dan juga kemungkinan rawan kecelakaan.

Cari rumah yang memiliki taman

Karena kemungkinan rumah akan cenderung lebih panas, sebaiknya Anda memilih rumah yang punya taman dengan tanaman dan pepohonan rindang. Ini akan meredam cahaya matahari berlebih sekaligus sebagai penghalang panas ataupun angin yang langsung masuk ke rumah.

Baca Juga: 7 Canopy Rumah Sederhana dengan Berbagai Pilihan Material

Mempertimbangkan rumah dari segi Feng Shui

Tidak sedikit orang yang melihat rumah dari segi Feng Shui untuk menemukan rumah yang tepat. Nah, kalau dari segi Feng Shui, Anda sebaiknya memilih rumah dengan posisi pintu atau pagar yang berada di sebelah kanan atau kiri, jangan yang berada di tengah. Ini akan meminimalisir energi buruk yang bisa masuk ke rumah.

Lalu sebaiknya pilih rumah yang berada kurang lebih 1,5 meter dari permukaan jalan. Jangan pilih rumah yang bangunannya lebih rendah ataupun setara dengan jalan. Ini dilakukan agar aliran energi chi yang keluar masuk rumah bisa lebih lancar.

Anda juga bisa mengecek angka Kua Anda ketika akan membeli rumah ini. Dalam Feng Shui, Kua yang kuat cocok untuk posisi rumah di tusuk sate, seperti angka Kua 2, 5, dan 9. Cara mengetahui angka Kua bisa dilakukan dengan menghitungnya, yaitu untuk pria angka 100 dikurangi dua angka terakhir tahun kelahiran lalu dibagi 9, dan sisa dari hasilnya merupakan Kua Anda. Dan untuk wanita, dua angka terakhir tahun kelahiran dikurang 4 lalu dibagi 9, dan sisa dari hasilnya merupakan Kua Anda.

Misalnya untuk pria kelahiran tahun 1987, perhitungannya adalah 100-87=13:9=1,4. Berarti Kua Anda adalah 4. Dan untuk wanita kelahiran tahun 1987, perhitungannya adalah 87-4=83:9=9,2. Berarti Kua Anda adalah 2.

Itulah beberapa hal tentang rumah tusuk sate yang harus Anda ketahui kebenarannya. Agar Anda pun tidak menerima informasi yang simpang siur lagi.

Related posts

Tidak Sulit, Inilah 4 Tanaman Sayur yang Cocok Ditanam Di Rumah!

Habibah Auni

7 Tanaman Rambat Di Rumah Untuk Menambah Keasrian

Habibah Auni

Tips Membersihkan Kamar Mandi Agar Anti Bau dan Jorok

Leave a Comment