Image default
Properti

Cara Membangun Rumah Dengan Gaji 2 Juta

Apakah Anda sudah membeli rumah ? Berapa kali Anda mendengar kalimat itu? Baik itu rekan kerja atau teman Anda, kemungkinan Anda sudah cukup sering mendengarnya. Orang-orang yang belum pernah melakukan apapun dalam hidup mereka suka bermimpi besar, bahkan jika mereka tidak tahu apa yang mereka bicarakan. Tapi bisakah Anda benar-benar membangun rumah dengan gaji 2 juta rupiah per bulan? 

Mari kita cari tahu bersama apakah hal tersebut bisa tercapai, apalagi saat ini memang resesi dan inflasi juga terus meningkat banyak negara yang bangkrut. Sehingga rakyat terlantar, harga makanan pokok naik bahkan harga properti seperti rumah juga ikut meningkat. 

Ini Dia Cara Membangun Rumah dengan Gaji 2 Juta

Rancang rumah impian Anda

Apakah Anda menginginkan rumah tiga lantai dengan denah terbuka serta banyak cahaya yang mudah masuk ke rumah Anda ? Atau mungkin Anda lebih suka bungalow yang nyaman dengan pagar kayu putih. Seperti apa rumah impian Anda, penting untuk duduk dan mendesainnya sebelum Anda mulai membangun

Ini akan membantu Anda merampungkan proses konstruksi dan menghindari kesalahan yang mahal. Setelah selesai pastinya sangat menyenangkan membayangkan rumah Anda yang sempurna! 

Banyak orang bingung cara membangun rumah terutama tentang ke mana harus pergi, seberapa besar ruangan seharusnya, dan jenis bahan apa yang harus digunakan. 

Oleh karena itu Anda bisa gunakan perangkat lunak CAD 3D atau di atas kertas, Sehingga Anda bisa membuat keputusan untuk : 

  • Gaya apa yang Anda inginkan? Bahan apa yang terbaik untuk iklim Anda? 
  • Berapa ukuran anggarannya? 
  • Jenis jendela apa yang akan terlihat paling baik di ruang ini? 
  • Berapa banyak ruang penyimpanan yang Anda butuhkan untuk ruangan ini?

Menemukan Kontraktor atau Pengembang yang Tepat

Bukan rahasia lagi bahwa membangun rumah itu mahal. Tetapi jika Anda memiliki gaji 2 juta, Anda mungkin bertanya-tanya apakah mungkin untuk membangun rumah. Jawabannya adalah ya, tetapi perlu perencanaan yang matang. Berikut adalah beberapa tips untuk menemukan pembangun / kontraktor  yang tepat 

  • Cari tahu seperti apa anggaran Anda dan dapatkan perkiraan dari berbagai pembangun / kontraktor untuk memastikan Anda mampu membayar layanan mereka.
  • Jika uang tidak menjadi masalah, carilah perusahaan yang mengkhususkan diri pada rumah yang dibuat khusus dan minta mereka mengirim seseorang untuk menilai properti Anda dan memberi Anda penawaran.
  • Mintalah rekomendasi dari teman atau kerabat yang pernah membangun rumah, hal ini sangat penting jika mereka senang dengan pengalaman mereka atau akan melakukannya lagi jika diberi kesempatan.
  • Pembuat riset online dan hubungi mereka jika ada pertanyaan tentang pekerjaan dan harga mereka serta lihat juga ulasan pelanggan di situs mereka.

Target Lokasi 

Sementara gaji 2 juta mungkin tampak seperti banyak tetapi untuk membeli properti masih belum cukup jika dibayangkan. Faktanya, di banyak kota di seluruh dunia, 2 juta dolar bahkan tidak akan menutupi biaya rumah sederhana. 

Jadi, jika Anda ingin membangun rumah sendiri dan menetapkan hati di lokasi tertentu, Anda mungkin perlu berkreasi dengan pembiayaan Anda.  Ketika memilih tanah, cobalah untuk menemukan satu dengan lokasi yang baik serta akses yang baik ke transportasi umum, sekolah, rumah sakit dan layanan lainnya. Tapi jangan khawatir, kami di sini untuk membantu. 

Salah satu cara membangun rumah dengan gaji 2 juta adalah dengan menghemat uang tunai. Namun jika memang dirasa sulit untuk maka Anda bisa menemukan pinjaman yang bersedia menawarkan kredit yang cukup sehingga semua uang muka Anda dapat berasal dari tabungan dan bukan pinjaman. 

Tetapi jika Anda menghemat jumlah yang sama dengan 20% dari harga pembelian sebelum berbelanja, maka kemungkinan besar pemberi pinjaman akan menyetujui aplikasi Anda. Tetapi pastikan Anda lebih berhati-hati untuk meminjam di aplikasi, lebih baik ke bank. 

Ramah Lingkungan

Saat ini semakin banyak orang yang ingin membeli rumah dengan gaji 2 juta. Meskipun ini mungkin tampak seperti prestasi yang mustahil, sebenarnya sangat mungkin jika Anda tahu bagaimana melakukannya. Berikut ini adalah cara tepat untuk membangun rumah yang ramah lingkungan  

  • Usahakan untuk tidak membeli tanah yang memiliki medan yang sulit seperti lereng curam karena ini akan membuat pembangunan rumah jauh lebih mahal 
  • Setelah Anda menemukan sebidang tanah yang sempurna untuk membangun rumah, konsultasikan dengan arsitek untuk ide-ide desain. 
  • Untuk mendapatkan perhatian para arsitek ini, pastikan untuk menyertakan gambar detail dan spesifikasi ruang hidup ramah lingkungan seperti apa yang akan digunakan saat merancang rumah seperti jenis bahan yang digunakan untuk dinding, bahan atap dan jenis isolasi. 
  • Jangan lupa untuk menyebutkan apakah rumahnya harus satu lantai atau bertingkat dan apakah Anda menginginkan balkon.

Ciptakan Rumah Dengan Suasana Santai di Setiap Kamar

Ketika Anda ingin bersantai di rumah Anda, Anda harus bisa melakukannya di ruangan mana pun yang Anda pilih. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu menciptakan suasana santai di setiap ruangan rumah Anda:

  • Mulailah dengan skema warna, Gunakan warna terang dan lapang yang akan membantu menciptakan rasa damai.
  • Rasakan dan libatkan alam, Bawalah beberapa bunga atau tanaman segar, atau gantung gambar pemandangan yang tenang.
  • Pertimbangkan pencahayaan, Cahaya lembut yang menyebar lebih menenangkan daripada lampu neon yang keras. Lilin juga dapat membantu mengatur suasana hati.
  • Singkirkan kekacauan, Ruangan yang bersih akan membantu Anda merasa lebih rileks dan nyaman.
  • Tambahkan beberapa perabot yang nyaman.

Menggunakan Teknologi dengan Bijak untuk Menghemat Energi dan Memotong Biaya

Dengan perkembangan zaman saat ini memungkinkan Anda menggunakan teknologi untuk menghemat energi dan hal ini benar-benar memotong biaya untuk rumah Anda. Anda dapat membeli bola lampu LED, yang bertahan lebih lama dan menggunakan lebih sedikit energi daripada lampu pijar tradisional. 

Jika Anda sedang membangun rumah baru, Anda dapat memasang panel surya untuk membantu mengimbangi biaya energi Anda. Banyak juga peralatan baru yang didesain lebih hemat energi, seperti lemari es dan mesin cuci. Dengan menggunakan teknologi dengan bijak, Anda dapat menghemat uang untuk tagihan energi Anda dan membantu lingkungan. 

Gunakan Uang dengan Bijak

Bukan rahasia lagi bahwa ketika Anda ingin membeli rumah, Anda perlu mengeluarkan uang dengan bijak. Tapi apa artinya, tepatnya? Jawaban singkatnya adalah bahwa membelanjakan dengan bijak berarti mencari penawaran terbaik dan memutuskan mana yang sepadan dengan waktu dan uang Anda. 

Baca Juga : Kota dengan harga rumah termurah

Kesimpulan

Jika Anda saat ini ingin membeli rumah maka dengan konsep atau cara di atas sangat penting untuk diperhatikan. Alternatif lainnya jika Anda ingin membangun rumah dengan gaji 2 juta maka Anda bisa mulai mengumpulkan uang untuk membeli tanah setelah itu Anda bisa langsung membangunnya. Ini lebih hemat, tetapi ini hanya opsi saja. Semua keputusan di tangan Anda! 

Related posts

Ini Ide Halaman Belakang Rumah Cantik dan Nyaman Beserta Tips Membuatnya

Ini Dia Pengertian dan Desain Rumah Tipe 36, Beserta Tips Agar Terlihat Lebih Luas

Marsyaviani Darestuti

7 Tren Warna Cat Rumah di Tahun 2021, Rumah Jadi Terlihat Kekinian

Risma Mualifa

Leave a Comment