Lifestyle

8 Cara Hemat Listrik Berikut agar Tagihan tidak Gampang Membengkak

Cara Hemat Listrik di Rumah

Beberapa orang kadang kesal karena tagihan listrik mereka yang terus membengkak. Padahal ada banyak cara hemat listrik yang bisa dilakukan untuk menghindari biaya bulanan listrik yang terus naik. Pengelolaan perabotan listrik di rumah adalah salah satu langkah penting yang perlu kamu lakukan untuk menghemat anggaran rumah tangga.

Beberapa alat elektronik yang paling sering menyedot biaya tagihan listrik pada umumnya adalah penggunaan AC, TV, bahkan kulkas. Nah, untuk menyiasati kamu perlu melakukan beberapa cara hemat listrik berikut ini.

Baca Juga: 8 Tipe Rumah Minimalis Sederhana untuk Milenial

1. Menggunakan Listrik Prabayar

Cara Hemat Listrik dengan menggunakan listrik Prabayar
Source: Bisnis.com

Menggunakan listrik prabayar bisa membantu kamu untuk lebih menghemat biaya listrik bulanan. Seperti yang telah diketahui bahwa pemerintah saat ini telah mewajibkan setiap rumah untuk memasang meteran listrik dengan sistem pulsa. Dengan cara ini maka kamu pun bisa mengatur penggunaan listrik setiap bulannya. Secara tidak langsung, sistem pulsa ini juga membuat kamu lebih hemat dan bijak dalam menggunakan listrik.

2. Melepas Kabel dan Peralatan Jika Tidak Digunakan

Cara hemat listrik yang satu ini mungkin terlihat sepeleh dan jarang dilakukan, padahal dengan melepas kabel listrik tersebut kamu sudah bisa menghemat penggunaan listrik yang terbuang sia-sia. Tentu kamu sering melihat charger ponsel atau colokan mesin cuci yang masih terhubung di stop kontak padahal sudah tidak digunakan lagi. Nah, kebiasaan seperti ini lah yang justru bisa membuat tagihan listrik kamu membengkak. Oleh sebab itu, mulai sekarang silahkan melepas semua kabel listrik yang tidak kamu gunakan lagi di rumah.

3. Menyalakan Lampu Sesuai Keperluan

Sering menyalakan lampu padahal tidak diperlukan juga masih menjadi kebiasaan buruk masyarakat kita hingga hari ini. Banyak rumah-rumah yang masih terus menyalakan lampu rumah mereka di sepanjang hari. Entah karena lupa mematikan ataupun disengaja, akan tetapi jika memang tidak diperlukan akan lebih baik untuk menggunakan lampu saat malam hari saja.

4. Hemat dan Bijak Menggunakan AC

Menghemat listrik dengan bijak menggunakan AC
Source: Manometcurrent.com

Tentu kamu harus tahu bahwa AC merupakan salah satu alat elektronik penyumbang tagihan listrik paling besar di setiap rumah. Dibandingkan alat elektronik lainnya, AC ternyata membutuhkan konsumsi listrik yang paling besar saat bekerja. Oleh karena itu, bijaklah dalam menggunakan AC saat berada di rumah. Salah satu tips untuk menghemat pengeluaran listrik dari AC ini ialah dengan membeli AC hemat energy yang telah dilengkapi oleh sistem pengaturan suhu otomatis.

5.Menggunakan Mesin Cuci Sesuai Kebutuhan

Cara hemat listrik selanjutnya ialah dengan menggunakan mesin cuci sesuai kebutuhan. Gunakanlah mesin cuci dengan kapasitas yang kamu perlukan karena semakin besar kapasitas sebuah mesin cuci maka kebutuhan akan listriknya pun juga semakin besar. Untuk menyiasatinya maka gunakanlah mesin cuci yang hemat listrik dan pakailah mesin cuci sesuai kebutuhan kamu di rumah. Dengan begitu, kamu bisa menekan biaya listrik yang tidak diperlukan setiap bulannya.

6. Bijak Menggunakan Kulkas

Sama seperti alat elektronik lainnya seperti AC ataupun mesin cuci, kulkas juga sama-sama memiliki konsumsi listrik yang sangat besar. Oleh karena itu, kamu juga mesti bijak menghemat biaya tagihan listrik dari penggunaan kulkas di rumah. Salah satu caranya ialah ketika kamu ingin bepergian dalam waktu yang sangat lama maka jangan lupa untuk menurunkan temperature kulkas ke level paling rendah. Jika tidak memiliki banyak stok makanan akan lebih baik lagi jika kamu mematikan kulkas sebelum meninggalkan rumah.

7. Menghemat ListrikĀ Rice Cooker

Rice cooker juga termasuk alat elektronik yang paling sering digunakan di rumah. Untuk menghemat pemakaian listrik dari rice cooker ini bisa kamu coba dengan memasak nasi menggunakan air yang telah mendidih. Hal ini dilakukan untuk mencegah penggunaan listrik yang lebih besar saat memasak nasi. Cara ini juga membuat proses memasak nasi berlangsung lebih cepat.

8. Menanam Pohon dan Tanaman Hijau di Rumah

Penghijauan Menjadi Satu Cara untuk hemat Listrik
Source: Today.line.me

Kehadiran pohon dan tanaman hijau di rumah juga membantu penggunaan listrik di rumah loh. Selain sebagai khiasan yang menyegarkan mata dan pikiran, tanaman di sekitar rumah juga membuat lingkungan jauh lebih segar dan sejuk. Kondisi rumah yang sejuk ini tentu akan meminimalisir penggunaan AC di rumah kamu bukan?

Beberapa tips atau cara hemat listrik di atas bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Untuk membiasakannya maka kamu bisa memulainya dari penggunaan listrik dari kamar kamu terlebih dahulu. Selamat mencoba!

Related posts

Tidak Sulit, Inilah 4 Tanaman Sayur yang Cocok Ditanam Di Rumah!

Habibah Auni

Brand Vitamin dan Pupuk Terbaik untuk Tanaman

Tips Membersihkan Kamar Mandi Agar Anti Bau dan Jorok

Leave a Comment