Rumah

10 Inspirasi Model Rumah Di Kampung yang Homey dan Asri

Inspirasi Model Rumah Di Kampung

Memiliki rumah di kampung seringkali jadi pilihan. Bukan hanya karena harga tanah yang umumnya masih murah, namun juga karena lingkungannya yang asri, udara sejuk, dan jauh dari hiruk pikuk kota. Bahkan, rumah di kampung pun seringkali jadi tempat yang tepat untuk rehat sejenak dari kesibukan kota. Itulah kenapa, model rumah di kampung pun sudah seharusnya dibuat lebih homey dan asri, untuk memberikan rasa tenang yang diharapkan.

Umumnya, model rumah di kampung dibuat sangat sederhana, demi membuatnya menyatu dengan lingkungan sekitar yang masih asri dan alami. Bentuk rumah yang ada pun cenderung tidak tinggi-tinggi seperti di kota. Bahkan kebanyakan rumah memiliki bagian pekarangan atau halaman yang lebih besar dibanding dengan luas bangunan rumah sendiri.

Baca Juga: 7 Canopy Rumah Sederhana dengan Berbagai Pilihan Material

Nah, jika kamu sedang mencari inspirasi model rumah di kampung yang homey dan pastinya cantik serta asri, berikut ini adalah beberapa model yang bisa kamu ikuti:

1. Rumah klasik sederhana

Inspirasi Model Rumah Di Kampung Model Klasik

Kebanyakan rumah indah di desa atau kampung dibuat dengan desain yang klasik dan sederhana. Tampilannya tidak punya banyak aksen, baik di dinding, pagar, atap ataupun bagian pintu dan jendela yang sederhana.

2. Model Rumah Kayu Di Kampung

Model Rumah Kayu

Tidak sedikit rumah sederhana di desa dibuat dengan menggunakan kayu-kayu dengan warna naturalnya. Ini memang sangat cocok diterapkan pada rumah di perkampungan, karena menambah kesan asri, dan nyaman.

3. Model Rumah Panggung Di Kampung

Rumah panggung dapat menjadi inspirasi model rumah di Kampung yang umum

Di jaman dulu, ataupun di beberapa daerah di Indonesia, masih menggunakan model rumah panggung ini sebagai tempat tinggal mereka. Rumah ini bisa jadi inspirasi ketika kamu membuat rumahmu sendiri. Material yang bisa kamu gunakan bisa dari kayu ataupun batu bata untuk menambah ketahanan rumah.

4. Rumah dengan halaman luas

Rumah dengan halaman luas menjadi daya tarik rumah di kampung

Walaupun sebenarnya ini bukan hal yang baru di mana membuat rumah di kampung dengan halaman yang luas. Kamu bisa menggunakan rumput hijau di halaman sekitar rumah agar rumah terlihat lebih segar. Selain itu jangan lupa tanam pohon-pohon ataupun tanaman hias di sekitar rumah, agar suasananya jadi lebih asri.

Baca Juga: Inspirasi Beragam Model Pagar Rumah Untuk Hunian Anda

5. Model Rumah Di Kampung dengan bangunan yang luas

Rumah dengan bangunan luas

Referensi rumah di kampung lainnya yang bisa kamu terapkan adalah dengan membangun rumah dengan bangunan yang luas. Ini sangat cocok bila kamu termasuk dalam keluarga besar yang punya anggota keluarga yang banyak. Rumah luas seperti ini akan sangat pas dijadikan tempat berkumpul bersama keluarga besar.

6. Rumah minimalis

Rumah minimalis bisa menjadi inspirasi rumah di Kampung loh

Desain rumah minimalis juga bisa kamu terapkan di model rumah di kampung. Desainnya yang kekinian pun akan membuat rumahmu jadi terlihat berbeda dibanding rumah lainnya. Kamu bisa menggunakan warna-warna monokrom untuk mendukung kesan minimalis dari rumah yang kamu buat.

7. Rumah Joglo

Rumah Joglo juga bisa jadi Inspirasi rumah di kampung buat Anda yang suka rumah Jawa Klasik

Desain rumah seperti rumah adat khas Jawa Tengah dan Timur ini juga bisa kamu terapkan untuk hunianmu. Nuansanya tradisional, namun homey dan nyaman untuk dijadikan tempat beristirahat. Rumah Joglo ini punya ciri khas di bagian atapnya. Dan umumnya, bagian dinding rumah terbuat dari kayu jati sehingga membuat rumah lebih kuat dan tahan lama.

8. Rumah semi terbuka

Rumah Semi Terbuka

Bila kamu ingin membangun rumah dengan konsep berbeda, kamu bisa coba rumah semi terbuka seperti ini. Sensasi tinggal di rumah seperti ini pun tentunya juga akan berbeda dibanding tinggal di rumah biasanya. Bayangkan, kamu bisa sarapan sambil melihat pemandangan sekitar rumah, yang umumnya masih di kelilingi sawah atau kebun, sembari menghirup udara yang sejuk dan masih bersih.

9. Rumah modern

Rumah Konsep Modern

Walaupun rumah kampung umumnya dibuat dengan desain yang sederhana, namun membangun rumah modern pun tidak ada salahnya. Sekarang pun mungkin sudah banyak orang di desa yang mengadopsi rumah modern seperti di kota. Dengan penggunaan material yang lebih beragam dengan desain yang kekinian.

10. Rumah dengan pagar kayu rendah

Rumah dengan Pagar kayu rendah

Tidak semua rumah di desa menggunakan pagar di bagian depan rumahnya. Walaupun begitu, ada juga mereka yang menggunakan pagar sebagai pelindung rumah. Nah, kamu bisa membuat rumah di kampung yang memiliki pagar kayu rendah, yang khas pedesaan, namun dengan tampilan yang lebih menarik dan kekinian.

Dari referensi model rumah di kampung yang sudah disebutkan di atas, adakah model rumah idaman dan jadi impianmu?

Related posts

8 Tips Ciptakan Taman Minimalis Depan Rumah, Tetap Indah Meski di Lahan Sempit

Risma Mualifa

Mengenal Ragam Rumah Adat Suku Jawa

Marsyaviani Darestuti

Intip 13 Ide Dekorasi Teras Rumah Paling Populer Di Tahun 2021

Leave a Comment