Lifestyle

7 Tips Dekorasi Kamar Sempit Untuk Remaja Agar Terlihat Lebih Luas & Nyaman

Tips Dekorasi Kamar Sempit untuk Remaja

Kamar tidur adalah salah satu ruangan pribadi seseorang untuk beristirahat. Suasananya haruslah nyaman agar kita bisa beristirahat dengan baik. Namun banyak orang yang menganggap kamar yang sempit mengurasi rasa nyaman sebuah kamar. Padahal ini anggapan yang salah lho. Nah, bila kamu sedang mencari cara untuk dekorasi kamar sempit untuk remaja, kamu bisa menemukan jawabannya di sini.

Tips Dekorasi Kamar Sempit Untuk Remaja

1. Pilih warna yang cerah

Dekorasi Kamar Sempit Mulai dari Pilihan Warna Cat Kamar

Cara pertama untuk dekorasi kamar tidur remaja yang sempit adalah dengan pemilihan warna yang cerah untuk cat dinding kamar, lantai ataupun penggunaan furniture serta barang-barang dalam kamar. Warna-warna cerah ini akan memberikan kesan kamar jadi lebih luas dan tidak sesak.

Baca Juga: Inspirasi Lukisan Dinding Kamar Anak Muda, Untuk Mempercantik Tampilan Kamar

Kamu bisa menggunakan warna putih, pink, kuning, biru muda, dan warna-warna pastel lainnya di bagian dinding dan lantai. Pilih juga warna-warna tersebut untuk penggunaan pada furniture ataupun selimut dan sprei di kamar. Namun pastikan kamu tidak menggunakan kombinasi warna yang terlalu banyak ya, karena ini malah akan membuat kamar malah terlihat semakin sempit.

2. Pemilihan furniture yang minimalis

Dekorasi Kamar Sempit harus sesuaikan juga furniture di dalamnya

Karena kamar tidur sudah sempit, maka sebaiknya kamu memilih perabotan yang tidak terlalu besar. Karena ini malah akan membuat kamar semakin sesak dan penuh. Pilihlah barang-barang yang minimalis namun fungsional, sehingga keberadaannya punya fungsi yang efisien, bukan hanya membuat kamar penuh.

Furniture yang minimalis ini juga punya arti kalau sebaiknya kamu tidak menggunakan banyak-banyak barang, ya.

3. Memaksimalkan penerangan alami

Manfaatkan Penerangan Alami

Penerangan juga punya peranan penting sama seperti pemilihan warna, untuk dekorasi kamar tidur sempit. Kamu bisa manfaatkan dan maksimalkan penerangan alami dari sinar matahari, dengan membuat jendela besar yang memungkinkan cahaya bisa masuk lebih banyak.

Sinar matahari ini pun akan membuat kamar jadi tidak mudah lembap dan terhindar dari kuman, bakteri dan virus yang mudah berkembang biak di tempat lembap.

Baca Juga: 7 Hal yang Harus Diperhatikan dalam Mewujudkan Ide Rumah Kontainer

Namun bila hal ini tidak memungkinkan, kamu bisa memanfaatkan pencahayaan indirect yang lembut untuk beristirahat dan membuat kamar nyaman.

4. Menempatkan cermin di kamar

Cermin Bisa Membantu Kamar Terlihat Lebih Besar

Cermin bisa jadi dekorasi kamar tidur sederhana yang mampu menciptakan ilusi lebih luas pada kamar tidur sempit. Pemilihan ukuran dan bentuknya bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan. Kamu pun bisa meletakkan cermin di kamar untuk memberikan kesan kamar yang aesthetic.

Cermin ini bisa kamu letakkan di bagian atas ranjang ataupun gunakan sebagai bagian depan pintu lemari bajumu, serta meletakkannya menempel di dinding. Ini akan membuat masih banyak ruang di kamarmu, namun tetap mendapat kesan luas dari keberadaan cermin tersebut.

5. Manfaatkan tempat penyimpanan di bawah ranjang

Dekorasi Kamar Sempit Memanfaatkan Tempat Penyimpanan dibawah Ranjang

Dibanding kamu meletakkan furniture berupa lemari atau rak yang terlalu banyak sehingga membuat kamar penuh, kamu bisa memanfaatkan bagian-bagian kosong seperti di bawah ranjang untuk membuat tempat penyimpanan ataupun laci yang berfungsi menjadi tempat barang-barangmu.

Bila kamu memiliki budget lebih, kamu bisa custom ranjang dengan bagian penyimpanan di bawah ranjang. Ataupun kamu bisa menggunakan ranjang yang ada, dan letakkan container ataupun keranjang yang punya ukuran pas di bagian bawah ranjangmu.

6. Membuat mezzanine di kamar

Membuat Mezzanine Kamar bisa Menjadi Solusi dekorasi kamar sempit

Mengakali dekorasi kamar sempit untuk remaja bisa juga dilakukan dengan membuat sebuah ruang atau lantai tambahan di dalam kamar. Penempatannya bisa di antara lantai dan langit-langit dengan desain yang semi terbuka.

Walaupun langkah untuk membuat mezzanine ini haruslah merombak kembali konstruksi kamar, namun tidak ada salahnya untuk mencoba cara ini.

7. Memilih perabotan yang bisa dilipat ataupun disembunyikan

Memilih Perabotan Minimalis

Sekarang ini banyak perabotan yang portable atau bisa dipindah-pindah, bahkan bisa dilipat dan disembunyikan. Seperti misalnya Kasur ataupun meja. Ini bisa jadi salah satu solusi untuk kamar remaja yang terbilang sempit, agar tetap punya space.

Jadi, dengan adanya perabotan seperti ini, kamu bisa membukanya ketika ingin digunakan dan dilipat atau disembunyikan ketika sedang tidak digunakan.

Baca Juga: Tampak Cantik, 9 Model Keramik Rumah Minimalis

Membuat kamar yang sempit jadi terkesan luas dan tetap nyaman itu sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan. Karena dekorasi kamar sempit untuk remaja ini pun bisa diterapkan dengan mudah.

Related posts

Brand Vitamin dan Pupuk Terbaik untuk Tanaman

Tips Membersihkan Kamar Mandi Agar Anti Bau dan Jorok

Mengenal Gaya Hidup Zero Waste Demi Lingkungan yang Sehat

Leave a Comment