DIY

Cara Tepat Membersihkan Saluran Udara Rumah Anda


Emkay Frizz happy Sour

Saluran udara dan ventilasi Anda memerlukan perawatan rutin. Mengabaikan tugas seperti mengganti filter Anda setiap bulan dapat mengundang polutan ke sistem ventilasi rumah Anda. Simak artikel ini tentang cara tepat membersihkan saluran udara rumah Anda.

Virus, bakteri, dan jamur dapat menyerang saluran udara Anda dan tersuspensi di udara dalam ruangan Anda jika saluran Anda dibiarkan tidak bersih.

Penting juga untuk dicatat bahwa mereka yang memiliki saluran bersih melaporkan kesehatan yang lebih baik secara keseluruhan. Dan untuk orang dengan masalah pernapasan dan alergi, ventilasi yang bersih dapat mencegah gejala dipicu dan menjadi risiko yang lebih tinggi.

Pastikan untuk menghubungi profesional kesehatan jika Anda memiliki pertanyaan tentang bagaimana kualitas udara dalam ruangan dapat mempengaruhi kesehatan Anda.

Teruslah membaca untuk detail tentang cara membersihkan saluran udara kotor Anda dengan aman, termasuk apakah Anda harus benar-benar menangani tugas ini sendiri atau menyewa seorang profesional sebagai gantinya.

Cara membersihkan saluran udara dengan Ahlinya

tenaga profesional membersikan debu

1. Menyewa seorang profesional

Meskipun Anda pasti dapat mencoba melakukan pembersihan dasar saluran udara Anda sendiri, kami sangat menyarankan untuk berkonsultasi dengan profesional untuk pekerjaan yang lebih menyeluruh.

Sistem HVAC rumah Anda memiliki berbagai komponen sensitif yang hanya boleh diakses dan dipelihara oleh penyedia layanan profesional yang tahu apa yang mereka lakukan.

Motor kipas, rumah kipas, penukar panas, dan koil pendingin mungkin tertutup debu, sehingga memerlukan wawasan dan pengalaman profesional untuk membersihkan dengan aman.

Selain debu, hama dan mikroba patogen juga bisa hidup di saluran udara Anda. Penggunaan bahan kimia, seperti pestisida dan biosida, akan membutuhkan keahlian seorang profesional.

Sistem HVAC Anda mungkin telah terkontaminasi atau rusak oleh hama, yang mengakibatkan bahaya yang tidak terduga. Mainkan dengan cerdas dan serahkan pembersihan saluran udara ke penyedia yang memenuhi syarat.

2. Temukan layanan pembersihan saluran udara

Mulai di sini untuk mencari pembersih saluran udara profesional.

Jika Anda saat ini berada di salah satu negara bagian dengan inisial berikut ini AZ, AK, CA, FL, GA, MI, dan TX. Anda bisa langsung tanyakan calon pembersih saluran udara Anda apakah mereka memiliki lisensi khusus.

Penyedia layanan yang memenuhi syarat mungkin memiliki pendekatan khusus mereka sendiri tentang cara mereka membersihkan saluran Anda, tetapi mereka harus memasukkan praktik NAIMA dan standar industri NADCA dalam upaya mereka, terutama jika pekerjaan saluran melibatkan fiberglass.

Ingin tahu apakah pembersih saluran Anda sudah menyeluruh? Pertimbangkan untuk melihat Daftar Periksa Konsumen Pasca Pembersihan EPA.

Waspadalah terhadap perusahaan yang mengklaim manfaat kesehatan yang luar biasa karena penelitian untuk saluran udara bersih dan dampaknya terhadap kesehatan penduduk masih dalam tahap awal.

Semua saluran udara mengumpulkan debu dan memerlukan pembersihan, meskipun jumlah debu yang memerlukan pembersihan bersifat subjektif.

Seorang profesional dapat membantu Anda mengidentifikasi kebutuhan pembersihan saluran udara khusus di rumah Anda dan memberikan tip untuk membantu meningkatkan kualitas udara dalam ruangan Anda sepanjang tahun.

Cara membersihkan saluran udara dengan Tangan Sendiri

membersihkan debu dengan tangan sendiri

Masih penasaran dengan langkah-langkah membersihkan saluran udara? Berikut adalah dasar-dasarnya, meskipun kami tetap tidak menyarankan untuk mencobanya sebagai proyek DIY:

1. Periksa ventilasi

Buka penutup ventilasi untuk memeriksa kotoran, debu, atau benda lain yang tidak Anda inginkan di dalamnya.

2. Periksa register pengembalian

Periksa register udara kembali untuk penumpukan debu. Perhatikan terutama jika ada lapisan tebal yang dilapisi pada register.

3. Lepaskan filter

Lepas dan periksa filter udara. Jika filter udara Anda kotor dan tertutup debu, saatnya untuk menggantinya.

4. Periksa tungku

Buka kompartemen tungku Anda dan periksa kipas blower, motor dan kontrol tungku untuk debu.

5. Periksa koil AC

Periksa koil AC. Jika Anda menemukan debu di atasnya atau dinding rumah, maka filter udara Anda tidak berfungsi.

6. Matikan daya

Matikan daya ke unit pemanas dan AC Anda. Catatan: Mematikan thermostat tidak mematikan unit. Jadi Anda perlu mematikan daya di panel pemutus atau saklar daya di tungku.

7. Lepaskan penutup saluran udara dan bersihkan

Lepaskan penutup saluran udara dan gunakan sikat untuk membersihkan grates. Pastikan untuk teliti. Gunakan penyedot debu untuk membersihkan saluran. Model dengan selang akan memberi Anda kemampuan manuver paling banyak.

8. Bersihkan ventilasi langit-langit

Terakhir, bersihkan ventilasi di langit-langit Anda. Anda dapat menggunakan penyedot debu atau sapu untuk membersihkan debu.

Kesimpulan

Sangat penting untuk mengetahui cara membersihkan saluran udara dengan benar dan tepat baik itu dengan menyewa tenaga profesional atau dengan tangan Anda sendiri. Pastikan selalu memeriksanya untuk mendapatkan udara segar bagi rumah Anda.


Emkay Blast Lite

Related posts

Cara Membersihkan Nat Pada Lantai Kotor

admin

11 Ide Merombak Dapur Yang Akan Menyegarkan Rumah Anda

admin

Cara Usir Nyamuk Secara Alami

Rumi

Leave a Comment