Rumah

7 Canopy Rumah Sederhana dengan Berbagai Pilihan Material

Canopy rumah sederhana

Memiliki rumah minimalis dengan halaman depan yang sederhana namun tampak mewah adalah impian sebagian orang. Selain menarik dari sisi tampilan, bagian depan rumah atau teras juga perlu terlindungi dari panas sinar matahari dengan dipasang kanopi. Saat ini ada banyak pilihan canopy rumah sederhana yang tak hanya membuat teras terasa teduh tapi juga menambah nilai keindahan sebuah rumah.

Kanopi merupakan salah satu kerangka bangunan tepatnya bagian atap dan biasa dipasang di beranda bangunan. Sebagai pengganti genteng konvensional, jenis atap kanopi ini semakin diminati masyarakat. Kanopi juga bisa dipasang di bagian lain seperti dapur, tempat bermain anak, gudang, dan yang lainnya. Berikut berbagai jenis kanopi sederhana dengan bahan material yang berbeda-beda.

1. Kanopi Baja Ringan

Canopy Rumah Sederhana

Jenis canopy rumah sederhana yang pertama adalah kanopi baja ringan. Kanopi dengan bahan rangka jenis baja ringan cocok digunakan untuk keperluan rumah atau bangunan yang bersifat permanen. Kanopi dengan bahan baja ringan memiliki beberapa kelebihan. Diantaranya adalah daya tahan yang kuat, antikarat, tahan akan gangguan rayap, serta terhindar dari pelapukan. Kanopi baja ringan dipasarkan dengan harga Rp200.000-Rp450.000 per meter perseginya.

Baca Juga: 15 Model Atap Rumah untuk Hunian Masa Kini dan Masa Depan

2. Kanopi Spandek

Kanopi Rumah Sederhana dengan atap Spandex

Kanopi dengan jenis spandek sedang melejit di dunia properti, karena memiliki perpaduan bahan antara aluminium, silikon, dan seng. Bahan-bahan tersebut membuat kanopi jenis spandek ini lebih awet, ringan, kokoh, serta fleksibel untuk dipakai di berbagai jenis tempat yang diinginkan. Dengan kelebihan-kelebihan yang ditawarkan, kanopi spandek memasang harga yang lumayan murah, yaitu mulai dari Rp170.000 sampai Rp340.000 per meter perseginya.

3. Kanopi Alderon

Canopy Rumah Sederhana atap Alderon

Kanopi yang terbuat dari material PVC ini memiliki bentuk yang unik seperti gelombang namun teratur. Jenis canopy rumah sederhana yang satu ini bersifat tidak menyerap panas, sehingga cocok digunakan untuk melindungi ruangan yang harus selalu terjaga suhunya. Kanopi dengan kisaran harga RP390.000-Rp450.00 per meter perseginya ini menjadi incaran masyarakat. Pasalnya kanopi alderon mampu menampilkan kesan sederhana namun minimalis.

4. Kanopi Rumah Sederhana dengan Kain

Kanopi Rumah Sederhana dengan Kain

Kanopi dengan material kain kerap ditemui di kanopi kedai kopi, kanopi warung, kanopi rumah, bahkan kanopi hotel. Jenis kanopi ini menggunakan bahan dasar atap dari berbagai material kain seperti katun, kanvas, benang polyester, dan kain akrilik. Di pasaran sendiri, kanopi kain dijual mulai harga Rp280.000-Rp380.000 per meter perseginya. Harga tersebut hanya untuk bahannya saja, belum termasuk biaya pemasangan. Kanopi jenis kain cocok digunakan untuk hunian yang ingin menampilkan kesan sederhana namun tetap minimalis dan elegan.

5. Kanopi Rumah Sederhana Polycarbonate

Kanopi Polycarbonate

Jenis polycarbonate ini biasa digunakan untuk gudang, carport, dan tempat menjemur yang memang membutuhkan cahaya. Canopy rumah sederhana ini memang transparan tapi dapat meredam panas sampai 90 persen sehingga cahaya yang masuk terasa lebih sejuk dan tidak panas. Selain itu, kanopi polycarbonate juga memiliki karakteristik yang kuat serta baik digunakan untuk perlatan listrik. Untuk mendapatkan segudang kelebihan tersebut, hanya perlu membayar Rp145.000-Rp750.000 per meter perseginya.

6. Canopy Rumah Sederhana dengan Kaca

dengan Atap Kaca

Nuansa yang ditimbulkan jika menggunakan kanopi kaca adala tampilan yang elegan, premium, mewah, dan bersih. Oleh karena itu, kanopi kaca tetap diminati oleh para pemilik properti meskipun tidak sepopuler jenis kanopi lainnya. Sesuai dengan kualitasnya yang high, kanopi ini memasang harga yang cukup tinggi yaitu mulai dari Rp680.000 sampai Rp2.100.000 per meter perseginya.

Dengan harga yang fantastis, kanopi kaca memiliki beberapa kelebihan. Kanopi kaca memiliki ketahanan yang tinggi, perawatannya yang mudah, ketebalan yang sesuai sehingga aman digunakan dan tidak gampang pecah, serta masih banyak kelebihan lain. Namun canopy rumah sederhana dengan material kaca juga memiliki kekurangan yaitu perlu ketelitian dalam memilih dan membutuhkan teknik yang pemasangan yang tepat.

7. Kanopi Awning Gulung

Kanopi jenis gulung

Contoh pemakaian kanopi jenis awning gulung adalah struktur payung raksasa penutup Masjid Nabawi di Madinah yang dapat terbuka dan menutup secara otomatis. Pemakaian tersebut sudah terintegrasi dengan sistem motor otomatis yang dapat digerakkan dengan menggunakan remot. Untuk hunian, kanopi awning gulung cocok digunakan pada kolam renang, teras belakang, teras depan, maupun bagian rumah lainnya. Harga yang ditawarkan pun sepadan dengan kelebihannya yang unik, yaitu sekitar Rp1.200.000-Rp1.700.000 per meter perseginya.

Baca Juga: Desain dan Tips Membuat Gazebo Minimalis Modern

Berbagai pilihan canopy rumah sederhana bisa menjadi pertimbangan ketika ingin memasang pelindung bagian luar rumah selain atap biasa. Masing-masing material kanopi memberikan kesan tampilan tersendiri pada bangunan.

Related posts

Mengintip Ciri Khas Gaya Rustic yang Sangat Cocok Untuk Rumah di Era Modern

Punya Rumah Baru? Daftar Perabot Rumah Tangga yang Harus Dibeli

8 Tips Ciptakan Taman Minimalis Depan Rumah, Tetap Indah Meski di Lahan Sempit

Risma Mualifa

Leave a Comment