Rumah

6 Desain Rumah Klasik Indonesia, Tidak Terlihat Ketinggalan Zaman

Desain Rumah Klasik Indonesia

Perkembangan zaman dari waktu ke waktu membuat gaya rumah juga terus mengalami perubahan. Di masa sekarang, gaya rumah minimalis modern lebih digemari. Gaya tersebut menjadi favorit banyak orang karena sesuai dengan selera generasi muda. Namun di tengah maraknya tren gaya rumah minimalis modern, desain rumah klasik Indonesia tetap memiliki penggemar tersendiri.

Desain rumah klasik umumnya memadukan desain seni Yunani dan Romawi, baik pada bagian tertentu maupun secara keseluruhan. Desain yang demikian menghasilkan tampilan yang mewah, megah serta tampak elegan. Meski termasuk gaya lama, rumah klasik tetap mampu menyajikan keindahan visual. Bahkan rumah klasik dinilai juga dari sisi sejarah serta filosofi dari bangunannya. Inilah beberapa desain rumah klasik yang bisa menjadi referensi dalam membangun hunian.

1. Desain Rumah Tropis

Desain Rumah Klasik Tropis

Rumah klasik Indonesia dengan konsep terbuka tanpa pagar menjadi salah satu gaya hunian idaman para pecinta rumah klasik. Memiliki cat eksterior berwarna putih, rumah dengan desain tropis klasik ini terlihat bersih dan cantik. Selain itu, tambahan lampu-lampu berwarna kuning menambah nuansa elegan yang ditampilkan. Kesan megah dapat dilihat dari tingginya rumah yang terdiri dari 3 lantai serta atap yang sederhana namun tetap terlihat menarik. Desain ini cocok diterapkan untuk keluarga yang membutuhkan banyak ruangan dalam rumah.

Baca Juga: 7 Hal yang Harus Diperhatikan dalam Mewujudkan Ide Rumah Kontainer

2. Desain Rumah Klasik Modern

Rumah Klasik Modern

Bagi yang tidak suka jika terlalu banyak dekorasi, desain rumah klasik modern ini sangat cocok dijadikan referensi. Bagian yang membuat rumah model ini terlihat modern dan kontemporer adalah tiang dan jendela yang dibuat sederhana tanpa ukiran tambahan. Gaya klasiknya tetap melekat sebab tiang dan jendela yang berukuran besar. Corak abstrak yang dipadukan pada tiang dapat menampilkan kesan elegan. Lampu gantung yang cantik sangat menggambarkan kesan mewah dari rumah klasik ini.

3. Desain Rumah Klasik Minimalis

Rumah Minimalis

Berkembangnya tren gaya rumah membuat banyak ide bisa digabungkan, seperti rumah klasik Indonesia yang mulai dipadu padankan dengan desain-desain kontemporer kekinian. Tampilan dari perpaduan itu menciptakan rumah klasik dengan kesan minimalis yang lebih terlihat. Sementara itu cat yang dominan berwarna putih, ukiran yang ada pada dinding, serta keberadaan pintu dan jendela berukuran besar berhasil mempertahankan gaya klasik rumah ini. Penempatan tiang pada model rumah klasik minimalis ini mulai ditinggalkan karena tidak sesuai dengan konsep secara keseluruhan.

4. Desain Kuil Yunani Kuno

Desain Yunani Kuno

Meskipun terinspirasi dari desain bangunan kuno, rumah klasik ini tetap terlihat menarik untuk diterapkan pada desain hunian masa kini. Disebut sebagai desain kuil Yunani kino karena rumah klasik ini menggunakan atap miring serta tiang yang banyak. Perbedaannya dengan desain lama adalah penggunaan tiang dan dekorasi yang dikurangi serta ditata dengan lebih rapi. Hal tersebut dilakukan sebab ukiran yang ada di tiang dan dinding terlihat terlalu mencolok. Warna putih gading biasanya menjadi pilihan utama untuk tampilan ini.

5. Desain Rumah Mediterania

Model Mediterania

Rumah klasik mediterania termasuk salah satu desain rumah klasik Indonesia yang banyak dipilih. Dasar dari desain ini berasal dari Eropa yang kemudian merambah ke negara lain, termasuk Indonesia. Meskipun tidak terlalu mewah seperti rumah bergaya Eropa klasik lainnya, namun rumah mediterania memiliki keunikan tersendiri. Karakter rumah klasik mediterania ini terkesan hangat dan nyaman untuk seluruh keluarga. Desain rumah klasik ini tetap cocok dengan tren bangunan saat ini dengan nilai estetika yang ditampilkannya.

6. Desain Rumah Eropa

Model Klasik Eropa

Ciri khas rumah berdesain klasik Eropa adalah penggunaan aksen jendela yang berukuran besar serta dekorasi interior dan eskterior yang mewah. Rumah klasik Eropa juga akan membuat hunian terlihat megah meskipun dibangun di atas lahan yang terbatas. Pemilihan warna yang tepat dapat menambah keindahan dari rumah klasik Eropa ini. Paduan karya seni yang diukir di sepanjang eksterior rumah merupakan keunikan tersendiri. Dengan banyaknya detail, membangun rumah bergaya Eropa klasik jelas membutuhkan dana yang besar.

Baca Juga: Serba-Serbi Rumah Tusuk Sate, Dari Mitos, Fakta dan Tips Bila Ingin Membelinya

Tren gaya rumah modern yang sedang berkembang saat ini bukan satu-satunya pilihan untuk mengembangkan ide model hunian. Tidak ada salahnya coba berkreasi dengan desain rumah klasik Indonesia untuk tampilan berbeda yang tetap sesuai dengan perkembangan zaman.

Related posts

Intip 13 Ide Dekorasi Teras Rumah Paling Populer Di Tahun 2021

Fantastis! Ini Dia Deretan 5 Rumah Termewah di Dunia

Primaditya Riesta

Tampak Cantik, 9 Model Keramik Rumah Minimalis

Risma Mualifa

Leave a Comment