Rumah

5 Tips Desain Kamar Anak Perempuan yang Nyaman

Desain Kamar Anak Perempuan

Mendidik anak perempuan untuk jadi mandiri, bisa dimulai dari memberikannya kamar sendiri. Agar anak pun nyaman dan merasa senang di kamarnya sendiri, Anda harus membuat desain kamar anak perempuan yang tepat. Seperti apakah desain kamar yang sesuai dengan anak perempuan?

Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk membuat desain kamar untuk anak perempuan. Simak ulasannya di bawah ini.

Desain Kamar Anak Perempuan

1. Tentukan skema warna

Tentukan Skema warna untuk Kamar Anak Perempuan

Anak perempuan identik dengan warna-warna lembut seperti warna pastel. Namun sebagian anak perempuan pun lebih menyukai warna yang tegas dan juga mencolok. Karena itulah, Anda bisa mengajak anak untuk berdiskusi terlebih dulu tentang pilihan warna yang akan digunakan untuk kamar anak. Hal ini dilakukan apabila anak sudah dapat memilih sendiri. Namun bila Anda membuatkan kamar untuk anak yang masih kecil, Anda dapat memilih warna yang netral.

Berdiskusi tentang pemilihan warna dengan anak, akan memberikan anak kesempatan untuk mengutarakan pendapatnya. Ia pun tentu akan lebih senang bila diikutsertakan dalam pembuatan desain kamarnya sendiri.

Selain pertimbangkan keinginan anak, Anda juga harus memerhatikan ukuran kamar. Ukuran kamar yang besar akan lebih cocok diberikan warna-warna terang, sedangkan kamar yang kecil akan lebih baik memakai warna lembut.

Baca Juga: Inspirasi Lukisan Dinding Kamar Anak Muda, Untuk Mempercantik Tampilan Kamar

2. Hindari Desain Kamar Anak Perempuan dengan Tema Tertentu

Hindari Kamar Anak Perempuan Menggunakan Tema Tertentu

Tidak sedikit orang tua yang membuat desain kamar anak dengan tema tertentu atau karakter kartun yang mungkin disukai anak, seperti gambar Hello Kitty. Namun, sebaiknya ini dihindari. Apalagi anak-anak umumnya masih labil, jadi bisa saja di suatu waktu ia menyukai tema tersebut, dan di suatu waktu kesukaannya akan berubah.

Bila ingin menerapkan sebuah tema atau karakter tertentu di kamar anak, Anda dapat menerapkannya pada furnitur atau aksesoris yang bisa dengan mudah diganti, seperti poster, selimut, bantal, seprai, ataupun tirai jendela. Sehingga akan memudahkan Anda bila anak ingin mengganti tema kamarnya.

3. Pemilihan furnitur yang sesuai dan fungsional

Pastikan Furniture Sesuai dan Fungsional

Dalam membuat desain kamar anak perempuan yang nyaman untuk mereka istirahat, belajar ataupun bermain, pastikan Anda memberikan pilihan furnitur yang sesuai dan fungsional.

Untuk anak bisa belajar dengan nyaman, berikan meja kecil dengan dua kursi di dalam kamarnya. Untuk kenyamanan beristirahatnya, pilihkan tempat tidur dengan ranjang beroda. Anda juga dapat memilihkan tempat tidur yang memiliki laci penyimpanan di bawahnya, untuk tempat meletakkan barang-barang anak.

Jangan lupa untuk memilih kasur yang berkualitas untuk kamar anak, agar ia nyaman ketika beristirahat. Yang paling utama, pilih berdasar kenyamanan, bukan model atau gaya. Pemilihan bantal pun Anda dapat menggunakan bantal beragam ukuran. Untuk motif seprai dan sarung bantal, sesuaikan dengan warna kamar, atau motif yang anak pilih sendiri. Ini akan membuat penampilan kamar anak pun jadi lebih cantik.

4. Memberikan tempat penyimpanan

Desain kamar Anak Perempuan tetap memberikan tempat penyimpanan

Tempat penyimpanan di kamar sangat berguna untuk membuat kamar tetap rapi. Dengan adanya tempat penyimpanan, Anda pun dapat mengajarkan anak lebih disiplin dan rapi dalam menyimpan barang-barang miliknya.

Anda dapat memberikan lemari ataupun laci bertingkat, yang masih bisa dijangkau anak, agar anak dapat merapkan barang-barang atau bajunya sendiri. Anda juga bisa menambahkan keranjang atau box sebagai tempat penyimpanan mainan ataupun peralatan belajarnya.

5. Buat kamar dengan pencahayaan dan sirkulasi udara yang baik

Pastikan Desain Kamar Anak Perempuan Tetap Memikirkan Sirkulasi Udara

Agar kamar tetap sehat, diperlukan pencahayaan dan sirkulasi udara yang baik di dalamnya. Anda dapat membuat desain kamar anak perempuan dengan sebuah jendela besar dan juga beberapa ventilasi, agar pencahayaan alami dari sinar matahari bisa langsung masuk, dan sirkulasi udara pun tetap terjaga. Dengan begitu, kamar tidak sumpek ataupun lembap karena jarang terkena sinar matahari dan sirkulasi yang buruk. Karena ini akan membuat anak jadi mudah terkena penyakit, dan juga kemungkinan munculnya bakteri, kuman dan virus yang senang hidup dalam tempat yang lembap dan sirkulasi udara yang buruk.

Baca Juga: 7 Tips Dekorasi Kamar Sempit Untuk Remaja Agar Terlihat Lebih Luas & Nyaman

Itu dia beberapa tips dalam desain kamar anak perempuan yang bisa Anda ikuti. Dengan tips ini, anak pun akan jadi lebih senang dan nyaman memiliki kamarnya sendiri. Dan hal tersebut tentu akan baik untuk tumbuh kembangnya.

Bila di awal, anak enggan tidur sendiri di kamarnya, orang tua bisa menemaninya beberapa waktu, agar ia terbiasa tidur di kamarnya. Kemudian, pelan-pelan orang tua dapat mengajarkannya untuk tidur sendiri, agar ia bisa lebih mandiri ke depannya.

Related posts

Mengenal 2 Jenis Rumah Adat Sulawesi Utara Yang Sangat Khas dan Unik

8 Tipe Rumah Minimalis Sederhana untuk Milenial

Rostina Alimuddin

7 Tips dan Trik Memilih Warna Cat Rumah Minimalis

Marsyaviani Darestuti

Leave a Comment