Image default
Lifestyle

9 Ide Bentuk Meja Makan Ruang Kecil, Cocok untuk Rumah Minimalis

Jika Anda memiliki ruang makan kecil atau bahkan rumah kecil tanpa tambahan ruang makan, ada trik untuk memaksimalkan ruang yang tersedia. Anda hanya membutuhkan meja makan yang hemat tempat. Tidak sulit untuk menemukan bentuk meja makan ruang kecil untuk rumah minimalis.

Bentuk meja makan yang lebih kecil tidak hanya dapat menambah fungsi rumah Anda tanpa membuang-buang ruang. Akan tetapi, juga dapat mencerminkan dan menegaskan kembali gaya rumah Anda.

Apalagi kini telah tersedia berbagai macam desain bentuk meja makan ruang kecil yang berkualitas serta memiliki fitur-fitur yang mampu memaksimalkan fungsinya. Lalu, apa saja ide bentuk meja makan ruang kecil yang cocok untuk rumah minimalis Anda? Simak ulasannya dalam artikel berikut ini!

Bentuk Meja Makan Ruang Kecil

Ketika Anda tinggal di rumah yang mungil dan minimalis, maka Anda harus bisa memanfaatkan setiap ruang agar berfungsi lebih optimal, namun harus tetap terlihat rapi dan nyaman. Maka dari itu, sebelum Anda membeli meja makan, sebaiknya ukur area di mana Anda berencana untuk meletakkan meja tersebut.

Kemudian, jangan lupa untuk memperhitungkan ruangan yang dibutuhkan untuk kursi di semua sisi. Kursi makan rata-rata memiliki kedalaman sekitar 19 hingga 20 inci, tetapi Anda dapat menghemat ruang dengan memasukkan bangku atau kursi kecil lainnya.

Baca Juga: 7 Tips dan Trik Memilih Warna Cat Rumah Minimalis

Ide Desain Bentuk Meja Makan Ruang Kecil

Ada beberapa desain bentuk meja makan ruang kecil yang bisa Anda coba untuk diaplikasikan pada rumah minimalis Anda. Berikut ini beberapa contoh idenya:

Meja Makan Berbentuk Bundar

Bentuk meja makan yang bundar bisa menjadi pilihan untuk diaplikasikan pada ruang kecil. Meja makan ini bisa untuk 4 kursi dan cocok untuk rumah tangga. Selain itu, bentuknya yang bundar dirasa lebih pas dan tidak terlalu makan banyak tempat.

Meja Makan Ruang Kecil Bundar

Untuk menciptakan ilusi ruang yang lebih besar, Anda bisa memilih warna dan material yang terang pada meja tersebut. Material kaca akan membuat ruang makan Anda terasa terbuka dan lapang. Sedangkan material kayu atau batu yang lebih terang akan meningkatkan faktor kecerahan.

Meja Makan Drop-Leaf

Meja drop-leaf merupakan bentuk meja makan termudah yang dirancang untuk memudahkan Anda memperluas permukaan meja jika sewaktu-waktu dibutuhkan dengan cara yang praktis. Desain meja ini adalah solusi yang tepat, terutama untuk menjamu tamu.

Meja Makan Drop Leaf

Selain itu, meja ini juga dapat berfungsi ganda sebagai stasiun persiapan makanan yang fleksibel. Meja drop-leaf ini bisa menjadi tambahan yang sempurna untuk setiap rumah dengan ruang yang kecil.

Meja ini sengaja didesain bisa duduk rata di dinding dan dapat berfungsi sebagai meja konsol ramping. Bukan cuma itu, meja ini bisa menjadi meja makan bahkan di rumah minimalis setelah Anda mengangkat daun mejanya.

Tak hanya menjadi meja makan, namun juga dapat digunakan sebagai meja kerja. Sangat multifungsi, bukan? Anda dapat menampung hingga enam orang di meja ini.

Meja Makan Lipat dengan Rak

Bentuk meja yang dapat dilipat ini bisa membantu Anda dalam menghemat ruang dengan sentuhan gaya modern. Meskipun begitu, tampilannya yang sederhana memiliki daya tarik tersendiri serta minimalis.

Apabila Anda membutuhkan penyimpanan ekstra, tempat untuk belajar, atau meja makan untuk menjamu teman dan keluarga, maka desain meja makan lipat yang dilengkapi dengan fitur rak bisa jadi solusi yang tepat. Meja ini dapat diperpanjang dengan fungsi berbeda untuk memenuhi setiap kebutuhan Anda.

Meja Lipat

Saat tidak digunakan, Anda dapat menyembunyikannya di sudut dapur atau ruang tamu Anda. Tak hanya itu, desain meja ini juga dilengkapi dengan rak yang dapat dikunci sehingga mudah untuk dipindahkan.

Anda dapat menemukan desain meja makan lipat ini di pasaran. Rancangannya yang dapat dilipat rata, dapat memudahkan Anda untuk menyimpannya di bawah tempat tidur, di belakang sofa, atau di dalam lemari. Selain itu, meja ini mempunyai ketinggian yang dapat disesuaikan.

Jadi meskipun tidak digunakan sebagai meja makan, desainnya tetap elegan dan membuat ruang kecil pada rumah Anda tetap terasa lengang.

Meja Makan Ruang Kecil untuk Tiga Orang

Meja Makan untuk Tiga Orang

Meja makan kecil yang muat untuk seluruh keluarga mungkin sulit didapat, tapi bukan berarti tidak mungkin. Set meja makan untuk tiga orang ini akan cocok diletakkan di ruangan besar atau kecil.

Dengan bangku-bangku yang dapat diselipkan di bawahnya akan menghemat lebih banyak ruang. Umumnya, desain meja ini terbuat dari bahan-bahan modern yang cantik serta memiliki rangka baja. Bagian atas kayu yang di modifikasi serta memiliki harga yang terjangkau.

Meja Drop-Leaf Counter-Height dengan Penyimpanan

Meja Makan Ruang Kecil Drop Leaf

Cara cerdas lain untuk mengoptimalkan area ruang makan yang kecil adalah dengan memilih meja makan yang tinggi. Meja drop-leaf yang tinggi ini lebih sering diletakkan di sudut ruangan. Dan karena desainnya yang ramping dan kompak, Anda tidak perlu meletakkan karpet di bawah meja.

Meja counter-height ini bahkan dilengkapi dengan unit penyimpanan kecil yang menjadikan meja makan Anda seperti bar kecil. sangat recommended untuk Anda yang ingin memaksimalkan ruang kecil.

Meja Makan Kontemporer Minimalis untuk Dua Orang

Meja Makan model kontemporer

Jika Anda menginginkan konsep kontemporer pada meja makn Anda, maka alas kaca bisa jadi pilihan yang tepat. Material ini memiliki permukaan yang mudah dibersihkan dan efek tembus pandangnya dapat membantu ruang kecil terasa lapang dan terbuka.

Dengan daya tampung dua orang, meja kontemporer minimalis ini cocok untuk rumah yang beranggotakan keluarga kecil atau pasangan baru.

Baca Juga: 8 Tips Ciptakan Taman Minimalis Depan Rumah, Tetap Indah Meski di Lahan Sempit

Set Meja Makan Ruang Kecil dengan Penyimpanan

Jika Anda mencari tambahan penyimpanan, set meja makan unik ini patut untuk Anda pertimbangkan. Tidak hanya desain dan tampilannya yang bagus, set meja ini dilengkapi bangku yang serasi dengan mejanya.

Selain itu, bentuknya relatif ramping dan terintegrasi dengan rak penyimpanan untuk meletakkan perlengkapan, mulai dari piring hingga buku. Sangat ideal untuk apartemen studio atau dapur makan kecil.

Set Meja Makan Minimalis untuk Empat Orang

Ingin mencari meja makan yang serasi dengan kursinya? Set meja makan minimalis dengan 4 kursi seperti ini menawarkan tampilan yang kohesif (perpaduan yang pas). Dilengkapi dengan 4 kursi yang serasi serta meja bundar dengan bonus rak bawah, menambah fungsionalitas bentuk meja makan ruang kecil ini.

Meja Makan Oval Kecil dengan Kabinet Tersembunyi

Meja Oval Kecil

Jaga ruang makan Anda tetap rapi dan nyaman dengan kabinet tersembunyi pada desain meja makan yang satu ini. Cukup buka kabinet bawah meja oval ini untuk menyimpan piring, buku masak, taplak dan lain-lain. Sangat cocok untuk ruang kecil yang hanya memiliki sedikit ruang untuk tempat duduknya.

Meja makan oval memiliki bentuk yang lebih lonjong dari meja bundar. Hal ini membuatnya lebih ideal untuk ditempatkan di ruang sempit. Umumnya, meja makan ini terbuat dari kayu padat berkualitas dan memberikan kesan estetik pada ruang makan minimalis Anda.

Related posts

7 Tanaman Rambat Di Rumah Untuk Menambah Keasrian

admin

8 Cara Hemat Listrik Berikut agar Tagihan tidak Gampang Membengkak

Rostina Alimuddin

Tidak Sulit, Inilah 4 Tanaman Sayur yang Cocok Ditanam Di Rumah!

admin

Leave a Comment