Image default
Rumah

10 Cara Membersihkan Kerak Kompor Gas Membandel Dengan Mudah

Bisa dibilang, kompor adalah salah satu peralatan dapur yang penting di rumah. Karena keberadaannya yang penting ini, perawatannya pun tidak boleh sembarangan agar tidak mudah rusak. Nah, permasalahan yang seringkali dialami banyak orang adalah keberadaan kerak kompor yang membandel. Kerak di kompor, terutama kompor gas yang banyak dipakai masyarakat, tentunya memberikan pemandangan yang tidak sedap, dan memberikan kesan dapur yang kotor. Karena itulah, kamu bisa mengikuti beberapa tips membersihkan kerak kompor gas membandel di artikel ini!

Penyebab Kerak Kompor Gas

Keberadaan kerak kompor gas tentu saja bukan secara tiba-tiba. Malahan, ini adalah ‘hasil’ dari sekian lamanya kotoran yang tidak juga kamu bersihkan, maka dari itu munculnya kerak tersebut.

Ketika memasak, cipratan minyak dan tumpahan masakan ke kompor mungkin saja akan sering terjadi. Namun sebenarnya ini tidaklah menjadi masalah bila memang kamu rutin membersihkannya setelah memasak. Bukan hanya itu saja, debu dan kotoran pun bisa dengan mudah menempel pada kompor, yang juga bila tidak rutin dibersihkan maka akan menyebabkan kotoran menumpuk.

Bila cipratan minyak, tumpahan masakan serta debu dan kotoran ini dibiarkan lama menumpuk, maka bukan suatu hal yang aneh lagi bila akhirnya muncul kerak kompor gas. Bila kerak ini sudah muncul, maka membersihkannya pun butuh sedikit usaha lebih dibandingkan ketika kamu rutin membersihkannya setiap habis dipakai.

Kerak yang dibiarkan dan tidak dibersihkan, akan membuat kinerja kompor gas akan terganggu. Dalam hal kebersihan dan penampilan dapur pun, akan terkesan jorok. Karena itulah, sebaiknya kerak membandel ini segera dihilangkan, ya!

Baca Juga: 9 Ide Bentuk Meja Makan Ruang Kecil, Cocok untuk Rumah Minimalis

Cara Membersihkan Kerak Kompor Gas Membandel

Nah, bila kamu juga punya permasalah kerak kompor gas membandel di dapurmu, kamu bisa mengikuti cara membersihkan kerak kompor gas berikut ini.

1. Gosok menggunakan spons

Membersihkan kerak kompor gas dengan spons

Bila permasalahan kerak pada kompor gas tidak terlalu tebal dan sulit dihilangkan, kamu bisa menggunakan spons yang memiliki bagian kasar untuk membersihkannya. Langkah-langkah yang dapat kamu lakukan adalah lepaskan bagian-bagian kompor terlebih dulu, kemudian cuci dan gosok dengan spons kasar tadi, dan bilas di air yang mengalir.

Setelah bersih dan ingin dipasang kembali, pastikan setiap bagian kompor sudah kering, ya.

2. Menggunakan kulit lemon dan garam

Membersihkan kerak kompor gas dengan lemon dan garam

Perpaduan antara kulit lemon dan garam ini akan bertindak seperti amplas yang akan menghilangkan kerak membandel di kompor gas. Butiran garam yang kasar akan membantu membersihkan kerak-kerak di kompor.

Caranya pun cukup mudah, kamu hanya perlu menyiapkan kulit lemon dan garam. Lalu taburkan garam pada kulit lemon, kemudian gosokkan pada bagian kompor yang berkerak. Setelah digosok hingga bersih, kamu bisa membilasnya atau mengelapnya dengan kain yang sudah dibasahi air bersih.

3. Membersihkan Kerak Kompor Gas dengan Menggunakan cuka dan garam

Menggunakan cuka apel dan garam

Cuka dan garam ternyata bisa membantu membersihkan kerak kompor gas, lho. Cara yang bisa kamu lakukan adalah, yang pertama tentunya lepaskan seluruh bagian-bagian kompor, lalu campur 2 sendok cuka dengan 1 sendok garam. Kemudian oleskan campuran tersebut di area noda atau kerak pada kompor, dan diamkan hingga 30 menit. Setelah didiamkan, kamu dapat menggosoknya perlahan menggunakan bantuan spons besi cuci piring.

4. Menggunakan jeruk nipis atau lemon dengan baking soda

Jeruk nipis atau lemon dengan baking soda

Cara membersihkan kompor gas yang berkerak selanjutnya adalah dengan menggunakan campuran dua bahan yaitu jeruk nipis (ataupun lemon) dan baking soda. Pertama, kamu perlu memeras jeruk nipis dan letakkan dalam sebuah wadah. Lalu tambahkan baking soda ke air perasan jeruk nipis tersebut.

Nah, campuran keduanya tadi bisa kamu oleskan pada bagian kompor yang berkerak, menggunakan kuas agar lebih merata sempurna. Diamkan olesan tersebut selama 15-30 menit. Kamu bisa menyikat area yang sudah dioleskan tadi menggunakan sikat gigi agar kerak hilang seluruhnya. Setelah itu cuci menggunakan air bersih.

5. Menggunakan cuka dan soda kue

Membersihkan kerak kompor gas dengan soda kue dan baking soda

Cuka putih dan soda kue juga bisa, lho, kamu gunakan untuk menghilangkan kerak di kompor gas. Yang harus kamu lakukan pertama kali adalah melepaskan bagian-bagian kompor. Kemudian siapkan bahan-bahan. Lalu campurkan ½ air dengan ½ cuka ke botol semprot. Semprotkan campuran tersebut ke area-area kompor yang terdapat kerak. Diamkan hingga 20 menit.

Langkah selanjutnya adalah, kamu bisa mencampur air dengan soda kue hingga menjadi semacam pasta. Oleskan pasta tersebut ke bagian-bagian kompor, dan diambkan hingga 30 menit. Setelah dua langkah tersebut, kamu bisa menyikat area-area tadi dengan menggunakan sikat gigi agar membersihkan kerak kompor gas yang menempel tersebut. Setelah itu, bila dengan air bersih dan keringkan sebelum dipasang kembali.

6. Membersihkan Kerak Kompor Gas dengan Menggunakan cuka apel

Menggunakan cuka apel

Cuka apel punya sifat yang asam, sehingga bahan ini terbilang efektif untuk membersihkan kerak yang membandel. Caranya dengan menuangkan cuka apel ke sebuah wadah, lalu oleskan cuka apel tersebut pada bagian kompor yang terdapat kerak. Kamu bisa menggunakan sikat gigi untuk sekaligus menggosoknya. Lalu setelah didiamkan sebentar, kamu bisa membilasnya dengan air bersih.

7. Menggunakan sitrun atau asam sitrat

Menggunakan sitrun atau asam sitrat untuk membersihkan kerak kompor gas

Sitrun ini terkenal dengan kemampuannya membersihkan benda-benda yang kotor, seperti pakaian. Nah, ternyata bahan ini pun bisa kamu gunakan untuk membersihkan kompor dari kotoran, lho.

Caranya, bersihkan kompor gas menggunakan kain bersih terlebih dulu. Lalu, kamu perlu melarutkan sitrun dengan sedikit air, dan aduk hingga campuran tersebut menyatu. Setelah itu, usapkan larutan citrun tadi menggunakan spons pada area kompor gas, dan diamkan semalaman. Keesokan hari, kamu bisa membilas kompor dengan air bersih. Cara ini efektif membersihkan kerak kompor gas, meskipun tidak secara instan.

8. Merendam ring kompor dengan sabun

Merendam Ring Kompor dengan Air sabun

Bagian ring kompor gas umumnya adalah bagian yang paling sering kotor dan akhirnya berkerak. Bagian ini bisa dengan mudah kamu lepaskan untuk dibersihkan secara terpisah. Nah, untuk membersihkan ring kompor gas ini, kamu cukup melepaskannya serta merendamnya dengan menggunakan air sabun.

Bila kerak di bagian ring kompor gas tersebut sulit dihilangkan, kamu bisa merendamnya menggunakan air panas, dan diamkan hingga 2-4 jam. Setelah itu, kamu bisa menggosoknya perlahan sampai kerak hilang dan bersih, lalu bilas menggunakan air bersih.

Baca Juga: Ini Ide Halaman Belakang Rumah Cantik dan Nyaman Beserta Tips Membuatnya

9. Merendam dengan air panas

Merendam dengan air panas

Cara memebrsihkan kerak kompor gas satu ini mirip dengan cara sebelumnya. Bagian-bagian kompor yang sudah kamu lepaskan bisa kamu letakkan dalam sebuah wadah atau ember berisikan air panas mendidih. Lalu rendam bagian kompor tadi selama kurang lebih 15 menit. Kemudian gosok area berkerak secara perlahan hingga kerak tersebut rontok seluruhnya.

10. Hindari membersihkan tungku kompor dengan sabun

Jangan Membersihkan tungku dengan air sabun

Dalam membersihkan bagian tungku kompor gas, sebaiknya kamu tidak membersihkannya menggunakan air sabun. Ini karena, bila tungku jadi basah serta lembap, nantinya malah akan memengaruhi kualitas dari nyala apinya.

Untuk membersihkan area ini, kamu bisa menggunakan krim khusus yang dapat dipakai untuk tungku kompor gas. Cukup oleskan krim tersebut pada tungku, diamkan beberapa waktu, kemudian gosok perlahan dengan spons ataupun sikat gigi.

Wah, ternyata ada banyak sekali lho cara membersihkan kerak kompor gas yang bisa kamu coba sendiri. Caranya pun cukup mudah untuk diterapkan langsung di dapurmu. Namun, akan lebih baik memang jika kamu rutin membersihkan kompor setelah habis digunakan. Dengan begitu, kerak pun tidak akan muncul.

Related posts

7 Canopy Rumah Sederhana dengan Berbagai Pilihan Material

Risma Mualifa

7 Tips dan Trik Memilih Warna Cat Rumah Minimalis

Marsyaviani Darestuti

Mengenal Rumah Joglo Beserta 7 Jenisnya. Unik Banget!

Leave a Comment