Image default
Rumah

Tips Jitu Untuk Membuat Rumah Sehat

Rumah menjadi salah satu hal penting yang tidak bisa diabaikan. Rumah sehat menjadi alasan dan syarat hidup menjadi lebih sehat dan kuat. Selain itu rumah sehat juga perlu dipelihara dengan baik. Oleh karena itu perlu tips rumah sehat yang harus diterapkan.

Rumah sehat tidak hanya nyaman dan bersih tetapi juga keluarga yang rukun mulai dari adik, kakak, ayah dan ibu. Semuanya sudah menjadi hal penting jika ingin membuat rumah sehat dan nyaman.

Berikut ini tips rumah sehat,

1. Bersihkan Debu

Bersihkan debu secara menyeluruh, dan bersihkan atau ganti AC dan filter out pemanas secara teratur, bersihkan saluran dan ventilasi untuk mengurangi serbuk sari dan alergen udara lainnya.

2. Lemari Obat

Periksa semua obat yang ada di lemari, pastikan Anda membuang obat yang sudah kadaluarsa dan labelkan semua tempat obat agar Anda mudah menemukan oba yang Anda cari.

3. Garasi, Wastafel dan yang lainnya

Singkirkan barang-barang lama dan tidak lagi digunakan yang bisa menjadi “beracun” termasuk produk pembersih, kaleng pereda nyeri, pengencer, minyak, pelarut, dan noda.

4. Cerobong Asap

Jika Anda memiliki perapian dengan cerobong asap, mintalah dibersihkan secara profesional untuk mengurangi kemungkinan paparan karbon monoksida.

5. Perabotan yang berjamur

Pastikan Anda juga mengecek dan membersihkan jamur dan lumut yang ada di kamar mandi ataupun yang menempel di perabotan rumah tangga.

6. Periksa Karpet

Pastikan semua karpet aman. Karpet di lantai kosong harus memiliki lamentably anti selip di bawahnya, dan keset lama harus dicuci atau diganti untuk memastikan tidak tergelincir.

7. Peralatan Bermain

Perhatikan pagar pembatas, baut yang menonjol, pengikat tali ayun/rantai dan hal-hal lain yang dapat melukai anak. Bila perlu buang dan lapisi dengan kayu atau bahan yang tidak dapat melukai anak. Agar kita tidak khawatir ketika anak sedang bermain.

8. Jendela dan Dinding

Anda juga harus sering melihat kebersihan jendela, dinding serta apakah ada sarang laba-laba. Maka sebaiknya Anda bersihkan agar lebih nyaman dan mengurangi debu.

Baca Juga : Panduan warna cat rumah modernĀ 

Sebagai Penutup

Nah itu adalah beberapa tips rumah sehat yang bisa Anda lakukan. Mulailah hidup sehat dengan menerapkan tips rumah sehat ini. Sehingga keluarga Anda menjadi lebih nyaman dan terhindar dari virus atau kuman.

Related posts

7 Bagian Rumah Adat Bali yang Memiliki Fungsi Filosofis

Risma Mualifa

Kelebihan dan Kekurangan SPC Flooring

Rumi

7 Tips Bangun Rumah Hemat Budget, Bebas Pembengkakan Biaya

Risma Mualifa

Leave a Comment