DIY

8 Panduan Tepat Agar Mesin Pencuci Piring Tetap Berfungsi


Emkay Frizz happy Sour

Pada dasarnya mesin pencuci piring seharusnya tidak perlu dibersihkan secara teratur. Secara alami, ia membersihkan piring dengan air dan biasanya membersihkan semua makanan hari itu hingga bersih.

Namun, seiring berjalan pemakaian bisa menyebabkan kurang efisien dan Anda bahkan mungkin menyadari bahwa piring Anda telah kehilangan kilaunya  itulah mengapa sangat penting untuk mengikuti pembersihan rutin agar tetap berfungsi dengan baik.

Jika Anda ingin mendapatkan hasil maksimal dari mesin pencuci piring Anda maka perawatan adalah kuncinya.

“Menurut Richard Tarrant, wakil presiden senior, unit bisnis perawatan piring & binatu di BSH Home Appliances Corporation, “Seiring waktu, sisa makanan, minyak, deterjen yang tidak larut, dan mineral air menumpuk di filter dan dinding interior mesin pencuci piring — dan jika Anda membiarkannya makanan menumpuk, itu dapat merusak filter dan pompa mesin pencuci piring secara serius.

mesin pencuci piring dibersihkan

Kurangnya pembersihan dan maintenance dapat menyebabkan perbaikan yang mahal dan bahkan mungkin harus mengganti seluruh unit karena mesin pencuci piring menggunakan serangkaian lengan semprot yang berputar untuk menyebarkan air sebagai pembersih.

Selain itu juga ada beberapa bagian yang memerlukan pembersihan rutin untuk memastikannya berfungsi dengan baik.

Oleh karena itu ada pepatah mengatakan membersihkan sama saja dengan memberikan umur panjang. Semoga dengan panduan yang mudah diikuti ini diharapkan mesin pencuci piring Anda terawat. Sehingga dalam jangka panjang, itu akan merawat Anda dan piring Anda.

Seberapa Sering Anda Harus Membersihkannya

Jika pembersihan bulanan menyeluruh tidak dapat dilakukan dengan jadwal Anda, Anda dapat mencapai tingkat pembersihan tertentu dengan cara cukup bilas cuka secara mingguan serta melakukan pembersihan interior. Membersihkan lengan semprot setiap beberapa bulan juga merupakan ide yang baik untuk menjaga agar terbebas dari penyumbatan dan penumpukan.

Langkah-langkah untuk Membersihkannya

Mesin Pencuci Piring

1. Membersihkan bagian luar mesin pencuci piring Anda adalah bagian yang mudah

Yang dibutuhkan hanyalah kain mikrofiber basah dengan sedikit sabun lembut. Pastikan untuk menyeka ke arah serat baja.

2. Membersihkan Bagian yang Dapat Dilepas Keluarkan tempat peralatan dan rak piring

Semprotkan semuanya dengan pembersih serba guna nabati, dan bersihkan dengan spons atau serat mikro, lalu bilas.

Jika ada makanan yang membandel, menempel pada makanan atau kotoran lainnya, rendam di wastafel yang penuh dengan air hangat, 1 sdt. dari konsentrat pembersih nabati dan 1-2 cangkir cuka putih suling selama 10-20 menit. Lap bersih.

3. Bersihkan dan Buka Penyumbatan Lengan Penyemprot

Mulai dengan melepas lengan penyemprot di bagian bawah dan/atau atas (yang mungkin akan keluar hanya dengan mengencangkannya dengan tangan Anda).

Cari bakiak di lubang semprotan, yang dapat Anda hilangkan menggunakan tusuk gigi, jarum jahit, atau pin quilt. Semprotkan dengan pembersih dan lap dengan kain mikrofiber. Menyisihkan.

4. Bersihkan Filter

Selanjutnya, lepaskan filter. Beberapa mesin pencuci piring memiliki filter atas dan bawah dan beberapa hanya memiliki satu, dengan membuka kunci secara manual dan menariknya keluar secara perlahan.

Periksa dasar filter di dalam mesin pencuci piring untuk makanan yang terperangkap dan keluarkan serta jangan lupa bersihkan dengan kain mikrofiber basah jika perlu.

5. Semprotkan filter dengan pembersih serbaguna

Jika filter benar-benar kotor, diamkan semprotan selama 5-10 menit. Selanjutnya, gunakan sikat pembersih kecil atau sikat gigi untuk menghilangkan lemak atau makanan yang menempel.

Noda yang sulit mungkin memerlukan perendaman sebelum benar-benar bersih. Bilas dan gosok filter di bawah air hangat yang mengalir, lalu pasang kembali filter dan pastikan terkunci (jika ada).

6. Bersihkan Saluran Pembuangan

Saluran pembuangan adalah bagian melingkar di bawah penyemprot bawah tempat air mengalir keluar. Untuk membersihkannya, Anda dapat melepasnya dengan obeng atau mungkin ada bagian yang dapat Anda putar dan keluarkan dengan tangan Anda.

Semprotkan dan baskom di bawahnya dengan pembersih, gosok dan kencangkan atau masukkan kembali. Jika saluran pembuangan tidak keluar atau Anda tidak ingin membuangnya, Anda dapat mencampur 1 cangkir cuka putih suling yang sedikit hangat dengan satu sendok bubuk oksigen nabati, dan tuangkan ke saluran pembuangan.

Diamkan selama 10-20 menit, lalu bilas dengan ketel berisi air panas untuk menghilangkan sumbatan atau kotoran dan membuangnya ke saluran pembuangan.

7. Semprot dan Lap Seluruh Bagian Dalam Pencuci Piring

Dengan semua bagian keluar, semprotkan semua permukaan bagian dalam mesin pencuci piring dengan pembersih. Lap kering sebelum memasang kembali apa pun.

Gosok Gasket di Sekitar Pintu Jika Anda melihat ada penumpukan di sekitar gasket karet di pintu mesin pencuci piring, bersihkan juga. Noda yang lebih keras mungkin memerlukan sedikit perendaman.

8. Jalankan Siklus Penuh Dengan CukaIsi mesin cuci piring aman

Cangkir atau gelas ukur dengan sekitar 1 cangkir cuka putih suling dan letakkan di tengah mesin pencuci piring Anda tanpa piring lainnya. Jalankan siklus penuh dengan air panas untuk menyelesaikan proses pembersihan/penghilang bau.

Baca Juga : Tips tepat membuat dapur minimalis

Kesimpulan

Nah itu adalah panduan yang harus diikuti dengan baik walau sudah digunakan dalam waktu yang lama. Penting untuk memeliharan mesin pencuci piring ini Agar anda tetap bisa produktif dalam membersihkan peralatan makan Anda.


Emkay Blast Lite

Related posts

Apakah Pembersih Uap Lebih Baik Daripada Pel Lantai?

Rumi

Cara Jitu Memasang Pembersih Udara Air Purifier

Rumi

Cara Terbaik Membersihkan Talang Rumah

admin

Leave a Comment