DIY

Terbukti Ampuh, 8 Cara Mengusir Lalat

Cara mengusir lalat ampuh

Lalat merupakan salah satu serangga yang cukup mengganggu. Selain membuat rumah kotor, kedatangan lalat juga membuat rumah tampak tak terawat. Lalat sangat menyukai tempat lembab seperti genangan air, bak sampah, atau selokan. Maka tak jarang serangga bersayap ini bisa membawa kuman saat hinggap di makanan, minuman ataupun perabotan rumah tangga lainnya. Akibatnya, berbagai penyakit bisa dengan mudah menyerang seisi rumah. Berbagai cara mengusir lalat diterapkan untuk mencegah mereka masuk dalam rumah.

Membersihkan rumah menjadi hal penting agar lalat tidak datang. Namun terkadang masih terdapat beberapa ekor yang masih bisa berkunjung ke rumah dan hinggap di makanan. Untuk mengusirnya, tidak jarang masyarakat menggunakan bahan-bahan yang dibenci lalat. Seperti tanaman mint dan lavender. Tidak hanya itu, berikut beberapa cara mengusir lalat yang datang ke rumah.

Teknik Mengusir Lalat Ampuh

1. Menggunakan Air Rendaman Cengkeh

Cengkeh tidak disukai lalat karena memiliki bau khas yang sangat tajam. Untuk itu, cengkeh bisa digunakan sebagai pengusir lalat. Caranya pun cukup mudah, rendam cengkeh dengan  air hangat hingga baunya keluar kemudian letakkan rendaman cengkeh pada tempat yang terdapat banyak lalat. Dipercaya menggunakan cara ini ampuh untuk megusir lalat.

Baca Juga: 5 Bunga Cantik untuk Dekorasi Halaman. Banyak Manfaatnya Juga, Lho!

2. Menabur Garam

Selain sebagai bahan masakan, garam juga dapat digunakan untuk mengusir lalat. Cara mengusir lalat menggunakan bahan masakan ini adalah dengan menaburkan garam pada tempat yang sering dihinggapi lalat seperti dapur, meja makan hingga tempat sampah. Menggunakan garam untuk mengusir lalat cukup efektif, karena bahan yang mudah dicari dan tidak memerlukan bahan campuran lain.

3. Menggantung Plastik Berisi Air

 

Cara Mengusir Lalat Di Rumah Makan dengan kantong plastik berisi air
Source: Sekitarrumah.blogspot.com

Cara ini termasuk cara yang paling mudah. Hanya dengan mengisi plastik menggunakan air dan digantung di tempat yang biasa dihinggapi lalat. Menurut penelitian, lalat memiliki 3000-6000 mata pada setiap bulatan matanya. Sehingga plastik berisi air ini dapat mengelabuhi penglihatan lalat, dan lalat pun menjadi tidak fokus kemudian pergi. Jika ingin menggunakan cara ini usahakan pada siang hari, karena membutuhkan cahaya yang  terang. Plastik berisi air untuk mengusir lalat biasanya ditemukan di rumah makan.

4. Meletakkan Irisan Daun Pandan

Selain dimanfaatkan untuk memasak, daun pandan juga efektif digunakan sebagai pengusir lalat. Daun berbentuk memanjang ini memiliki aroma yang dibenci lalat. Dengan cara mengiris daun pandan kemudian masukkan pada wadah lalu letakkan pada tempat yang sering dihinggapi lalat. Cara mengusir lalat ini tak kalah ampuh dari cara lain yang disebutkan di atas.

5. Memasang Umpan Cuka Apel

Jika ingin memastikan lalat-lalat pengganggu di rumah benar-benar tertangkap, pasang umpan yang terbukti mujarab. Cuka apel bisa digunakan sebagai bahan untuk membuat umpan tersebut. Siapkan botol plastik bekas yang dilubangi di bagian tengahnya. Setelah itu masukkan cuka apel dan tempatkan botol tersebut pada tempat yang banyak lalat. Aroma cuka apel akan mengundang lalat hingga hewan tersebut bisa tenggelam di dalam botol.

6. Menyalakan Lilin

Cara mengusir lalat yang satu ini sudah umum dilakukan. Tidak hanya di rumah tangga, menyalakan lilin untuk mengusir lalat juga banyak dilakukan di restoran atau rumah makan. Panas dari lilin yang menyala secara efektif mampu membuat lalat menjauh. Tempatkan lilin yang menyala di tengah meja di antara hidangan. Namun pastikan berhati-hati saat menempatkan agar tidak membahayakan.

7. Menggunakan Kapur Barus

Kapur barus untuk sebagai cara mengusir lalat di rumah

Kapur barus sudah umum digunakan sebagai pengharum pakaian di dalam lemari. Ternyata benda tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk mengusir lalat. Letakkan kapur barus di tempat yang menjadi jalan masuk lalat, seperti depan pintu atau jendela. Bau yang menyengat dari kapur barus akan membuat lalat enggan mendekat. Rumah jadi bebas lalat dan kuman yang dibawanya.

8. Memanfaatkan Irisan Mentimun

Irisan mentimun juga bermanfaat untuk mengusir lalat di rumah

Mentimun dikenal sebagai salah satu jenis lalapan yang paling banyak digemari. Biasanya mentimun disantap bersama menu makanan bercita rasa pedas untuk menambah kesegaran. Di balik manfaat umum tersebut, mentimun ternyata juga bisa diandalkan untuk mengusir lalat. Cara memanfaatkannya cukup mudah, yaitu dengan cara mengiris mentimun dan menempatkannya pada area yang biasa didatangi lalat.

Baca Juga: 8 Cara Hemat Listrik Berikut agar Tagihan tidak Gampang Membengkak

Cara mengusir lalat penting untuk diketahui karena bisa mencegah penyakit pada penghuni rumah. Melakukannya tidaklah sulit karena bisa menggunakan bahan yang murah dan mudah didapat. Lakukan cara-cara di atas secara konsisten agar rumah terbebas dari lalat.

 

Related posts

Mengenal Spare Part Mesin Jahit dan Fungsinya

Rostina Alimuddin

Inspirasi Lukisan Dinding Kamar Anak Muda, Untuk Mempercantik Tampilan Kamar

Marsyaviani Darestuti

5 Bunga Cantik untuk Dekorasi Halaman. Banyak Manfaatnya Juga, Lho!

Leave a Comment