Rumah

Mengintip Ciri Khas Gaya Rustic yang Sangat Cocok Untuk Rumah di Era Modern

Ciri khas gaya rustic pada rumah modern

Apakah ciri khas gaya rustic masih cocok dipakai di era modern saat ini? Tentu saja masih cocok dong. Meskipun terkesan jadul akan tetapi interior dengan gaya rustic masih tetap terlihat keren untuk diterapkan pada berbagai jenis bangunan dan rumah saat ini.

Berbagai kalangan hari ini justru makin banyak yang menggunakan konsep gaya rustic di kediaman mereka. Nuansa vintage dan natural dari gaya rustic ini juga makin menambah kesan nyaman dan tenang kepada para penghuninya.

Kata rustic dalam bahasa Indonesia ini sendiri bisa diartikan sebagai sesuatu yang berkarat, tua, memiliki permukaan yang kasar dan tanpa finishing. Gaya rustic pada dasarnya memang cenderung condong pada desain yang lebih alami. Mungkin ini pula yang membuat gaya rustic ini sangat identik dengan nuansa khas pedesaan yang masih tergolong alami dan tanpa modifikasi. Lalu, seperti apa sih ciri khas gaya rustic itu sendiri? Yuk mari kita bahas!

Baca Juga: 7 Tips Bangun Rumah Hemat Budget, Bebas Pembengkakan Biaya

Memiliki Warna yang Natural

Cir khas gaya rustic dengan sentuhan natural

Ciri khas yang pertama dari gaya rustic ini dapat dilihat dari warnanya yang sangat natural. Warna yang digunakan cenderung tidak mencolok seperti halnya tampilan bangunan tempo dulu yang masih khas pedesaan dan belum tersentuh nuansa urban.

Warna khaki, coklat pekat, putih lusuh dan warna hijau gelap adalah beberapa ciri khas warna yang pada umumnya digunakan pada bangunan bergaya rustic. Kesan alami dan apa adanya  ini memang akan terlihat lebih menonjol jika menggunakan warna-warna tersebut.

Memililiki Pattern Unfinished

Gaya rustc memiliki karakter bangunan seperti tanpa finishing

Bangunan bergaya rustic juga sangat identik dengan berbagai jenis pattern tanpa finishing di dalamnya. Beberapa contohnya dapat dilihat dari lantai, dinding, maupun atap rumah yang dibiarkan begitu saja tanpa proses finishing.

Bisa dibilang pattern unfinished ini adalah ciri khas utama yang membedakan rumah bergaya rustic dengan rumah bernuansa modern belakangan ini. Berbeda dengan rumah kekinian saat ini yang memiliki dinding hingga atap rumah yang dimodifikasi sedemikian rupa, mulai dari lantai bermotif hingga dinding dengan ornament-ornament modernnya, rumah bernuansa rustic lebih meninggalkan pattern tanpa finishing yang kadang hanya dibiarkan begitu saja dan hanya melalui proses pengacian saja.

Baca Juga: Ciri-ciri Rumah Sehat yang Wajib Kamu Ketahui

Terdapat Material Dengan Handmade yang Unik dan Kreatif

Adanya perabotan handmade

Ciri khas gaya rustic ini juga dapat dilihat dari segi material handmadenya yang unik dan kreatif. Kesan jadul yang melekat pada berbagai jenis handmadenya justru makin menonjolkan sisi unik dari rumah bergaya rustic ini. Biasanya beberapa jenis material handmade tersebut dapat ditemui pada hiasan dinding hingga kursi dan meja di dalamnya. Tak jarang material handmade lainnya seperti tempat tidur hingga peralatan dapur juga mudah ditemukan di dalam rumah dengan konsep rustic.

Menghadirkan Logam Lama Dalam Desain

Penggunaan logam jadul

Untuk menambah kesan vintage, rumah bergaya rustic juga sering menghadirkan berbagai jenis furniture dengan menggunakan logam lama. Penggunaan logam lama ini juga mendukung nuansa klasik dan jadul tapi tetap memiliki sentuhan mewah di dalam rumah.

Beberapa orang bahkan sengaja memoles furniture logam di rumah mereka agar menyerupai tampilan logam lama. Selain disematkan pada beberapa jenis furniture seperti meja dan kursi, elemen logam lama ini juga sering dijadikan pajangan untuk menambah kesan klasik dan antik pada rumah.

Baca Juga: 15 Model Atap Rumah untuk Hunian Masa Kini dan Masa Depan

Menghadirkan Perpaduan Kayu dan Batu

Kayu dan batu menjadi ciri khas

Perpaduan material berbahan kayu dan batu juga menjadi ciri khas dari rumah bergaya rustic. Pada umumnya, rumah-rumah dengan gaya modern dan mewah lebih mengandalkan material berupa batu, beton dan juga logam. Namun, berbeda dengan rumah modern, rumah dengan desain rustic lebih mengedapankan perpaduan kayu dan batu saja.

Kesan klasik dan nuansa khas tempo dulu memang terasa lebih hidup dengan perpaduan kayu dan batu ini. Tak jarang banyak orang juga mulai memberikan kesan serupa di rumah bergaya modern mereka dengan cara menggunakan wallpaper kayu dan lantai vinyl bergaya rustic.

Ciri khas gaya rustic yang kental dengan kesan klasik dan jadul ini memang semakin menjadi primadona oleh banyak kalangan belakangan ini. Meskipun terkesan ketinggalan zaman akan tetapi nuansa antik dan klasik yang ditonjolkannya justru lebih menarik perhatian kalangan anak muda millenial. Jadi, punya rumah bergaya rustic bukan berarti penghuninya kudet dan ketinggalan zaman yah!

Related posts

Mengenal 5 Jenis Rumah Adat Jawa Barat

Rostina Alimuddin

Mengenal Rumah Joglo Beserta 7 Jenisnya. Unik Banget!

7 Tipe Rumah Sederhana, Bisa Jadi Inspirasi untuk Hunian Keluarga Modern

Risma Mualifa

Leave a Comment