Rumah

7 Tips Bangun Rumah Hemat Budget, Bebas Pembengkakan Biaya

Membangun Rumah Hemat Budget

Rumah menjadi kebutuhan penting bagi semua orang, terutama yang sudah berkeluarga. Sayangnya tidak semua keluarga beruntung bisa langsung memiliki rumah sebagai tempat tinggal pribadi. Salah satu alasan paling umum adalah tingginya biaya membangun rumah seiring dengan semakin mahalnya harga kebutuhan hidup lainnya. Karena hal itulah, banyak keluarga harus menunda rencana untuk memiliki hunian pribadi. Padahal ada cara dan tips bangun rumah hemat budget yang akan sangat berguna.

Ketika ingin membangun rumah dengan meminimalisir anggaran, hal utama yang penting untuk dipahami adalah soal cara pandang. Sebaiknya setiap keluarga memiliki cara pandang bahwa rumah harus dibangun sesuai kebutuhan, bukan karena gengsi atau keinginan terlihat berada. Selain itu, usahakan untuk tidak memaksakan keadaan atau dengan kata lain menyesuaikan kondisi keuangan. Tips bangun rumah hemat biaya di bawah ini bisa diterapkan dengan tidak perlu merasa tertekan.

Bangun Rumah Dengan Biaya Minim

1. Pilih Tipe Rumah Minimalis

Membangun rumah hemat budget dengan memilih tipe rumah minimalis
Source: Nyokehouse.blogspot.com

Hal pertama yang pasti menjadi perhatian utama ketika ingin membangun rumah tentu adalah seperti apa model rumah yang diinginkan. Untuk cara bangun rumah hemat budget, sebaiknya pilih tipe atau model rumah yang minimalis. Zaman sekarang, rumah idaman yang terasa nyaman ditempati tidak hanya bangunannya yang luas dan besar. Rumah minimalis pun akan menjadi tempat tinggal yang bagus dan terlihat modern.

Baca Juga: 8 Tipe Rumah Minimalis Sederhana untuk Milenial

Dengan memilih rumah tipe minimalis, setidaknya tidak membutuhkan biaya yang terlalu besar. Pasalnya dalam bangunan rumah minimalis biasanya tidak terlalu banyak ruangan. Selain itu, rumah bergaya minimalis juga tidak terlalu banyak detail sehingga bisa mengurangi biaya pembangunan. Tentang berapa banyak ruangan yang bisa diciptakan, sesuaikan dengan kebutuhan dan jumlah anggota keluarga.

2. Buat Perencanaan yang Sangat Matang

Buat perencanaan untuk membangun rumah hemat budget
Source: renovatenelson.co.nz

Setelah menentukan tipe rumah, tips bangun rumah hemat budget selanjutnya adalah membuat perencanaan yang matang. Tahap ini sangat penting karena bisa menjadikan biaya dan proses pembangunan lebih efektif. Dalam perencaaan pembangunan rumah harus terdapat informasi detail mengenai denah rumah yang disesuaikan dengan lokasi pembangunan. Pastikan juga ukuran luas mencakup panjang dan lebar bangunan telah tertulis dengan jelas.

Tidak hanya informasi mengenai bangunan, perencanaan pembangunan juga perlu mencakup kebutuhan dana dan bahan material yang harus dipenuhi. Harus ada pula perencanaan mengenai pekerja yang akan menjalani proses pembangunan serta berapa lama perkiraan pembangunan berjalan. Semua informasi penting dan detail itu akan membantu memudahkan dalam pelaksanaan serta meminimalisir pengeluaran yang tidak terlalu penting.

3. Survey Harga Bahan Bangunan

Biaya pembangunan rumah sangat berhubungan dengan harga bahan-bahan bangunan. Semakin hari, harga material bangunan semakin mahal yang berdampak pada semakin tingginya biaya mendirikan rumah. Oleh sebab itu, penting untuk melakukan survey terlebih dahulu terhadap harga material bangunan setelah melakukan perencanaan. Dalam tips bangun rumah hemat budget ini, sebaiknya survey dilakukan sendiri.

Survey bisa dimulai dari setiap toko material bangunan dan membandingkan masing-masing harga. Agar biaya tidak membengkak, pastikan membeli material bangunan yang lebih murah. Namun perlu diingat untuk tidak melupakan kualitas meskipun memilih bahan bangunan yang harganya lebih terjangkau. Dengan survey dan pengamatan yang mendalam, bukan hal sulit menemukan bahan bangunan murah dengan kualitas yang tetap bagus.

4. Pilih Tukang Bangunan Terbaik

Memilih tukang bangunan agar hemat budget
Source: Grid.id

Selain material, tukang bangunan juga memiliki peran penting dalam pendirian sebuah bangunan rumah apalagi jika ingin bangun rumah hemat budget. Tentu semua orang ingin rumah yang dimilikinya kuat, kokoh dan detail bangunannya begitu rapi. Kriteria rumah bagus dan berkualitas itu hanya bisa didapat jika memperkerjakan tukang bangunan yang berkualitas terbaik pula. Maka pilihlah tim tukang bangunan yang sudah berpengalaman dan terkenal akan hasil pekerjaannya yang bagus.

Ada dua jenis tukang bangunan berdasarkan cara pembayaran jasanya. Pertama yaitu tukang bangunan harian yang dibayar berdasarkan kerjanya per hari. Jenis ini terkenal akan hasil kerjanya yang memuaskan. Mereka umumnya tidak mengejar waktu sehingga bisa fokus untuk menonjolkan kualitas pekerjaan. Di sisi lain, biasanya tukang bangunan jenis ini waktu kerjanya lebih lama.

Kedua yaitu jenis tukang bangunan borongan yang dibayar berdasarkan keseluruhan hasil kerjanya. Jenis yang kedua ini lebih murah namun seringkali tidak memperlihatkan hasil kerja yang maksimal. Kebalikan dari tukang bangunan harian, tukang borongan bisa bekerja lebih cepat. Jadi jelilah dalam memilih tukang bangunan borongan yang sudah terkenal akan kualitas pekerjaannya agar bisa bangun rumah hemat budget.

5. Manfaatkan Produk Lokal atau Barang Bekas

Ada banyak sekali pilihan produk material bangunan rumah, mulai dari yang lokal sampai produk import. Sebaiknya pilih produk lokal yang tentunya lebih murah dibanding produk material bangunan impor. Apalagi sekarang sudah banyak produk bangunan lokal yang kualitasnya tidak kalah dengan barang impor. Jadi tidak perlu ragu menggunakan produk lokal untuk menghemat anggaran pembangunan.

Baca Juga: 7 Tips dan Trik Memilih Warna Cat Rumah Minimalis

Selain memilih produk lokal, tips bangun rumah hemat budget lainnya juga bisa dengan memanfaatkan barang bekas. Salah satu contohnya menggunakan kayu bekas untuk bagian tertentu dari rumah. Cara ini bisa mengurangi biaya cukup signifikan dengan manfaat yang tetap maksimal. Namun pastikan barang bekas yang digunakan masih layak dan dalam kondisi baik agar bangunan rumah tetap kokoh dan tahan lama.

6. Buat Ruangan Multifungsi

Selain memilih tipe rumah minimalis, buat juga ruangan yang multifungsi dalam rumah tersebut. Misalnya ruang tamu yang digabung dengan ruang keluarga. Contoh lainnya seperti dapur yang menyatu dengan ruang makan sekaligus berdekatan dengan kamar mandi. Sementara ruangan lain yang kurang diperlukan bisa ditunda dulu, seperti gudang. Untuk yang memiliki kendaraan, garasi mobil bisa memanfaatkan lahan pada halaman depan rumah.

Dengan menggabungkan fungsi dari beberapa ruangan, akan banyak biaya pembangunan rumah yang bisa ditekan untuk bangun rumah hemat budget. Sekarang pun sudah banyak referensi bangunan rumah minimalis dengan berbagai ruangan multifungsi di dalamnya. Jadi asal bisa memanfaatkan lokasi dengan tepat, rumah minimalis dengan fungsi yang tetap maksimal akan bisa diwujudkan.

7. Bangun Secara Bertahap

Membangun rumah secara bertahap
Source: Wartaplus.com

Tips yang terakhir ini cukup bermanfaat bagi yang biaya bangun rumahnya terbatas. Mulailah membangun rumah dari pondasi terlebih dahulu misalnya. Kemudian tahap selanjutnya bisa diteruskan ketika tabungan sudah mencukupi kembali. Buatlah beberapa ruangan yang sangat benar-benar dibutuhkan, seperti ruang tamu, satu kamar tidur, kamar mandi dan dapur kecil. Jika ingin menambah ruang atau memperluas rumah, bisa menunggu sampai anggaran terkumpul kembali.

Cara membangun rumah dengan bertahap memang lebih menghabiskan banyak waktu. Tapi bukan berarti cara ini tidak bisa diikuti oleh keluarga yang ingin menghemat budget. Justru cara bangun rumah bertahap ini menjadi langkah awal yang bagus untuk memiliki hunian idaman yang tetap sesuai dengan kondisi finansial.

Bangun rumah hemat budget bukan berarti rumah yang dihasilkan tidak bisa bagus maksimal. Rumah dengan anggaran yang lebih sedikit tetap bisa terlihat menarik dan bisa memenuhi kebutuhan keluarga. Membangun rumah hemat biaya memerlukan perencanaan yang matang serta strategi berguna lainnya.

Related posts

15 Model Atap Rumah untuk Hunian Masa Kini dan Masa Depan

Mengenal 2 Jenis Rumah Adat Sulawesi Utara Yang Sangat Khas dan Unik

8 Tipe Rumah Minimalis Sederhana untuk Milenial

Rostina Alimuddin

Leave a Comment