Rumah

Inspirasi Beragam Model Pagar Rumah Untuk Hunian Anda

Inspirasi Model Pagar Rumah

Membangun sebuah hunian haruslah memikirkan setiap detailnya, tidak terkecuali pagar rumah. Bagian terdepan dari rumah Anda ini bukan hanya berfungsi sebagai pelindung saja, tapi juga sebagai penambah kecantikan rumah. Itulah kenapa model pagar rumah juga tidak bisa dipilih sembarangan. Anda harus memikirkannya dengan baik, dan pastikan kalau pagar rumah Anda kuat, awet, dan pastinya sesuai dengan desain rumah.

Tips Membuat Model Pagar Rumah yang Tepat

Sebelum memilih desain model pagar rumah, ada baiknya Anda mengetahui tips-tips ini:

  • Pilih material. Bahan yang dipakai untuk membuat pagar rumah bisa beragam, mulai dari kayu, batu alam, besi, dinding bata dan lainnya. Pastikan Anda memilih material yang kuat dan juga tahan di segala macam cuaca. Kualitas material pagar adalah hal yang penting untuk diperhatikan dengan benar.
  • Tentukan desain. Desain pagar bisa Anda tentukan sendiri sesuai dengan keinginan Anda. Anda dapat membuatnya serasi dengan gaya hunian Anda, misalnya minimalis, mewah, dan lainnya. Selain itu, desain tinggi pagar yang sesuai juga dengan rumah Anda. Untuk rumah bergaya minimalis, sebaiknya tinggi pagar tidak terlalu menutupi halaman dan juga teras. Bila rumah Anda bergaya mewah, maka Anda bisa membuat pagar yang lebih tinggi serta lebih kokoh, untuk mendukung konsep rumah Anda.
  • Tentukan warna. Karena pagar adalah salah satu bagian terdepan dari rumah Anda, maka sebaiknya Anda memilih warna yang bisa jadi ‘ciri khas’ rumah Anda. Walaupun begitu, Anda juga bisa memilih warna sesuai keinginan.

Inspirasi Model Pagar Rumah

Nah, bila Anda sedang mencari referensi mengenai contoh pagar rumah simple, minimalis, mewah, kekinian dan sebagainya, berikut ini adalah beberapa inspirasi untuk Anda:

1. Pagar rumah kayu

Model Pagar Rumah dengan Kayu

Seperti namanya, material yang dipakai untuk pagar rumah satu ini adalah kayu. Ini bisa jadi referensi pagar rumah simple yang bisa diterapkan untuk hunian Anda. Anda yang suka dengan model rumah dengan unsur alam pun bisa menjadikan model satu ini sebagai pilihan. Namun pastikan Anda memilih material kayu yang kuat dan tahan di segala cuaca untuk pagar rumah Anda, ya.

Baca Juga: Desain dan Tips Membuat Gazebo Minimalis Modern

2. Model pagar besi minimalis

Model Pagar Rumah Besi yang trendy

Inspirasi berikutnya cocok untuk hunian bergaya minimalis. Salah satu ciri khas pagar rumah minimalis adalah terbuat dari besi, berwarna monokrom dan desainnya pun sangat sederhana seperti hanya berbentuk garis lurus ataupun kotak-kotak.

Material besi ini juga bisa lho dibuat model pagar rumah klasik yang juga cantik diterapkan untuk rumah modern.

Karena bahannya yang terbuat dari besi, pastikan Anda menggunakan cat besi yang bisa menjaga besi agar tidak mudah karat. Selain itu, buatlah pagar besi ini tidak terlalu tinggi, karena malah jadi tidak sesuai dengan gaya hunian Anda.

3. Pagar batu alam

Menggunakan Batu Alam

Ingin mengusung pagar dengan tema yang lebih natural? Nah bisa coba model satu ini, yaitu dengan penggunaan batu alam di pagar rumah Anda. Penggunaan batu alam inipun membuat pagar rumah Anda tidak lagi perlu dicat, karena warnanya sudah didapat dari warna batu alam tersebut.

Model pagar seperti ini cocok digunakan untuk tema hunian yang minimalis ataupun mewah, lho.

4. Pagar besi dengan laser cut

Menggunakan Model Laser Cut

Kalau Anda ingin model pagar yang berbeda dari biasanya, bisa coba pagar besi dengan motif dari laser cut ini. Hunian dengan tema mewah sangat cocok menggunakan model satu ini. Motifnya pun bisa disesuaikan dengan keinginan.

5. Pagar rumah dinding rendah

Model Pagar rumah Dinding Rendah

Mungkin sekarang ini kita mulai agak jarang melihat rumah yang memiliki pagar dengan dinding yang rendah. Ini karena orang ingin rumah mereka tetap aman, sehingga dibuatlah pagar yang tinggi.

Walaupun begitu, Anda juga tetap bisa menggunakan desain pagar rumah dengan dinding yang rendah ini kok. Anda bisa mengkombinasikannya dengan pagar kayu ataupun pagar besi minimalis agar rumah Anda pun tampak lebih menarik.

6. Pagar lipat

Pagar dengan model lipat

Pagar lipat bisa jadi solusi untuk rumah yang tidak terlalu luas. Dengan pagar model seperti ini, Anda jadi punya ruang untuk keluar masuk kendaraan, dan juga lebih praktis ketika harus membuka atau menutupnya. Selain itu, kesan modern dari pagar lipat ini pun akan cocok untuk hunian bergaya minimalis yang Anda miliki.

Baca Juga: Fantastis! Ini Dia Deretan 5 Rumah Termewah di Dunia

Pagar rumah ini seringkali dinomor terakhirkan ketika membangun rumah. Padahal, pemilihan material, desain dan lainnya untuk pagar rumah pun juga harus dipikirkan dengan matang. Nah, dengan adanya tips dan juga referensi di atas, Anda jadi lebih bisa memikirkan kembali model seperti apa yang tepat untuk hunian Anda.

Related posts

7 Tips Bangun Rumah Hemat Budget, Bebas Pembengkakan Biaya

Risma Mualifa

Ide Roof Gardening, Makin Asik Bersantai Di Rumah

8 Tips Ciptakan Taman Minimalis Depan Rumah, Tetap Indah Meski di Lahan Sempit

Risma Mualifa

Leave a Comment