Rumah

Cara Ampuh dan Efektif Membasmi Cacing Di Kamar Mandi

Membasmi Cacing Di Kamar Mandi

Pernah menemukan cacing di kamar mandi? Cacing ini memang jadi salah satu hewan yang sering muncul di kamar mandi, selain kecoa. Umumnya, hewan ini ditemukan saat musim penghujan mulai tiba, karena lingkungan rumah jadi lebih lembap dan juga berair. Lalu bagaimanakah cara ampuh untuk membasmi cacing di kamar mandi?

Bukan hanya menggelikan, namun adanya cacing di kamar mandi bisa memberi dampak buruk untuk kesehatan dan juga memberi kesan jorok pada kamar mandimu. Maka dari itu, ketahui penyebab dan juga cara membasmi cacing yang efektif berikut ini.

Baca Juga: 7 Tips Bangun Rumah Hemat Budget, Bebas Pembengkakan Biaya

Penyebab Cacing di Kamar Mandi

Sebelum mencari tau cara membasminya, kamu harus tau dulu kenapa cacing bisa masuk ke kamar mandi. Seperti yang disebutkan sebelumnya, kemunculan cacing ini umumnya meningkat saat musim penghujan. Ini karena cacing senang hidup di tempat yang lembap ataupun basah. Selain itu, sebenarnya ada beragam jenis cacing yang bisa saja ditemui di kamar mandi, seperti cacing tanag, cacing darah ataupun cacing rambut kuda.

Nah, cacing bisa masuk ke kamar mandi karena cacing terbawa aliran air di bawah rumah. Apalagi bila lantai atau dinding kamar mandimu sudah mulai lapuk, bolong ataupun retak, sehingga menyebabkan cacing mudah masuk ke kamar mandi. Adanya cacing juga jadi tanda kalau ada kerusakan ataupun kebocoran di saluran pembuangan, yang biasanya terjadi di kamar mandi yang berada di lantai dasar.

Bahaya Cacing Untuk Kesehatan

Sebenarnya, sebagian besar jenis cacing sama sekali tidak membahayakan manusia. Namun, cacing akan membawa patogen yang bisa menginfeksi manusi seperti bakteri E. coli dan juga Salmonella. Patogen ini bisa menginfeksi saluran pencernaan.

Cara Membasmi Cacing di Kamar Mandi

Cacing tidak akan hilang bila kamu hanya menyiramnya dengan air hingga masuk ke saluran pembuangan, karena cacing bisa saja balik lagi melalui celah yang masih ada. Namun, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membasmi cacing yang muncul di kamar mandi:

1. Gunakan garam untuk Membasmi Cacing Di Kamar Mandi

Gunakan garam untuk membasmi cacing di kamar mandi

Cacing di kamar mandi bisa Anda basmi dengan menggunakan caira pembersih toilet, garam bubuk ataupun garam kari. Cara penggunaannya pun cukup mudah, yaitu dengan menaburkan bahan tersebut di badan cacing.

2. Gunakan campuran cuka apel dan soda kue

Cuka Apel dan Soda Kue bisa menjadi Pilihan untuk Membasmi Cacing Di Kamar Mandi

Cara berikutnya yang bisa kamu coba, terutama untuk membasmi cacing darah dan cacing rambut kuda, yaitu dengan campuran cuka apel serta soda kue.

Kamu cukup mencampurkan 1/3 cangkir soda kue dan 1 cangkir cuka ke botol semprot. Lalu semprotkan campuran tersebut ke saluran air dan juga area lain yang terdapat cacing. Jika di kamar mandimu ada jenis cacing rambut kuda, umumnya akan ditemukan inangnya yang mati di tempat lain seperti kecoa. Karena itu, semprotkan juga campuran ini ke seluruh bagian kamar mandi agar telurnya ikut terbasmi dan tidak akan membuat cacing muncul kembali.

3. Gunakan campuran soda kue, cuka dan garamĀ 

Campuran Soda Kue, Cuka, dan Garam

Kamu juga bisa membuat campuran antara secangkir cuka, secangkir garam dan juga secangkir soda kue. Lalu tuangkang campuran tersebut ke saluran pembuangan dan diamkan selama semalaman.

Campuran ketiga bahan tersebut akan membuat larva ngengat mati. Untuk memastikan larva ngengat terbasmi seluruhnya, kamu bisa menuangkan air mendidih keesokan harinya ke saluran tersebut. Lakukan cara ini seminggu setelahnya, bila kamu masih menemukan adanya larva di kamar mandi.

4. Tutup celah-celah lantai atau dinding yang terbuka

Menutup celah antara keramik

Pastikan kamu juga melakukan perbaikan serta perawatan pada lantai dan dinding kamar mandi yang terbuka atau bolong, agar cacing tidak datang kembali. Karena biasanya cacing masuk ke kamar mandi melalui celah nat lantai yang sudah rusak ataupun adanya dinding yang retak dan bolong.

5. Rutin bersihkan kamar mandi

Rutin Membersihkan untuk Membasmi Cacing di Kamar Mandi

Cara membasmi cacing di kamar mandi yang terakhir adalah dengan rutin membersihkan setiap sudut kamar mandi. Menjaga kebersihan kamar mandi bukan hanya akan mencegah cacing atau kecoa untuk datang kembali, tapi juga membuat kamar mandi tampak lebih bersih, nyaman dan sehat.

Baca Juga: Tips Membersihkan Kamar Mandi Agar Anti Bau dan Jorok

Itu dia beberapa hal tentang membasmi cacing di kamar mandi yang bisa kamu terapkan. Kamu juga jadi lebih paham bagaimana cacing bisa masuk ke kamar mandi dan apa bahaya keberadaan cacing di kamar mandi bagi kesehatan. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan rumah, termasuk kebersihan kamar mandi.

Related posts

Fantastis! Ini Dia Deretan 5 Rumah Termewah di Dunia

Primaditya Riesta

Mengenal Ragam Rumah Adat Suku Jawa

Marsyaviani Darestuti

7 Canopy Rumah Sederhana dengan Berbagai Pilihan Material

Risma Mualifa

Leave a Comment