Lifestyle

8 Desain Mushola Dalam Rumah Untuk Kenyamanan Beribadah

Desain Mushola dalam Rumah

Pembuatan mushola dalam rumah umumnya dilakukan kebanyakan orang Islam untuk membuat ibadah mereka bisa lebih berjalan lancar. Ini karena mereka punya ruangan tersendiri, dan menatanya sedemikian rupa agar nyaman untuk beribadah. Bila Anda juga tertarik untuk membuat ruang sholat dalam rumah sederhana namun tetap cantik dan sesuai fungsinya, Anda dapat melihat contoh-contoh desainnya di bawah ini.

Desain Mushola dalam Rumah

1. Mushola semi-outdoor

Desain Mushola dalam Rumah Semi Outdoor

Ide mushola minimalis di dalam rumah yang bisa Anda terapkan dalam hunian Anda yaitu mushola yang berada dekat taman. Nuansa hijau dari tumbuhan yang ada di taman rumah akan memberikan suasana asri dan sejuk, serta pemandangan yang memanjakan mata. Ini tentunya akan membuat ibadah jadi terasa lebih nyaman.

Bila Anda tidak suka dengan desain yang langsung terbuka menuju taman, Anda juga dapat membuat pintu kaca atau jendela sebagai batasan antara taman dan mushola. Mushola dengan desain semi-outdoor ini tentunya akan jadi tempat yang nyaman untuk Anda dan keluarga!

Baca Juga: Punya Rumah Baru? Daftar Perabot Rumah Tangga yang Harus Dibeli

2. Mushola di bawah tangga rumah

Musholla Dibawah Tangga Rumah Bisa jadi Inspirasi

Jika di rumah Anda terdapat sebuah lahan kosong, seperti area bawah tangga, Anda dapat memanfaatkannya sebagai mushola dalam rumah. Area bawah tangga ini bisa Anda tata sedemikian rupa, seperti pemberian hiasan kaligrafi di dinding, lemari kecil untuk tempat meletakkan alat sholat dan al-qur’an, karpet atau sejadah untuk sholat, ataupun tanaman-tanaman kecil yang cantik untuk memperindah ruangan kecil tersebut.

Area bawah tangga yang terbuka, akan membuat ruangan ibadah Anda jadi tidak sumpek, meskipun areanya kecil.

3. Mushola rumah dengan langit-langit yang tinggi

Desain Mushola dalam rumah dengan langit tinggi

Bila hunian Anda memungkinkan, Anda juga dapat membuat mushola rumah dengan langit-langit yang tinggi. Ini akan membuat area mushola yang meskipun kecil, namun akan terasa luas karena bagian langit-langitnya yang tinggi.

Langit-langit yang dibuat tinggi pun akan menjadikan area ibadah ini jadi lebih sejuk dan tidak sumpek.

4. Mushola nuansa industrial

Desain Mushola dalam Rumah Konsep Industrial

Bukan hanya desain rumah saja yang bisa Anda terapkan dengan nuansa industrial seperti ini, tapi area mushola dalam rumah pun bisa.

Warna-warna asli material bangunan akan memberikan kesan unik tersendiri untuk area mushola Anda. Anda pun tak perlu mengeluarkan budget lagi untuk membeli cat rumah, ataupun hiasan-hiasan yang banyak, karena umumnya nuansa ini lebih cocok dengan kesan yang minimalis, tanpa perlu tambahan apapun.

5. Mushola nuansa putih

Desain Mushola dalam rumah motif putih

Warna putih yang berarti suci, adalah pilihan warna yang paling banyak dipakai untuk masjid atau mushola. Anda juga bisa menerapkan ini di mushola rumah Anda.

Warna putih pun akan memberi kesan bersih dan terang pada area ibadah Anda. Anda dapat memberi sedikit nuansa warna lain untuk hiasan dinding, tanaman, ataupun karpet mushola untuk memperindah area tersebut.

6. Mushola mini

Mushola Mini

Mushola di dalam rumah tidak selalu harus dibuat dengan area yang luas. Apalagi bila mushola hanya digunakan oleh para anggota keluarga ataupun tamu yang berkunjung, mushola mini pun bisa jadi pilihan.

Desain ruangannya yang mungil, tak perlu lagi Anda tambahkan sesuatu yang dapat membuatnya jadi terkesan penuh. Cukup berikan hiasan dinding atau tanaman gantung, untuk memperindahnya. Hindari penambahan lemari besar yang memakan tempat. Bila ingin memberikan tempat untuk meletakkan alat sholat, lemari gantung atau rak dinding bisa jadi pilihan.

Baca Juga: 10 Inspirasi Model Rumah Di Kampung yang Homey dan Asri

7. Mushola yang menyatu dengan ruangan lain

Mushola yang Menyatu dengan Ruangan Lain

Bila tidak ada ruangan lain untuk mushola, Anda dapat membuat mushola yang menyatu dengan ruangan lainnya. Cukup berikan partisi mushola untuk menjadi pembatas antara mushola dengan ruangan lain. Letakkan sebuah lemari untuk menjadi tempat peralatan sholat, agar mushola tetap terlihat rapi.

8. Mushola nuansa gold

Mushola Nuansa Gold

Ingin mushola kecil namun tetap terkesan mewah? Anda cukup menggunakan nuansa gold atau emas di mushola rumah Anda. Ini akan memberi kesan mewah, elegan, dan cantik. Pilih hiasan dinding, lampu ataupun tanaman dengan nuansa gold. Padukan warna gold ini dengan dinding berwarna putih, untuk menguatkan kesan mewah tadi.

Itu dia beberapa desain mushola dalam rumah yang akan membuat ibadah Anda dan keluarga tetap khusuk dan nyaman.

Related posts

8 Cara Hemat Listrik Berikut agar Tagihan tidak Gampang Membengkak

Rostina Alimuddin

7 Tanaman Rambat Di Rumah Untuk Menambah Keasrian

Habibah Auni

Desain dan Tips Membuat Gazebo Minimalis Modern

Leave a Comment