Image default
DIY

Cara Usir Nyamuk Secara Alami

Nyamuk adalah salah satu hewan yang menggigit manusia untuk mendapatkan darah sebagai makanannya. Walaupun begitu nyamuk ini termasuk hewan yang merugikan dan mengganggu, bahkan kenyamanan dan kesehatan. Nah ini adalah cara usir nyamuk secara alami.

Sebelum Anda mengetahui secara detail cara usir nyamuk secara alami, Anda harus pahami bahwa gigitan nyamuk ini tidak bisa dibiarkan. Banyak sekali berbagai penyakit yang disebabkan olehnya seperti malaria, demam berdarah, chikungunya dan yang lainnya.

Cara alami mengusir nyamuk, terapkan sekarang untuk hidup sehat

Dikutip dari rumah123.com menghindari hadirnya nyamuk bandel ini,  biasanya kita cukup memakai obat nyamuk yang berbahan kimia. Walaupun begitu harga obat nyamuk juga tidak murah. Terdapat cara alami mengusir nyamuk yang bisa diterapkan yaitu dengan menggunakan bahan yang ada disekitar kitai: 

1. Cara Mengusir Nyamuk dengan Sereh

Di dalam daun sereh, ada isi berbentuk minyak yang jadi bagian dari perlengkapan pertahanan sereh dari serbuan serangga. Ada pula isi di dalam serah di antara lain merupakan regulator perkembangan, terpenoid, phenolic, proteinase inhibitor serta senyawa nitrogen. Senyawa- senyawa tersebut lah yang membuat serah dipercaya jitu mengusir nyamuk.

Untuk mengusir nyamuk dengan sereh, anda dapat memotong sereh kemudian letakkan di sebagian sudut rumah. Ataupun, buat semprotan anti nyamuk natural yang dibuat dari kombinasi sereh serta air. Triknya gampang sekali, ambil daun sereh, gabungkan dengan air seperlunya, setelah itu blender. Kemudian, saring daun yang diblender tadi serta masukkan dalam botol semprot. anda dapat semprotkan cairan tersebut ke segala ruangan.

2. Cara Membuat Semprotan Nyamuk Natural dari Minyak Kayu Putih

Dikutip dari Kompas. com, bagi riset( 2014) yang terbit di Fitoterapia, minyak kayu putih, paling utama tipe lemon eucalyptus yang bisa melindungi badan dari gigitan nyamuk sepanjang 12 jam. Tetapi, minyak kayu putih termasuk yang tidak cocok digunakan untuk kulit sensitif. Oleh karena itu tidak perlu langsung mengoleskan langsung ke kulit.

Jadi buatlah cairan semprotan nyamuk natural. Triknya sangat gampang, gabungkan minyak kayu putih serta tambahkan air kira- kira separuh gelas. Masukkan ke dalam botol semprot. Kombinasi resep tersebut dapat jadi pengganti obat nyamuk yang bisa digunakan serta juga bisa dijual.

3. Kulit Jeruk

Aroma fresh kulit jeruk yang lumayan kencang sanggup menetralisir bau sepatu. Selain itu juga tidak hanya jadi pengharum ruangan natural, nyatanya kulit jeruk dapat digunakan untuk mengusir nyamuk pula. Kulit jeruk memiliki sebagian senyawa, salah satunya limonene pada minyak atsiri sebesar 94%. Senyawa ini teruji sanggup mengusir nyamuk. Untuk mengusir nyamuk dengan kulit jeruk caranya adalah keringkan kulit jeruk serta letakkan dalam wadah terbuka di ruangan.

4. Minyak Lavender serta Ragi, Dapat Jadi Pengganti Obat Nyamuk

Aroma dari lavender yang kokoh membuat nyamuk tidak ingin mendekat. Campur minyak lavender dengan air dengan ukuran 15 ml. Setelah itu, campur ragi, kemudian, letakkan di ruangan.

5. Mengusir Nyamuk dengan Kayu Putih serta Lemon Pengharum Ruangan Lemon

Bahan ini dapat anda oleskan ke tangan serta kaki yang sering digigit nyamuk. Paling tidak kurangi pemakaian bahan kimia untuk membasmi nyamuk. Triknya, air lemon diperas serta campur dengan minyak kayu putih. 

6. Mengusir Nyamuk dengan Bawang Putih

Bahan satu ini memanglah aromanya menusuk. Walaupun begitu jika digunakan untuk memasak baunya pasti harum. Tetapi dalam kondisi mentah, aroma bawang putih sangat dibenci oleh hewan pengisap darah ini. Supaya tidak repot mengupas bawang satu per satu, anda hanya perlu merebus bawang putih kira- kira 10- 15 siung ke dalam air. Setelah itu air rebusan bawang putih ini anda masukkan dalam botol semprot.

7. Mengusir Nyamuk dengan Kopi

Tidak hanya buat disantap, kopi juga sangat efektif untuk mengusir serangga bandel seperti nyamuk karena di dalam kopi, ada isi diterpenes yang dapat jadi toksin untuk serangga. anda hanya perlu taburkan bubuk kopi di saluran air tempat berkembangbiaknya nyamuk. 

8. Cara Natural Mengusir Nyamuk dengan Minyak Goreng

Jangan kaget mendengar cara yang terbilang unik satu ini, terlebih bila dibandingkan cara- cara lebih sebelumnya. Cara natural mengusir nyamuk berikut ini hanya dengan  memakai minyak goreng. Oleskan minyak goreng pada permukaan plastik, serta gantungkan pada sudut rumah. Di keesokan harinya, anda akan melihat banyak nyamuk yang terperangkap disana. 

Baca Juga : Cara ampuh mengusir lalat 

Kesimpulan

Nah itu adalah cara usir nyamuk secara alami yang bisa Anda terapkan untuk mengusir nyamuk dirumah. Jangan dibiarkan terlalu lama nyamuk berkeliaran dan menggigit Anda. Hiduplah sehat dengan mengusir nyamuk ini. 

Related posts

Mengenal Spare Part Mesin Jahit dan Fungsinya

Rostina Alimuddin

8 Tips Mengusir Semut di Rumah dengan Bahan Sederhana

Terbukti Ampuh, 8 Cara Mengusir Lalat

Risma Mualifa

Leave a Comment