Image default
DIY

Cara Terbaik Membersihkan Talang Rumah


Salah satu pekerjaan rumah yang paling ditakuti adalah membersihkan talang karena Anda harus naik ke atap untuk membesihkannya. Selain itu meskipun tugas ini membosankan, pemilik rumah sebaiknya tidak mengabaikannya. Selokan atap atau talang yang berfungsi dengan baik, bagaimanapun juga memastikan bahwa air hujan atau air badai tidak masuk ke dalam ruangan.

Mempelajari cara membersihkan selokan tidaklah sulit dengan catatan Anda mengikuti tindakan pencegahan yang tepat dan aman. Ada berbagai cara untuk mengeluarkan daun-daun itu dari selokan atap atau talang sebelum mereka menyumbat dan menyebabkan kerusakan, dan tidak ada satu cara terbaik untuk setiap pemilik rumah.

Beberapa orang tidak suka menggunakan mesin cuci listrik dan mungkin sisanya tidak ingin menaiki atap rumah mereka. Cara terbaik untuk membersihkan talang dan selokan adalah dengan menggunakan metode yang aman dan efektif yang Anda sukai.

Mengapa Penting untuk Membersihkan Talang Rumah Anda

Talang memiliki tujuan penting yaitu mengumpulkan air hujan yang jatuh di atap dan mengalihkannya melalui downspouts jauh dari fondasi rumah. Tanpa selokan atap, air yang jatuh di dekat pondasi bisa bocor melalui jendela atau merembes ke ruang bawah tanah. .

Talang hujan biasanya hanya membutuhkan perawatan yang tidak banyak untuk berfungsi dengan baik dan yang terpenting menjaganya bebas dari puing-puing. Talang yang dipenuhi dedaunan dapat menyebabkan saluran pembuangan tersumbat dan menyebabkan air tumpah dari atas saluran selokan serta jatuh ke tanah. 

Pastikan Keamanan Saat Melakukan Pembersihan Talang

Jika Anda harus menaiki tangga saat ingin membersihkan talang air, jangan gunakan tangga yang rawan karena akan menyebabkan jungkir balik jika Anda kehilangan keseimbangan. Sebagai gantinya, gunakan tangga ekstensi yang kokoh dan memiliki penyangga di bagian bawah untuk menstabilkan tangga.

Untuk semua rumah dengan ketinggian satu lantai atau lebih, yang terbaik yang bisa dilakukan adalah menyewa layanan pembersihan selokan / talang untuk melakukan pekerjaan tersebut.

Perusahaan-perusahaan ini memiliki peralatan yang tepat untuk mengakses selokan tinggi dengan aman. Jangan mencoba memanjat atap Anda untuk membersihkan selokan karena ini terlalu berbahaya dan tidak sebanding dengan resiko yang terjadi. 

Ini Dia Cara Terbaik Membersihkan Talang 

pembersihan talang

1. Membersihkan Talang Dari Tanah

Membersihkan selokan dari tanah efektif dan sejauh ini merupakan metode pembersihan selokan yang paling aman. Anda perlu melanjutkan dengan perlahan dan sistematis karena Anda tidak dapat benar-benar melihat apa yang Anda lakukan dan ya mungkin akan memakan waktu sedikit lebih lama daripada jika Anda berdiri di tangga.

Cara paling umum untuk membersihkan talang dari tanah memerlukan selang taman atau penyedot debu basah/kering  serta ditambah beberapa alat tambahan yang praktis. Berikut adalah dua teknik pembersihan selokan terbaik bagi mereka yang lebih suka bekerja dengan kaki yang tertanam kuat di tanah.

1.1 Dengan Selang Taman

Selama tidak tersumbat secara menyeluruh, membersihkan talang air dari tanah relatif mudah menggunakan selang taman yang dilengkapi dengan sambungan seperti Tiang Pengisi Air Teleskopik GutterMaster, atau tabung pengisi air lainnya dengan ujung melengkung yang dapat ditujukan ke dalam selokan.

Mulailah dari ujung yang paling dekat dengan downspout, semprotkan ke seluruh panjang saluran, lalu lanjutkan kembali ke downspout. Air, daun, dan ranting kecil kemungkinan besar akan menyembur ke sisi selokan dan pastikan kenakan pakaian yang sesuai dan aman. 

1. 2 Dengan Vakum Basah/Kering

Cara lain untuk menghilangkan kotoran dari talang Anda adalah dengan menggunakan penyedot debu basah/kering yang dilengkapi dengan selang dan sambungan melengkung yang Anda perlukan untuk mencapai talang yang terhalang dari permukaan tanah.

Toko perbaikan rumah dan pengecer online membawa kit pembersih talang ini (satu yang perlu dipertimbangkan adalah Kit Pembersih Talang Pengrajin untuk Vacuums Toko). Setelah Anda menghilangkan sebagian besar puing-puing dari talang, siram talang dan downspout dengan air dari selang taman.

2. Membersihkan Talang Saat Berdiri di Tangga

Menaiki tangga untuk membersihkan talang tidak seaman membersihkannya dari tanah karena selalu ada risiko jatuh. Untuk mengurangi risiko ini caranya adalah menggunakan tangga yang tepat. Hindari menggunakan tangga yang bisa terbalik.

Untuk lebih aman lagi sebaiknya Anda menggunakan tangga ekstensi kokoh yang telah dilengkapi dengan lengan stabilizer. Lengan ini, seperti Werner True Grip Stabilizer, menahan tangga ke dinding dan mencegahnya tergelincir ke samping.

Akan lebih baik lagi Anda memiliki asisten di tanah yang dapat memegang tangga dan menyerahkan alat-alat yang Anda butuhkan. Sebelum Anda memanjat tinggi dan bersiap-siap untuk membersihkan, putuskan metode mana yang paling sesuai dengan situasi Anda.

3. Membersihkan Atap dan Talang Dengan Peniup Daun

Banyak peniup daun dilengkapi dengan sambungan nosel yang dirancang untuk melepaskan aliran udara yang kuat, dan sangat cocok untuk meledakkan daun dan ranting keluar dari selokan. Posisikan tangga Anda sehingga Anda dapat bekerja dari satu ujung saluran ke ujung lainnya, menghilangkan penghalang saat Anda pergi.

Blok downspout terlebih dahulu dengan lap atau handuk tua agar daun tidak tertiup ke dalamnya. Setelah selesai dengan peniup, siram daun atau ranting yang tersisa dengan selang.

4. Membersihkan Talang Dengan Power Washer

Sudah berapa lama Anda tidak membersihkan talang ? 1 tahun atau diabaikan. Jika ya, bersiaplah untuk melihat lapisan kotoran yang mungkin menumpuk sementara itu di atap rumah Anda.

Hancurkan dengan nozzle semprotan halus dari mesin cuci listrik Anda ( Namun sayangnya, jenis pembersihan ini bisa menjadi berantakan, Anda mungkin harus membilas atap dan pelapis dinding sesudahnya). 

Jika saluran pembuagan dan talang yang tersumbat maka solusi tepatnya adalah menggunakan mesin cuci bertekanan. Cukup arahkan nosel ke bawah lubang dan bilas poros sampai air dapat mengalir dengan bebas melaluinya.

5. Membersihkan Talang dengan Tangan

Untuk membersihkan talang secara manual, Anda memerlukan tangga, ember, sendok talang (atau sekop taman) dan sarung tangan kerja.

Buang daun dan puing-puing dengan segenggam, simpan apa yang Anda buang ke dalam ember. Setelah selesai, siram talang dan cerat dengan air sampai Anda yakin keduanya bersih dan berfungsi dengan benar. 

Mencegah Talang Tersumbat

Anda perlu ketahui bahwa satu ons pencegahan penyumbatan selokan atap akan menghemat banyak waktu dan sangat membantu menjaga selokan atap tetap bersih dan bebas dari puing-puing.

Untuk mengurangi frekuensi membersihkan talang atau agar tidak melakukannya sama sekali pertimbangkan untuk memasang layar seperti Pelindung Talang Micro Mesh Raptor Stainless Steel. Ini memungkinkan air mengalir melalui layar sambil menghalangi daun dan ranting.

Jenis pelindung talang lainnya, seperti sistem talang LeafGuard, mengalirkan air langsung ke selokan serta  mencegah daun dan kotoran keluar. Jenis sistem ini memerlukan instalasi profesional dan diekstrusi di tempat agar sesuai dengan panjang tepi atap sehingga tidak ada sambungan di talang air. 

Kesimpulan 

Nah itu dia cara membersihkan talang yang tepat yang bisa Anda lakukan, pastikan Anda memilih jasa profesional untuk membersihkan talang tersebut.


Related posts

Inspirasi Lukisan Dinding Kamar Anak Muda, Untuk Mempercantik Tampilan Kamar

Marsyaviani Darestuti

4 Cara Membersihkan Alas Tiang Hingga Menghilangkan Bekasnya

Arif Darmaji

Cara Membersihkan Nat Pada Lantai Kotor

Arif Darmaji