Image default
Tips

9 Hal Yang Harus Dilakukan Saat Menemukan Pipa Rusak


Ketika berurusan dengan keadaan darurat seperti pipa ledeng serta yang paling penting mengetahui apa yang harus dilakukan dan merespons dengan cepat dapat menghemat ratusan (atau bahkan ribuan) dolar untuk perbaikan kerusakan. Jika pipa di rumah Anda pecah atau rusak, Anda mungkin perlu memanggil seorang profesional untuk melakukan perbaikan yang sebenarnya.

Namun, ada beberapa langkah penting yang dapat Anda lakukan yang dapat mencegah kerusakan menjadi lebih buruk saat Anda menunggunya tiba.

Segera setelah Anda menyadari bahwa Anda memiliki pipa yang rusak, ikuti langkah-langkah di bawah ini,

Pipa bocor dan rusak

1. Matikan Air

Sebelum melakukan hal lain, penting untuk segera mematikan pasokan air utama rumah Anda. Jika Anda tidak yakin di mana letak katup pemutus, luangkan waktu untuk menemukannya sekarang. Jangan menunggu sampai Anda berada dalam situasi di mana Anda perlu mengaksesnya atau bahkan tidak tahu harus mulai mencari dari mana. Maka sebaiknya panggil ahli profesional keamanan sekitar.

Jika Anda tinggal di apartemen atau tipe bangunan lain di mana Anda tidak memiliki kendali atas air, segera hubungi pemilik rumah Anda.

2. Matikan Listrik

Untuk berhati-hati ada baiknya untuk memutuskan aliran listrik ke ruangan yang terkena dampak. Melangkah masuk atau berjalan melewati genangan air berisiko tersengat listrik. Jadi sebaiknya Anda harus memastikan bahwa listrik padam sebelum Anda mulai menangani banjir yang disebabkan oleh pipa yang rusak.

Jika banjir terjadi di dekat pemutus listrik dan Anda tidak dapat menjangkaunya dengan aman, carilah pemutus listrik utama di bagian luar rumah Anda, atau hubungi teknisi listrik untuk membantu.

3. Keluarkan Barang Berharga Dari Kamar

Setelah Anda mengambil tindakan pencegahan yang tepat untuk memastikan bahwa akhirnya aman bagi Anda untuk memasuki daerah banjir, Anda harus masuk dan mengeluarkan barang-barang yang tidak tergantikan atau berharga yang menurut Anda dapat diselamatkan.

Kumpulkan dan pindahkan ke ruangan yang tidak akan terkena banjir, dan mulailah mengeringkannya. Biarkan pintu dan jendela terbuka di dalam ruangan untuk memungkinkan sirkulasi udara dan membantu barang-barang mengering lebih cepat.

4. Hubungi Profesional

Sekarang setelah Anda melakukan uji tuntas untuk membantu pengendalian kerusakan segera, saatnya untuk memanggil tukang pipa ledeng. Beri tahu profesional tentang lokasi pipa pecah atau rusak dan tingkat keparahan situasinya, dan beri tahu mereka tentang langkah-langkah yang telah Anda ambil untuk mengelolanya sementara.

Meskipun ini adalah keadaan darurat pipa ledeng, masih penting untuk meluangkan waktu untuk memastikan Anda mempekerjakan tukang ledeng terbaik untuk pekerjaan itu. Dalam keadaan seperti ini, mudah untuk panik dan panggil saja pro atau ahlinya pertama yang dapat Anda pikirkan, tetapi Anda mungkin menyesalinya.

Pastikan untuk membaca peringkat dan ulasan secara menyeluruh, dan dapatkan penawaran dari beberapa kontraktor berlisensi, diasuransikan, dan bereputasi baik.

5. Hubungi Perusahaan Asuransi Anda

Kabar baiknya adalah untuk sebagian besar polis asuransi pemilik rumah, kerusakan air ditanggung. Pastikan untuk menghubungi perusahaan asuransi Anda untuk mengajukan klaim sesegera mungkin.

Tanyakan apakah mereka perlu mengirim perwakilan untuk datang menilai kerusakan secara langsung, atau apakah dokumentasi foto sudah memadai. Sekali lagi, penting untuk memastikan bahwa klaim Anda telah diajukan dengan benar sebelum Anda memulai pembersihan atau perbaikan apa pun.

6. Buat Catatan Semua Kerusakan

Untuk tetap berhati-hati, Anda harus memastikan bahwa Anda mengambil dokumentasi sendiri dari semua kerusakan. Ambil beberapa foto dan video yang jelas dari semua area yang rusak, dan di mana-mana yang terkena air.

Simpan foto dan video ini untuk catatan Anda sendiri dan kirimkan ke penyesuai klaim juga. Itu selalu lebih baik untuk memiliki lebih banyak dokumentasi daripada yang Anda pikir perlu, daripada tidak memiliki sama sekali untuk membuktikan semua kerusakan.

7. Mulailah Mengeluarkan Air

Setelah Anda merasa yakin bahwa Anda memiliki dokumentasi yang cukup untuk semua kerusakan, Anda bisa masuk ke sana dan mulai membersihkan. Untuk langkah-langkah keamanan, kami merekomendasikan untuk mengenakan beberapa alat pelindung diri, seperti sepatu bot karet, sarung tangan, dan masker yang berguna hanya untuk keselamatan dan berhati-hati.

Jika ada jumlah air yang dapat diatur, Anda mungkin dapat membuangnya hanya dengan ember dan pel. Namun untuk banjir yang lebih parah, Anda mungkin memerlukan beberapa peralatan. Vakum basah / kering akan membantu menghilangkan genangan air dengan cepat dan efisien.

Jika Anda tidak memilikinya, Anda dapat menyewanya dari sebagian besar toko perbaikan rumah besar.

8. Keringkan Ventilasi Ruangan

Sangat penting untuk mendapatkan sirkulasi udara ke seluruh ruangan secepat mungkin. Mulailah dengan membuka semua pintu dan jendela dan bawa kipas dan penurun kelembapan yang Anda miliki. Gunakan handuk bekas untuk menyeka semua permukaan dengan hati-hati.

9. Buang Item yang Rusak

Mengeluarkan air dari ruangan itu penting, tetapi itu hanya akan membantu mengatasi masalah di permukaan saja. Jika air telah terserap ke dalam permadani, dinding, dan lantai, ada kemungkinan besar masalah lain dapat muncul dalam bentuk jamur dan lumut yang berbahaya.

Kesimpulan

Nah penting untuk mengikuti langkah – langkah berikut ini apabila pipa rusak terjadi di rumah atau apartemen atau tempat yang Anda tinggali sekarang. Penanganan cepat dan tepat akan sangat berarti untuk mencegah kerusakan. Lakukan yang bisa Anda lakukan bila perlu minta bantuan orang terdekat.

 


Related posts

Tips Mendapatkan Pagar Berkualitas Untuk Rumah

Rumi

Tagihan Membengkak, 15 Cara Menghemat Listrik Rumah Tangga

Rumi

Cara Mengusir Kecoa Anti Gagal

Rostina Alimuddin