Properti

Ini Ide Halaman Belakang Rumah Cantik dan Nyaman Beserta Tips Membuatnya

Ide halaman belakang rumah yang memukau

Halaman belakang rumah merupakan bagian rumah yang seringkali tidak diperhatikan, karena areanya yang berada di belakang. Namun siapa sangka kalau halaman belakang rumah bisa dijadikan tempat bersantai keluarga, dengan tampilan yang cantik, minimalis dan tentunya nyaman. Bila kamu sedang mencari ide halaman belakang rumah yang menarik, kamu bisa melihat daftar di bawah ini.

Tanaman hijau, dilengkapi dengan tempat duduk cozy akan memberikan nuansa nyaman dan sejuk untuk hunian yang kamu miliki. Apalagi area halaman belakang ini bisa kamu jadikan tempat melepas penat sejenak ataupun sekedar melihat yang hijau-hijau, bila tidak memungkinkan keluar rumah.

Area yang terbatas seringkali jadi kendala banyak orang untuk membuat halaman belakang rumahnya jadi area yang nyaman dan cantik. Padahal, sekalipun areanya terbatas, namun kamu masih tetap bisa mengeksplor banyak hal dan memanfaatkan space yang ada untuk dibuat menjadi lebih indah dan nyaman.

Baca Juga: Intip 13 Ide Dekorasi Teras Rumah Paling Populer Di Tahun 2021

Ide Halaman Belakang Rumah

1. Halaman belakang rumah minimalis

Tampilan Belakang Rumah Minimalis

Ide taman belakang rumah minimalis bisa jadi salah satu pilihan untuk halaman belakang rumah Anda. Walaupun areanya terbatas dan sempit, namun dengan desain satu ini, halaman pun jadi terasa homey, namun tetap terlihat elegan. Kamu bisa memadukan furntinur berbahan kayu di area ini. Lalu jangan lupa tanam pohon ataupun bunga dan tanaman hijau dalam pot, dan susun dengan rapi. Kamu juga bisa memberikan instalasi lampu tanam untuk membuatnya lebih cantik.

2. Halaman belakang rumah instagramable

Belakang rumah Instagramable

Sekarang ini, ada banyak orang yang menginginkan area di rumahnya terlihat instagramable. Ide halaman belakang rumah seperti ini pun mulai banyak digunakan dalam desain halaman belakang rumah modern. Sekalipun rumah yang kamu miliki bernuansa minimalis, tatanan yang instagramable ini tetap cocok untuk kamu terapkan. Kamu bisa mulai dari penggunaan platform kayu, aksen dinding modern dan juga penggunaan furniture yang matching dengan konsep yang kekinian.

Bagian tanaman hijau juga bisa kamu tata sesuai keinginan. Lalu buat juga jalur tapak di antara rerumputan, untuk memberi kesan manis pada halaman belakang rumahmu.

3. Dekorasi bohemian

Ide halaman belakang rumah dengan konsep bohamian

Ide belakang rumah berikut yang bisa kamu terapkan adalah nuansa modern bohemian. Pilih pola, warna dan furnitur berbahan natural dan juga bernuansa santai. Lalu kamu bisa memiliki dekorasi tambahan, seperti bantal sofa bermotif dengan warna cerah, agar membuat suasana area duduk-duduk di halaman jadi lebih cozy.

4. Halaman belakang rumah mewah

Belakang rumah dengan tampilan mewah

Kalau kamu tidak suka dengan nuansa minimalis, kamu bisa menerapkan konsep mewah di halaman belakangmu. Terutama bagi kamu yang punya budget lebih untuk ini.

Kamu bisa memadukan penggunaan lantai marmer dengan beragam interior klasik serta tambahan lampu taman berwarna kuning. Jadi buatlah halaman belakangmu menyatu dengan area belakang indoor, sehingga halaman pun jadi terasa lebih luas.

Baca Juga: Ide Roof Gardening, Makin Asik Bersantai Di Rumah

Kamu bisa menempatkan tanaman-tamanan besar maupun kecil di area halaman, serta membuat area BBQ di sini untuk tempat berkumpul keluarga. Kesan mewah ditambah nuansa nyamannya membuat kamu dan keluarga akan betah duduk-duduk dan bercengkrama di area ini.

5. Dengan taman mediterania

Membuat taman mediterania ini tidak sulit kok. Ciri khasnya berada pada rumput St. Augustine atau yang biasa disebut rumput kerbau. Lalu jangan lupa tambahkan beragam batuan di taman tersebut. Kamu juga bisa meletakkan tanaman-tanaman tropis seperti yucca nolina, agave dan bonsai.

Untuk menambah kesan cantiknya pada ide belakang rumah ini, kamu dapat menggunakan lentera, menambahkan kursi untuk duduk-duduk dan juga patung. Untuk kamu yang suka memelihara ikan, kamu juga bisa lho membuat kolam ikan di area ini. Tidak perlu besar, namun terkesan asri dan hidup.

6. Tempat bermain anak

Bila kamu termasuk keluarga dengan anak kecil, membuat tempat bermain anak jadi ide belakang menarik yang bisa kamu terapkan. Terutama jika kamu punya area yang cukup luas, sehingga anak pun bisa dengan leluasa bermain, dan kamu bisa menempatkan mainan-mainan di area tersebut, seperti ayunan ataupun seluncuran.

Lalu, bagian tanahnya bisa kamu tanami rumput agar anak-anak bisa lebih aman berlarian tanpa takut terluka. Letakkan juga meja dan kursi yang bisa kamu gunakan untuk bersantai sembari melihat atau mengawasi anak bermain.

7. Belakang rumah dengan gazebo

Gazebo di belakang rumahmu bisa dijadikan tempat bersantai ataupun menerima tamu. Area ini bisa membuat acara kumpul-kumpul dengan orang terdekat jadi lebih menyenangkan. Apalagi di sekitar gazebo terdapat tanaman-tanaman hijau yang menambah kesan sejuk dan asri di area halaman ini.

Cukup tempatkan meja dan juga sofa atau kursi untuk tempat berkumpul atau menerima tamu. Kamu juga bisa memasang lampu taman untuk menerangi area ini.

8. Halaman belakang yang menyatu dengan ruang makan

Kalau rumahmu memiliki area dapur di bagian belakang rumah, maka lahan yang tersisa di sekitarnya bisa kamu manfaatkan sebagai halaman yang menyatu dengan ruang makan. Ini akan membuat suasana makanmu dengan keluarga atau orang terdekat jadi berbeda dari biasanya.

Tips Membuat Halaman Belakang Rumah yang Baik

Ada beberapa tips yang harus kamu ketahui dan pikirkan dengan matang sebelum akhirnya memutuskan untuk membuat belakang rumah, yaitu:

  • Sesuaikan konsep halaman belakang dengan konsep rumah

Pilihlah desain belakang rumahmu yang sesuai dengan konsep rumah yang kamu miliki. Ini dilakukan agar tidak terkesan kontras dan bisa terlihat lebih menyatu satu sama lain. Walaupun begitu, tidak ada salahnya juga bila kamu ingin menerapkan konsep yang berbeda, untuk menonjolkan sisi unik dan berbeda dari biasanya.

  • Menambahkan tanaman-tanaman hijau

Walaupun belakang rumah identik dengan taman, namun kamu juga tidak selalu harus membuat taman di halaman belakang rumahmu. Namun, kamu bisa meletakkan beberapa tanaman hijau di area belakang rumah untuk memberi kesan asri dan juga membantu menyejukkan area tersebut. Apalagi biasanya area itu dijadikan sebagai tempat duduk-duduk dan berkumpul bersama orang terdekat. Dengan adanya tanaman hijau, halaman belakang jadi lebih segar dan terhindar dari panas matahari langsung.

  • Memberi pencahayaan yang baik

Satu hal yang seringkali terlewatkan adalah memberikan pencahayaan yang baik di area halaman belakang rumahmu. Pengaturan cahaya lampu dapat membuat suasana jadi lebih nyaman. Kamu bisa memilih lampu dengan nuansa warna kuning untuk memberi kesan hangat.

  • Melakukan perawatan rutin

Sama halnya dengan rumah, bagian belakang rumah juga harus dijaga dan dirawat dengan rutin. Walaupun mungkin melakukan perawatan pada belakang bukan perkara sebentar, namun ini harus kamu lakukan demi area rumah yang terawat dan tetap nyaman. Apalagi, bila bagian rumahmu terlihat rapi dan bersih, tentu kamu pun akan lebih senang berada di sana.

Itulah beberapa ide belakang rumah yang bisa kamu terapkan, mulai dari yang minimalis, mewah, instagramable, bahkan yang dibuat taman dan juga halaman bermain anak. Semuanya bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan dan juga keinginan. Pastikan area halaman belakang rumahmu cocok untuk dibuat konsep yang sudah kamu pilih.

Related posts

Ini Dia Pengertian dan Desain Rumah Tipe 36, Beserta Tips Agar Terlihat Lebih Luas

Marsyaviani Darestuti

7 Tren Warna Cat Rumah di Tahun 2021, Rumah Jadi Terlihat Kekinian

Risma Mualifa

Leave a Comment