DIY

5 Bunga Cantik untuk Dekorasi Halaman. Banyak Manfaatnya Juga, Lho!

Bunga cantik untuk dekorasi halaman rumah

Tanaman hias yang memiliki bunga yang cantik umumnya digunakan sebagai sebuah dekorasi untuk mempercantik bagian rumah. Salah satu bagian rumah yang bisa menjadi tempat para tanaman berbunga ini adalah bagian halaman. Bunga cantik untuk dekorasi halaman ini bukan hanya memperindah, tapi beberapanya juga ada yang punya manfaat tersendiri.

Baca Juga: 8 Tanaman Hias Daun Terpopuler Untuk Menambah Keindahan Rumah

Bagi kamu yang sedang mencari beragam bunga cantik untuk dekorasi halaman rumahmu, berikut ini adalah beberapa rekomendasinya untukmu.

1. Kembang Sepatu

Bunga cantik untuk dekorasi halaman rumah kembang/bunga sepatu

Bunga bernama latin Hibiscus rosa-sinensis ini merupakan tanaman semak yang asalnya dari Asia Timur. Tingginya bisa mencapai 2 hingga 5 meter, dan dapat tumbuh sepanjang tahun. Warna bunganya pun beragam, seperti kuning, putih, merah muda dan lainnya. Selain itu, bunganya terbilang besar dan tidak berbau.

Siapa sangka, kembang sepatu ini punya banyak manfaat, lho. Di India, kembang sepatu dipakai untuk menyemir sepatu dan juga digunakan sebagai bunga persembahan. Di Tiongkok, bunga berwarna merahnya digunakan sebagai bahan pewarna untuk makanan. Sedangkan di Indonesia, selain jadi tanaman hias, kembang sepatu juga digunakan untuk beragam pengobatan tradisional dengan dikeringkan, dan diminum sebagai teh.

2. Bugenvil

Ungu-ungu meriah, bunga cantik untuk dekorasi halaman rumah Bugenvil

Tanaman yang seringkali disebut sebagai bunga kertas ini juga punya warna bunga yang berwarna-warni, mulai dari ungu, pink, kuning ataupun putih. Kalau kamu ingin menanamnya di pekarangan rumah, bunga bugenvil ternyata tidak perlu cara merawat yang ribet, lho. Tanaman ini hanya butuh penyiraman dan pemupukan yang tepat, agar kesegarannya terjaga dan bisa tumbuh rimbun.

Untuk mulai menanam bung aini, pastikan kamu mencari tempat yang hangat. Bunga ini tahan kekeringan dan tumbuh subur hampir di semua tanah yang punya drainase baik. Walaupun begitu, bugenvil lebih suka tanah yang mengandung tanah liat, pasir dan lumpur.

3. Lavender

Bunga cantik untuk dekorasi halaman rumah yang punya banyak manfaat, lavender

Kalau kamu ingin bunga cantik untuk dekorasi halaman yang juga punya manfaat baik, kamu bisa memilih menanam bunga lavender ini nih. Bunga yang berwarna keunguan ini punya aroma khas yang terbukti dapat membantu mengusir nyamuk, lho.

Bila kamu punya permasalahan banyak nyamuk di rumah, yang sudah terasa terganggu, kamu bisa mencoba menanam tumbuhan ini di pekarangan rumahmu. Suhu dan kelembapan yang tepat, akan membuat lavender tumbuh baik tanpa perlu perawatan yang ribet.

4. Geranium

Nah, satu lagi nih, tanaman cantik yang punya manfaat untuk mengusir nyamuk, yaitu Geranium atau tapak dara. Tanaman ini punya ciri di mana kelopaknya saling bertumpukkan, sehigga terlihat cantik. Bunganya pun punya warna beragam, seperti pink, ungu ataupun putih.

Geranium umumnya tumbuh sekitar 20-40 cm bila di tanam dalam sebuah pot. Tapi, bila dibiarkan liar, tingginya bahkan bisa sampai 4 meter, lho. Tanaman ini pun cocok ditanam di wilayah tropis seperti negara Indonesia, karena jenis tanamannya yang bisa beradaptasi dnegan baik di cuaca yang panas. Untuk menanam Geranium pun tidak sulit, dan tidak butuh perawatan khusus.

5. Melati

Bunga melati bukan hanya jadi bunga paling cantik tapi juga bunga yang punya banyak manfaat untuk manusia. Bunga satu ini pun termasuk salah satu pilihan tanaman yang banyak dijadikan penghias di halaman rumah, karena bunganya yang cantik dan punya wangi yang harus.

Jenis melati yang banyak ditanam orang umumnya adalah Jasminum sambac. Sebelum memenam melati, kamu wajib memerhatikan lokasi penanamannya. Karena, bunga melatih harus selalu terkena sinar matahari yang cukup, agar tumbuh dengan baik. Nah, seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, melati ini juga punya manfaat bagi manusia lho, karena daun dan bunganya bisa membantu mengobati flu, diare, dan juga demam.

Baca Juga: 7 Manfaat Berkebun untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Itu dia lima bunga cantik untuk dekorasi halaman rumahmu, yang bisa kamu tentukan sendiri sesuai dengan kesukaanmu. Menanam bunga-bunga ini di halaman rumahmu pasti tidak akan menyesal, karena halaman rumah bukan hanya akan indah dan cantik, tapi suasana rumah pun akan jadi lebih asri. Apalagi, tidak sedikit tanaman yang disebutkan di atas yang memiliki manfaat lain yang berguna bagi manusia.

Jadi, sudahkah kamu menentukan, mau menanam bunga cantik yang mana di halaman rumahmu?

Related posts

Terbukti Ampuh, 8 Cara Mengusir Lalat

Risma Mualifa

Inspirasi Lukisan Dinding Kamar Anak Muda, Untuk Mempercantik Tampilan Kamar

Marsyaviani Darestuti

Mengenal Spare Part Mesin Jahit dan Fungsinya

Rostina Alimuddin

Leave a Comment