Image default
Lifestyle

6 Ide Desain Ruang Keluarga, Mulai Dari Konsep Modern Sampai Klasik

Kehadiran ruang keluarga memang sangat penting dalam sebuah rumah. Ruang keluarga sudah menjadi semacam tempat favorit para anggota keluarga untuk bersantai hingga berdiskusi bersama. Oleh sebab itu, desain ruang keluarga memang perlu dibuat sebagus dan senyaman mungkin.

Saat ini, ruang keluarga tak harus dibuat dengan konsep ruangan yang luas dan lapang. Memiliki ruangan kecil sekali pun tetap bisa Anda sulap menjadi ruang keluarga yang cozy dan keren. Rekomendasi ide desain ruang keluarga berikut mungkin bisa menjadi konsep pilihan yang tepat untuk ruang keluarga Anda.

Deretan Desain Ruang Keluarga yang Bisa Jadi Inspirasi

Konsep Monokrom

Desain ruang keluarga dengan konsep monokrom

Jika Anda adalah penggemar konsep minimalis dan sederhana, cobalah menerapkan konsep monokrom ini. Saat ini, tema modern minimalis memang tengah naik daun. Aksen warna putih, hitam dan abu-abu akan memberikan kesan yang simple dan rapi.

Gunakanlah beberapa jenis furniture dengan warna yang senada. Anda juga bisa menambahkan aksesoris tradisional seperti ukiran tangan atau meja yang terbuat dari bahan rotan. Konsep monokrom seperti ini akan membuat ruangan juga terasa lebih lapang meskipun ruang yang digunakan tidak terlalu luas.

Baca Juga: Ketahui Penyebab dan 6 Tips Mengatasi Tembok Rembes

Konsep Perpustakaan

Desain Ruang Keluarga Konsep Perpustakaan

Keluarga pencinta buku tentu sangat suka dengan ide desain ruang keluarga yang dipenuhi oleh kumpulan koleksi buku-buku. Ruang keluarga pun akan terasa seperti perpustakaan pribadi milik keluarga. Meskipun era buku digital makin dilirik banyak kalangan, akan tetapi kumpulan buku-buku pada rak-rak di ruangan tetap memberikan sensasi yang berbeda.

Jadi, ruang keluarga dengan tema perpustakaan ini tak hanya sebagai tempat untuk bersantai sambil menghabiskan waktu bersama keluarga tetapi juga menjadi area untuk menggali ilmu pengetahuan. Berkumpul bersama keluarga sambil membahas sekolah, kampus hingga dunia pekerjaan pun tentu akan semakin berbobot.

Anda bisa menggunakan rak buku besar yang menjulang tinggi hingga ke langit-langit. Jangan lupa juga untuk menaruh sofa yang nyaman sebagai tempat membaca buku di dalam ruang keluarga.

KonsepĀ Vintage

Vintage Concepts

Tidak bisa dipungkiri jika konsep vintage masih banyak dilirik di tengah era kekinian saat ini. Nuansa klasik memang selalu memunculkan vibes yang membuat siapa pun akan bernostalgia ke masa lalu. Meskipun konsep ini sering disebut terlalu ketinggalan zaman, akan tetapi konsep vintage masih tetap banyak diterapkan di banyak hunian.

Untuk makin menonjolkan suasana klasik pada ruang keluarga Anda, cobalah menggunakan aksen-aksen tradisional seperti menggunakan perabotan dari rotan atau kayu. Selain nuansa vintage khas tradisional, Anda juga bisa mengusung konsep vintage ala western menggunakan interior berwarna pastel dan furniture yang terbuat dari bahan-bahan kayu alami.

Konsep Tekno

Ruang keluarga Konsep Tekno

Konsep tekno juga banyak dipilih sebagai salah satu ide desain ruang keluarga. Jika Anda menyukai nuansa yang cenderung santai, simple tapi tetap menonjolkan kesan yang detail di setiap sisi ruangan maka cobalah menggunakan konsep yang satu ini.

Kebanyakan kalangan yang menerapkan konsep ini adalah kalangan milenial yang gemar dengan penggunaan material seperti besi hingga kaca. Penggunaan lampu futuristic serta perabotan yang dapat dilipat juga menjadi ciri khas ruangan yang menggunakan konsep tekno ini.

KonsepĀ Bohemian Modern

Konsep Bohemian Modern

Jika Anda menginginkan suasana yang ceria dan sedikit lebih berwarna pada ruang keluarga, cobalah menerapkan konsep bohemian modern. Dijamin ruang keluarga Anda akan memunculkan kesan modern sekaligus estetik di segala sisinya. Konsep bohemian modern juga membuat sebuah ruangan menjadi lebih hidup dan terasa lebih hangat.

Taruhlah karpet dengan rumbai pada ujungnya, bantal kursi dengan sarung full colour hingga selimut bulu sintesis di ruang keluarga Anda, maka nuansa bohemian modern akan semakin terasa di dalam ruangan.

Konsep Multifungsi

Konsep Multifungsi

Konsep ruang keluarga yang satu ini cocok digunakan untuk memaksimalkan seluruh ruangan di dalam rumah. Umumnya, konsep multifungsi digunakan untuk membuat ruangan lainnya terlihat lebih produktif karena jarang dipakai.

Anda bisa menggabungkan ruang makan, ruang belajar dan ruang keluarga menjadi satu bagian. Dengan begitu, seluruh ruangan bisa difungsikan dalam waktu yang bersamaan. Penggabungan ruangan ini juga membuat Anda bisa beraktifitas senyaman dan sebebas mungkin tanpa perlu berpindah-pindah ruangan lagi.

Baca Juga: 8 Desain Mushola Dalam Rumah Untuk Kenyamanan Beribadah

Desain ruang keluarga di dalam sebuah rumah memang sangat perlu untuk dipertimbangkan secara seksama dan sebaik mungkin. Dengan begitu, Anda dan keluarga pun dapat bersantai dan bercengkerama bersama dengan aman dan nyaman.

Related posts

Tips Membersihkan Kamar Mandi Agar Anti Bau dan Jorok

Tidak Sulit, Inilah 4 Tanaman Sayur yang Cocok Ditanam Di Rumah!

admin

12 Tips Dekorasi Kamar Tidur Sempit

Marsyaviani Darestuti

Leave a Comment