InformasiTips

Kenal Dengan Cat Kayu Water Based – Cat Kayu Yang Ramah Lingkungan


Emkay Frizz happy Sour

Di era saat ini kesadaran akan lingkungan semakin tinggi, di semua sektor berlomba membuat terobosan yang ramah lingkungan. Tentunya hal ini memang wajib untuk dilakukan karena akan berdampak juga pada kehidupan manusia. Salah satu terobosan saat ini ialah Cat Kayu Water Based. Apa itu? apa saja kelebihannya

Cat Kayu Water Based adalah jenis cat kayu yang menggunakan air sebagai pelarutnya, sehingga lebih ramah lingkungan dan mudah dibersihkan dengan air. Cat kayu ini juga menghasilkan aroma yang lebih sedikit dan kurang beracun dibandingkan dengan cat kayu solvent-based yang menggunakan bahan kimia berbasis minyak sebagai pelarutnya.


Emkay Frizz Happy Sour

Kelebihan lain dari Cat Kayu Water Based adalah keringnya yang cepat, sehingga memungkinkan untuk pengaplikasian lapisan berikutnya dalam waktu yang singkat. Selain itu, Cat Kayu Water Based juga tahan terhadap sinar UV dan cuaca, sehingga tidak mudah memudar atau rusak akibat paparan sinar matahari dan cuaca.

Kekurangan Cat Kayu Berbasis Minyak

Meskipun cat kayu solvent-based memiliki beberapa kelebihan seperti daya tahan yang lebih kuat dan warna yang lebih kuat, namun jenis cat kayu ini juga memiliki beberapa kekurangan, di antaranya:

  1. Berbahaya bagi kesehatan: Cat kayu solvent-based menggunakan bahan kimia berbasis minyak sebagai pelarutnya yang dapat menghasilkan uap berbahaya yang berpotensi merusak paru-paru dan sistem pernapasan pada pengguna.
  2. Berbahaya bagi lingkungan: Bahan kimia yang terkandung dalam cat kayu solvent-based dapat mencemari lingkungan jika tidak dibuang dengan benar. Selain itu, bahan kimia tersebut juga dapat merusak tanaman dan hewan.
  3. Memerlukan waktu pengeringan yang lebih lama: Cat kayu solvent-based memerlukan waktu yang lebih lama untuk kering dibandingkan dengan cat kayu water-based. Selama waktu ini, cat kayu solvent-based bisa mudah terkontaminasi oleh debu atau kotoran.
  4. Sulit dibersihkan: Cat kayu solvent-based sulit dibersihkan dengan air, sehingga memerlukan pelarut khusus untuk membersihkannya. Selain itu, sisa-sisa cat kayu solvent-based yang tidak dibersihkan dengan baik dapat meninggalkan noda pada pakaian dan permukaan lainnya.
  5. Cenderung menguning: Cat kayu solvent-based cenderung menguning seiring waktu dan paparan sinar matahari. Hal ini dapat membuat kayu terlihat kusam dan tidak menarik.


Emkay Blast Lite

Bahan Utama Cat Kayu Berbasis Air

Pada umumnya bahan utama dari Cat Kayu Water Based biasanya meliputi pigmen, resin akrilik atau resin poliuretan, dan air sebagai pelarutnya. Berikut adalah penjelasan singkat mengenai masing-masing bahan utama tersebut:

  1. Pigmen
    Pigmen digunakan untuk memberikan warna pada cat kayu dan meningkatkan ketahanannya terhadap sinar matahari dan cuaca.
  2. Resin akrilik atau resin poliuretan
    Resin digunakan untuk memberikan sifat tahan gores, tahan aus, dan tahan cuaca pada cat kayu. Resin akrilik biasanya digunakan pada cat kayu water based yang lebih murah, sementara resin poliuretan digunakan pada cat kayu water based yang lebih mahal untuk memberikan sifat tahan yang lebih baik.
  3. Air
    Air digunakan sebagai pelarut pada cat kayu water based. Kelebihan menggunakan air sebagai pelarut adalah ramah lingkungan dan mudah dibersihkan. Selain itu, penggunaan air juga menghasilkan aroma yang lebih sedikit dan kurang beracun dibandingkan dengan cat kayu solvent-based.

Berikut adalah beberapa kelebihan dari Cat Kayu Water Based:

Sebelumnya kita sudah tahu bahan utama dari cat kayu water based: Jika dibanding cat kayu berbasis minyak, berikut beberapa kelebihan yang dimiliki cat kayu water based :

  1. Ramah lingkungan
    Cat kayu water based menggunakan air sebagai pelarutnya, sehingga lebih ramah lingkungan dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya yang dapat mencemari lingkungan.
  2. Aman bagi kesehatan
    Cat kayu water based tidak menghasilkan uap yang berbahaya, sehingga lebih aman digunakan dan tidak membahayakan kesehatan pengguna.
  3. Kering lebih cepat
    Cat kayu water based kering lebih cepat dibandingkan dengan cat kayu solvent-based, sehingga memungkinkan untuk pengaplikasian lapisan berikutnya dalam waktu yang singkat.
  4. Tahan terhadap sinar UV dan cuaca
    Cat kayu water based memiliki ketahanan yang baik terhadap sinar matahari dan cuaca, sehingga tidak mudah memudar atau rusak akibat paparan sinar matahari dan cuaca.
  5. Mudah dibersihkan
    Cat kayu water based mudah dibersihkan dengan air, sehingga tidak memerlukan pelarut khusus untuk membersihkannya. Selain itu, sisa-sisa cat kayu water based yang tidak dibersihkan dengan baik dapat dihilangkan dengan mudah.
  6. Bebas bau
    Cat kayu water based menghasilkan aroma yang lebih sedikit dan kurang beracun dibandingkan dengan cat kayu solvent-based.
  7. Warna lebih stabil
    Warna dari cat kayu water based cenderung lebih stabil dan tidak mudah menguning atau memudar seiring waktu.

Namun, perlu diingat bahwa Cat Kayu Water Based mungkin tidak sesuai untuk digunakan pada kayu yang sangat kasar atau berpori besar, karena cenderung tidak dapat menutupi permukaan dengan baik. Selain itu, warna dan kilap dari Cat Kayu Water Based mungkin tidak sekuat dan sesuai dengan preferensi beberapa orang dibandingkan dengan cat kayu solvent-based.

Rekomendasi Cat Kayu Water Based

cat kayu bio industri
Cat Kayu Bio Industri

Setelah Anda tahu kelebihan dari cat kayu water based dan ingin mulai menggunakannya, salah satu brand produk cat kayu water based  ialah Cat Kayu Bio Industri. Bio Industri sendiri merupakan salah satu produsen lokal cat kayu di Indonesia yang mengembangkan cat pelapis kayu water based sejak tahun 2002. Kenapa harus Cat Kayu Bio Industri ? salah satu alasannya ialah produk cat kayu dari Bio Industri merupakan cat kayu bagus & natural terbaik di Indonesia. Selain itu Cat Kayu Bio Industri memiliki banyak kelebihan lain seperti :

  1. Finishing berbasis air ramah lingkungan dan kesehatan
  2. Warna yang beragam dan cemerlang
  3. Efisien dan kualitas finishing yang tahan lama
  4. Lebih hemat

Jika Anda tertarik untuk beralih menggunakan cat kayu yang ramah lingkungan dan efisien, Anda bisa mendapatkan produk Biovarnish di Marketplace.


Emkay Blast Lite

Related posts

Review Arsitek Hijau, Rekomendasi Jasa Arsitek Yang Terpercaya

admin

Tagihan Membengkak, 15 Cara Menghemat Listrik Rumah Tangga

Rumi

5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memilih Desain Interior Rumah

Faqih Jafar

Leave a Comment