Image default
Lifestyle

11 Cara Menghemat Gas Elpiji Paling Mudah Tetapi Efektif

Cara menghemat gas elpiji menjadi salah satu trik untuk menyiasati harga gas yang tidak stabil. Ibu rumah tangga tidak hanya harus pandai dalam mengatur keuangan, tetapi juga menerapkan berbagai cara agar pengeluaran bisa lebih hemat. Jika gas elpiji dapat dihemat, tentu intensitas isi ulang tabung gas akan menurun. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghemat pemakaian gas elpiji.

Cara Menghemat Gas Elpiji Di Rumah

Membersihkan Kompor Secara Rutin

Selalu membersihkan Kompor setelah digunakan

Sumber Gambar: Kompas

Membersihkan kompor mungkin dianggap tidak ada kaitannya dengan cara menghemat gas elpiji. Namun kondisi kompor yang kotor dapat menyebabkan nyala api berwarna merah. Padahal warna api yang baik untuk memasak adalah api biru. Jika nyala api kompor tidak berwarna biru, maka proses memasak akan menjadi lebih lama dan justru lebih boros gas.

Baca Juga: 12 Tips Dekorasi Kamar Tidur Sempit

Menggunakan Tutup saat Merebus Makanan

Menggunakan Tutup Saat Merebus menjadi cara menghemat Gas elpiji

Sumber Gambar: Alodokter

Ketika membuat olahan makanan yang direbus, gunakan tutup untuk panci atau wajan agar uap yang dihasilkan mempercepat proses memasak makanan. Selain itu, cara ini juga akan membuat masakan matang secara merata dan menjaga nutrisi yang terkandung pada bahan makanan agar tidak hilang saat menguap.

Tidak Memasak Sampai Matang

Jangan masak hingga matang

Sumber Gambar: Kompasiana

Ketika Anda sedang membuat tumisan, ketika sudah setengah matang tutuplah panci atau wajan yang digunakan. Kemudian matikan api kompor. Biarkan dulu selama beberapa waktu agar proses memasak tetap berjalan. Cara menghemat gas elpiji ini juga cukup efektif.

Menggunakan Selang dan Regulator Berkualitas

Menggunakan selang dan regulator kualitas terbaik

Sumber Gambar: BP-Guide

Selang gas yang kurang baik dapat menyebabkan gas bocor sehingga gas cepat habis dan dapat berbahaya bagi penghuni rumah karena beresiko menyebabkan kebakaran. Untuk itu, pastikan untuk menggunakan selang dan regulator yang berkualitas.

Pilihlah selang yang mampu menahan tekanan 500 psi dan gunakan regulator standar otomatis. Jenis regulator ini dapat mendeteksi jika ada kebocoran gas sekaligus dapat memantau pemakaian gas sehari-hari.

Baca Juga: 10 Cara Membersihkan Kerak Kompor Gas Membandel Dengan Mudah

Menggunakan Alat Masak Dari Bahan Stainless Steel

Alat Masak Stainless Steel juga menjadi kunci cara hemat gas elpiji

Sumber Gambar: Atome

Selama ini banyak yang senang menggunakan alat masak dari bahan aluminium karena harganya yang murah. Namun untuk proses memasak yang efektif, bahan yang direkomendasikan justru adalah stainless steel. Menggunakan alat masak dari stainless steel akan membuat masakan lebih cepat matang sehingga gas pun dapat dihemat.

Menggunakan Pressure Cooker Untuk Bahan yang Boros Gas

Menggunakan Pressure Cooker

Sumber Gambar: Masak Apa Hari Ini

Ada beberapa jenis bahan makanan yang dikenal boros gas karena memerlukan proses memasak yang lama. Contohnya adalah daging bertulang seperti iga dan buntut. Cara menghemat gas elpiji saat memasak daging, sebaiknya gunakan pressure cooker atau panci presto untuk mempercepat proses pematangannya. Jika menggunakan panci biasa, Anda perlu memasaknya sekitar 2 jam atau lebih.

Menyesuaikan Ukuran Alat Masak Dengan Jumlah Makanan yang Dibuat

Menyesuaikan Ukuran Alat Masak

Sumber Gambar: Dekoruma

Jika Anda hanya memasak sedikit misalnya 1-2 porsi, maka gunakan alat masak yang lebih kecil, bukan alat masak tanggung untuk 3-4 porsi. Penggunaan alat masak yang terlalu besar juga dapat menyebabkan penggunaan gas lebih boros karena memerlukan waktu panas yang lebih lama.

Mengatur Ukuran Api

Mengatur Ukuran Api menjadi cara hemat gas elpiji

Sumber Gambar: Kompas

Memasak dengan api besar tidak akan membuat masakan lebih lezat, tetapi justru membuat pemakaian gas semakin boros. Untuk menentukan ukuran api yang ideal, usahakan ukuran api tidak melebihi bagian bawah panci atau wajan. Cara ini selain menghemat gas juga menjaga citarasa masakan dan menjaga kualitas alat masak.

Menggunakan Termos Air

Menggunakan Termos Air untuk menghemat gas

Sumber Gambar: My Best

Jika sebagian besar hidangan yang dibuat perlu air yang direbus sebelum memasak, cobalah menggunakan termos air. Caranya, rebus air dan masukkan ke termos. Jadi Anda tidak perlu memasak air berulang-ulang yang menyebabkan gas menjadi boros.

Menyiapkan Semua Bahan Sebelum Memasak

Siapkan Bahan Sebelum Memasak

Sumber Gambar: Deka Muslim

Selama ini cukup banyak orang yang menyalakan kompor dan masih mencari-cari bahan selama sesi memasak. Selain membuang waktu, cara ini juga membuat gas boros. Untuk menyiasatinya pastikan semua bahan sudah siap ketika mulai memasak.

Merendam Biji-bijian Sebelum Di masak

Meredam Biji-Bijian sebelum Memasak

Sumber Gambar: Hiloved

Jika Anda akan memasak biji-bijian, kacang-kacangan, dan ketan hitam, rendam terlebih dahulu sebelum dimasak. Proses perendaman akan membuka kunci nutrisi kandungan bahan tersebut sekaligus mempercepat proses memasak.

Demikian beberapa tips cara menghemat gas elpiji. Cara-cara di atas tentu sangat sederhana dan mudah dilakukan, sayangnya banyak yang belum menyadarinya bahwa dari cara yang sederhana ini dapat membantu menghemat pengeluaran bulanan untuk isi ulang gas elpiji.

Related posts

6 Ide Desain Ruang Keluarga, Mulai Dari Konsep Modern Sampai Klasik

12 Tips Dekorasi Kamar Tidur Sempit

Marsyaviani Darestuti

7 Tanaman Rambat Di Rumah Untuk Menambah Keasrian

admin

Leave a Comment