Rumah

8 Tips Ciptakan Taman Minimalis Depan Rumah, Tetap Indah Meski di Lahan Sempit

Rumah yang nyaman bisa diwujudkan dengan berbagai cara. Menciptakan taman di depan rumah bisa menjadi salah satu cara. Keberadaan taman akan semakin menambah nilai estetika sebuah rumah. Selain itu, taman juga membuat udara lebih segar serta memanjakan mata. Jangan khawatir apabila di depan rumah hanya tersisa sedikit lahan kosong. Di lahan sempit pun, taman minimalis depan rumah tetap bisa indah.

Untuk membuat taman minimalis, bagian terpenting adalah cara penataan. Dengan menata tanaman sesuai komposisi yang tepat, taman minimalis akan terlihat bagus. Penambahan elemen lain seperti kolam kecil atau lampu taman juga bisa menambah keindahan taman mungil di depan rumah. Agar semakin jelas seperti apa gambaran ide taman minimalis untuk dibentuk di depan rumah, simak penjelasan berikut ini.

Baca Juga: 8 Rekomendasi Aplikasi Desain Rumah untuk Pengguna Android

1. Lengkapi dengan Jalan Setapak

Area depan rumah biasanya menjadi satu-satunya akses masuk ke dalam rumah. Maka jika ingin membentuk taman di lahan tersebut, jangan lupa lengkapi dengan jalan setapak. Bahan seperti bebatuan berbagai bentuk bisa dipasang di antara rerumputan. Pilih warna batu yang kontras dengan warna rumput agar jalan setapak terlihat jelas. Tidak hanya mengutamakan fungsi, keberadaan jalan setapak juga akan mempercantik tampilan taman minimalis depan rumah.

2. Buat Kolam Ikan

Penempatan tanaman hijau dan berbagai jenis bunga sebenarnya sudah bisa menonjolkan kesan alami dari taman depan rumah. Namun jika ingin kesan alami semakin terasa, tidak ada salahnya membuat kolam kecil di tengah taman. Kolam yang ukurannya tidak terlalu besar tidak akan memakan tempat selain juga akan sesuai dengan tampilan kolam. Untuk menghadirkan perasaan tenang, kolam kecil itu juga bisa disertai dengan air mancur.

3. Tambahkan Kerikil

Hamparan taman tidak selalu harus berupa tanah kosong atau tanah dengan tanaman rumput hijau. Hamparan itu juga bisa diisi dengan kerikil kecil atau batu-batuan alam. Supaya tampilan taman minimalis depan rumah tetap menarik, susun kerikil atau bebatuan berdasarkan warna-warnanya. Komposisi warna yang sesuai akan membentuk pemandangan taman yang memesona.

4. Pilih Tanaman Kering

Memiliki taman di depan rumah memang membutuhkan usaha lebih untuk merawatnya. Perawatan yang paling sederhana adalah harus rutin menyiram tanaman supaya tetap segar. Namun jika ternyata terlalu sibuk untuk merawat taman, tetap ada solusinya yaitu memilih jenis tanaman kering. Salah satunya adalah sukulen, tanaman kering yang beragam bentuknya bisa memperindah tampilan taman.

5. Jangan Lupa Menanam Pohon

Meskipun ada banyak ide tanaman yang bisa ditata pada taman, jangan lupa untuk tetap menanam pohon. Setidaknya harus ada satu jenis pohon yang akan menjadi fokus utama dari taman tersebut. Pohon yang dipilih tidak perlu terlalu besar. Ukuran sedang saja sudah bisa melengkapi isi taman. Salah satu jenis pohon yang direkomendasikan untuk taman minimalis depan rumah adalah palem. Pohon ini mudah dirawat serta usianya bisa panjang.

6. Kombinasikan dengan Tanaman Bunga

Bagi penggemar tanaman terutama jenis bunga, taman bisa menjadi lahan untuk mengeksplor hobi. Tidak ada salahnya menempatkan tanaman bunga favorit di taman depan rumah. Namun pastikan komposisinya seimbang dengan tanaman lain. Sebisa mungkin perpaduan antara bunga dan tanaman lain mampu menghasilkan pemandangan yang indah. Sebaiknya pilih bunga yang mudah perawatannya dan cepat tumbuh.

7. Lengkapi dengan Tanaman Gantung

Apabila lahan di depan rumah tidak cukup lebar untuk menaruh semua tanaman kesukaan, jangan berkecil hati. Masih ada cara kreatif lain untuk melengkapi taman dengan tanaman favorit yaitu dengan cara menggantung. Untuk media tanam gantung, pilih jenis tanaman yang memang sesuai. Selain itu, pilih tanaman yang bisa menghasilkan daun panjang agar bisa menjuntai ke bawah. Hasilnya, taman gantung pasti berhasil menambah keindahan taman minimalis depan rumah.

8. Gunakan Pot

Tidak semua jenis tanaman harus ditanam langsung pada tanah. Untuk beberapa jenis, tidak ada salahnya menggunakan pot karena itu bisa mendukung tampilan taman. Pilih pot dari jenis yang senada supaya taman terlihat serasi. Tidak masalah jika pot yang digunakan berbeda ukuran. Asal pandai menata, dipastikan taman depan rumah akan semakin cantik.

Untuk menghasilkan taman minimalis depan rumah yang cantik sebenarnya bukan hal yang terlalu sulit. Akan tetapi setiap detailnya memang butuh perhatian dan pertimbangan dalam menatanya. Konsep taman minimalis ini sangat cocok untuk menghemat budget tapi tidak kehilangan keindahan rumah.

Related posts

7 Bagian Rumah Adat Bali yang Memiliki Fungsi Filosofis

Risma Mualifa

8 Rekomendasi Aplikasi Desain Rumah untuk Pengguna Android

Risma Mualifa

Mengenal 5 Jenis Rumah Adat Jawa Barat

Rostina Alimuddin