Rumah

Ide Roof Gardening, Makin Asik Bersantai Di Rumah

Ide Roof Gardening Keren

Ide roof gardening bukanlah inovasi pembangunan ruang terbuka hijau yang baru naik daun beberapa waktu belakangan ini. Roof garden pada dasarnya sudah ada sejak tahun 1980-an silam. Beberapa negara maju seperti Inggris, Jerman, Swiss, Prancis maupun Belanda adalah negara-negara yang lebih dulu menerapkan ide ruang terbuka hijau ini.

Meskipun ide roof garden di tanah air bukanlah hal yang baru juga, akan tetapi penerapan ruang terbuka hijau seperti ini masih belum banyak digunakan. Padahal, kehadiran roof gardening sangatlah membantu dalam menciptakan suasana yang nyaman dan asri terutama untuk gedung-gedung di kota-kota besar.

Lalu, bagaimana sih cara menjadikan atap rumah atau atap gedung menjadi roof gardening yang menarik dan kekinian? Yuk simak ulasannya di artikel berikut ini.

Baca Juga: 15 Model Atap Rumah untuk Hunian Masa Kini dan Masa Depan

Ide Roof Gardening Kekinian Untuk Bersantai

Menyediakan Lahan

Hal terpenting dalam menciptakan taman kekinian di atap rumah atau gedung yang kamu miliki ialah dengan memiliki lahan yang cocok untuk roof garden. Hal ini dikarenakan tidak banyak rumah di tanah air yang memiliki atap berbentuk datar dari beton.

Waterprofing

Selanjutnya, pastikan untuk mencegah terjadinya kebocoran pada lahan yang kamu gunakan. Salah satu cara mengecek kebocoran ini ialah dengan melakukan pengetesan terlebih dahulu. Cobalah mengenangi atap rumah kamu selama beberapa hari. Jika sudah aman berarti atap rumah kamu siap untuk dijadikan roof garden.

Patio Atap Dengan Gazebo

Ide Roof Gardening
Source: Mitramebel.com

Kehadiran gazebo juga bisa menambah kecantikan area taman atap rumah kamu. Selain terlihat lebih cantik, gazebo ini juga berfungsi sebagai tempat berkumpul bersama keluarga dan teman-teman.

Percantik Dengan Bunga

Agar taman atap kamu juga semakin cantik dan asri maka tambahkanlah berbagai macam jenis bunga di sekitarnya. Kehadiran bunga-bunga ini membuat suasana taman atap rumah kamu menjadi lebih nyaman dan sejuk.

Menghadirkan Pencahayaan

Indahnya Roof Gardening Dengan Lampu

Pencahayaan seperti lampu taman juga sangat penting untuk menghidupkan suasana roof garden kamu. Saat malam tiba, kamu bisa bersantai bersama teman dan keluarga sambil menikmati langit malam dan ditemani lampu-lampu taman.

Kursi Gantung

Ide roof gardening agar terlihat makin keren dan kekinian maka cobalah untuk menambahkan furniture kursi gantung pada roof gardening rumah kamu. Pasti rasanya lebih seru saat menikmati senja, langit malam dan menunggu matahari terbit sambil duduk-duduk di kursi gantung ini.

Manfaat Roof Gardening Pada Rumah dan Gedung

Tak hanya sebagai sekedar tempat bersantai, taman atap rumah juga memiliki banyak manfaat lainnya. Beberapa di antaranya ialah sebagai berikut.

Menyejukkan Ruangan Dalam Rumah

Bisa untuk Penyejuk Dalam Rumah

Kehadiran ruang terbuka hijau pada atap rumah kamu pada dasarnya juga turut mengurangi 10 hingga 25 persen udara panas. Terlebih jika kamu memiliki beragam jenis tanaman yang bisa menyerap udara panas di siang hari. Tak hanya itu saja, kamu pun bisa menghemat pemakaian AC hingga 70 persen. Rumah menjadi lebih hemat energi,  suhu ruangan di rumah kamu pun menjadi lebih sejuk.

Sebagai Pelindung Bangunan

Karena memiliki fungsi sebagai insulator panas yang mampu mengurangi radiasi sinar matahari secara efektif maka roof gardening sangat bermanfaat dalam mencegah kerusakan fisik pada bangunan. Drainase yang baik pada roof garden juga mencegah terjadinya pelapukan yang lebih cepat sehingga dapat disimpulkan bahwa kehadiran roof gardening mampu memperpanjang usia bangunan.

Lapisan penahan air

Ruang terbuka hijau pada atap rumah kamu juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat menyimpan air hujan hingga sebanyak 30 persen. Beberapa orang juga memanfaatkan air buangan pada roof garden ini untuk didaur ulang seperti untuk kegiatan menyiram tanaman hingga membersihkan kendaraan di rumah.

Meningkatkan Kualitas Udara Di Lingkungan Sekitar

Manfaat Roff Gardening Meningkatkan Kualitas Udara

Jumlah hunian yang semakin padat terutama di wilayah kota-kota besar membuat kualitas udara semakin menurun. Oleh sebab itu, kehadiran roof garden bisa menjadi ide sekaligus solusi dari masalah polusi udara ini. Beberapa wilayah padat penduduk di beberapa negara seperti Jepang, Cina, hingga Korea juga menerapkan ide ruang terbuka hijau ini untuk memperbaiki kualitas udara di sekitar pemukiman padat tersebut.

Baca Juga: Ciri-ciri Rumah Sehat yang Wajib Kamu Ketahui

Kehadiran roof gardening memang tidak hanya dijadikan sebagai tempat untuk bersantai tetapi juga untuk memperbaiki sekaligus mengurangi efek pemanasan global yang terjadi saat ini.

Related posts

7 Tipe Rumah Sederhana, Bisa Jadi Inspirasi untuk Hunian Keluarga Modern

Risma Mualifa

8 Rekomendasi Aplikasi Desain Rumah untuk Pengguna Android

Risma Mualifa

7 Tips dan Trik Memilih Warna Cat Rumah Minimalis

Marsyaviani Darestuti

Leave a Comment