Rumah

Ciri-ciri Rumah Sehat yang Wajib Kamu Ketahui

Ciri-Ciri Rumah Sehat

Memiliki rumah yang sehat adalah idaman setiap penghuni rumah. Rumah yang sehat tentu akan membuat para penghuninya hidup dengan lingkungan sehat. Lingkungan yang kotor hanya akan menimbulkan banyak penyakit dan akan berimbas kepada kesehatan penghuni rumah. Tentu kamu tidak mau kan hidup berdampingan dengan lingkungan yang kotor?

Pada dasarnya setiap orang bisa mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat. Sayangnya, banyak penghuni rumah yang belum paham bagaimana ciri-ciri rumah sehat yang sesungguhnya. Rumah sehat bukan hanya sekedar bersih dan rapi, ada banyak hal yang wajib kamu perhatikan demi mewujudkan rumah yang bersih dan sehat. Nah, untuk lebih jelasnya silahkan menyimak informasinya berikut ini.

Memiliki Sirkulasi Udara yang Baik

Ciri-Ciri rumah sehat memiliki sirkulasi udara yang baik
Source: Magiclean.co.id

Rumah yang sehat juga berbanding lurus dengan sirkulasi udara yang baik. Rumah yang memiliki sirkulasi yang baik akan membuat rumah terasa lebih nyaman dan sejuk. Tanpa sirkulasi, sebuah rumah akan lebih lembab dan pengap. Tentu hal ini akan mempengaruhi kesehatan para penghuni rumah. Salah satu jenis penyakit berbahaya yang dapat mengancam kesehatan kamu dan keluarga akibat sirkulasi rumah yang buruk ialah penyakit paru-paru basah.

Demi menghindari penyakit itu maka sebaiknya kamu memperhatikan konsep rumah yang kamu huni. Siapkanlah sirkulasi udara agar terdapat udara segar serta cahaya matahari yang memaksimalkan lingkungan rumah.

Pencahayaan Alami yang Maksimal

Selain masalah sirkulasi udara, rumah kamu juga wajib mendapatkan pencahayaan alami yang maksimal. Seperti yang telah diketahui bahwa cahaya matahari merupakan sumber vitamin D yang sangat penting untuk tubuh. Vitamin D berperan penting dalam menjaga imun tubuh terutama di masa pandemi covid-19 saat ini. Oleh karena itu, kamu perlu memaksimalkan pencahayaan untuk rumah kamu agar asupan sinar matahari untuk lingkungan dan tubuh dapat terpenuhi.

Dikelilingi Oleh Banyak Pepohonan

Ciri-ciri rumah sehat lainnya juga dapat dilihat banyaknya pepohonan atau tanaman rindang di sekitar rumah hunian. Selain berperan sebagai sumber oksigen, pohon juga membuat lingkungan menjadi lebih sejuk dan asri. Udara dan suasana yang seperti ini tentulah berpengaruh besar terhadap kesehatan para penghuni rumah. Udara yang segar disertai hijaunya tanaman dan pohon menjadi semacam terapi mental tersendiri. Terutama saat kamu lelah seharian bekerja, maka lingkungan sehat seperti inilah yang akan menopang hidupmu sehari-hari.

Baca Juga: 8 Tanaman Hias Daun Terpopuler Untuk Menambah Keindahan Rumah

Memiliki Pembuangan Sampah yang Baik

Ciri-ciri rumah sehat dengan banyak pohon
Source: Builder.com

Sebuah rumah juga wajib memiliki pembuangan sampah yang baik. Tidak bisa dipungkiri jika berbagai aktifitas di dalam rumah akan menimbulkan banyak sampah. Sebagai solusinya, rumah kamu harus memiliki tempat pembuangan sampah yang baik yang tidak akan mencemari lingkungan sekitar. Kelola sampah tersebut dengan cara membuat pembuangan sampah yang jauh dari rumah maupun kompleks yang kamu tinggali. Akan lebih baik lagi jika kamu membakar sampah agar tidak meninggalkan aroma yang tidak sedap. Pastikan untuk membakar sampah dengan hati-hati tanpa membahayakan para penghuni rumah.

Air Bersih dan Jernih

Rumah yang sehat juga seharusnya memiliki air bersih dan jernih. Pepohonan sekitar lingkungan rumah pada umumnya berperan penting dalam menjaga kualitas air yang kamu gunakan bersama keluarga. Idelanya, sebuah rumah memiliki kapasitas sebanyak 60 liter air setiap harinya untuk satu orang. Pastikan air yang kamu gunakan untuk keperluan makan, minum maupun mandi terhindar dari polusi. Air yang kotor dan tercampur dengan limbah akan sangat membahayakan kesehatan dan bisa menimbulkan banyak penyakit termasuk malaria.

Bebas Jamur dan Binatang Penular Penyakit

Ciri-ciri rumah sehat terakhir yang perlu kamu ketahui ialah rumah hunian yang bebas dari jamur maupun binatang penular penyakit. Biasanya rumah yang tidak memiliki sirkulasi udara dan cahaya yang baik akan membuat rumah semakin lembab. Hal ini tentu akan memancing perhatian para binatang pembawa penyakit seperti kecoa dan sejenisnya. Selain itu, rumah yang pengap juga akan menimbulkan banyak jamur di dinding rumah. Untuk menghindarinya, kamu bisa memasang wallpaper di dinding rumah. Selain menjaga kelembapan rumah, wallpaper dinding juga akan membuat rumah terlihat lebih cantik.

Beberapa jenis binatang seperti kecoa, tikus, kelabang hingga nyamuk adalah musuh utama sebuah hunian yang sehat. Untuk mengantisipasinya, rutinlah menjaga kebersihan rumah. Jangan membuang sampah di sembarangan tepat dan pastikan rumah kamu memiliki sirkulasi udara dan matahari yang maksimal.

Related posts

7 Hal yang Harus Diperhatikan dalam Mewujudkan Ide Rumah Kontainer

Risma Mualifa

7 Bagian Rumah Adat Bali yang Memiliki Fungsi Filosofis

Risma Mualifa

7 Tipe Rumah Sederhana, Bisa Jadi Inspirasi untuk Hunian Keluarga Modern

Risma Mualifa

Leave a Comment