Rumah

15 Model Atap Rumah untuk Hunian Masa Kini dan Masa Depan

Model Atap Rumah

Membangun sebuah rumah tentu bukan hanya soal modelnya. Ada banyak hal yang perlu kalian pertimbangkan termasuk dalam memilih model atap rumah. Tentu kalian tidak ingin kepanasan dan kehujanan kan. Oleh sebab itu, pilihlah jenis atap rumah yang sesuai dengan kondisi dan keadaan di sekitar kalian.

Memilih model atap rumah juga termasuk menentukan kepribadian dan selera kalian loh. Saat ini sudah banyak bermunculan berbagai model atap mulai dari modern hingga minimalis. Jika dalam waktu dekat ini kalian akan membeli atau mungkin merenovasi rumah, beberapa model atap rumah berikut mungkin bisa menjadi referensi untuk kalian.

Baca Juga: 7 Tren Warna Cat Rumah di Tahun 2021, Rumah Jadi Terlihat Kekinian

Sandar atau skillion

Atap rumah model silikon

Jenis model tap yang satu ini sering ditemui di perkotaan dengan model rumah bergaya kontemporer. Bentuknya yang elegant membuat para penghuni rumah juga betah di dalamnya. Saat ini sudah banyak arsitek yang menggabungkan atap model sandar atau silicon inin dengan atap model pelana. Selain memiliki kesan yang artistic, model atap ini juga berfungsi untuk mengalirkan air menuju satu tempat saja di bagian sisi rumah.

Kecuraman yang Ekstrem

Atap curam

Beberapa model rumah di luar negeri juga banyak menggunakan model atap yang satu ini. bentuknya yang khas dengan kecuraman eksterm membuat rumah ini terlihat sangat unik. Tujuan dari model ini ialah untuk meninggikan langit-langit dengan platfon yang rendah. Hal ini berfungsi agar sirkulasi udara menjadi lebih segar dan tidak lembab.

Datar

Atap Datar

Jika kalian lebih suka dengan model minimalis dan sederhana tentu akan cocok dengan model atap rumah yang datar ini. Desain ini juga dibuat dengan cara yang paling mudah. Karena berbentuk datar maka penampungan air di atap ini akan dialirkan ke bagian atap yang dibuat miring ke salah satu sisi kemiringan yang cukup.

Banyak orang memilih desain atap datar sebagai tempat berkebun di atas atap atau sekedar teras tambahan. Meskipun terlihat cukup gampang dalam proses pembuatannya, model atap datar termasuk susah dalam hal perawatannya. Tak hanya itu, kalian juga perlu mengatur sirkulasi udara dengan baik agar rumah menjadi tidak panas.

Baca Juga: 7 Bagian Rumah Adat Bali yang Memiliki Fungsi Filosofis

Pelana

Pernah melihat atap rumah pelana? Atau jangan-jangan atap rumah kalian memang dibuat dengan model pelana? Ya, pada dasarnya, atap pelana memang termasuk atap rumah yang paling banyak digunakan oleh masyarakat tanah air. Desainnya yang sederhana dan kuat sangat cocok untuk berbagai jenis rumah.

Model atap ini memiliki dua bidang miring di mana bagian ujungnya akan bertemu pada satu garis lurus. Orang-orang sering menyebutnya sebagai bumbungan. Adapun keunggulan dari menggunakan model atap rumah ini ialah kalian akan lebih mudah mengetahui jika terjadi kebocoran. Kemudian, atap pelana juga mampu menyerap panas dengan sangat baik sehingga pelana memang sangat bisa diandalkan untuk wilayah tropis. Adapun bagian tempat menampung air hujan disebut dengan teritis yang memiliki kemiringan sebesar 30 derajat serta terletak di bagian bawah atap.

Atap Grambel

Atap grambel termasuk jenis atap rumah yang juga digunakan di berbagai rumah tipe minimalis. Seperti halnya model atap pelana, atap grambel memiliki bagian kosong di bawahnya sehingga bisa dijadikan sebagai tempat kamar tidur tambahan ataupun ruangan lain. Untuk pembuatan atap grambel ini juga termasuk sederhana karena kalian hanya membutuhkan dua balok atap utama yang didukung oleh sambungan struktur atap lainnya. Modelnya yang unik kadang menjadi pusat perhatian banyak orang.

Atap Pelana Minimalis

Atap pelana minimalis juga menjadi favorit banyak orang saat ini. Modelnya yang memiliki kemiringan ekstrim di bagian sisinya membuat atap ini mampu mengalirkan air hujan ataupun salju dengan lancar tanpa menimbulkan genangan dan tumpukan di bagian atasnya.

Kelebihan lain dari atap pelana minimlis ini ialah kalian bisa memiliki ruang tambahan lagi. Karena memiliki atap miring di kedua sisinya maka kalian akan mendapatkan ruangan kosong yang bisa dijadikan kamar tidur ataupun loteng.

Baca Juga: Ciri-ciri Rumah Sehat yang Wajib Kamu Ketahui

Atap Miring

Atap rumah jenis ini juga termasuk unik. Tanpa perlu menggunakan jendela maka rumah kalian sudah bisa mendapatkan pencahayaan maksimal hanya dengan menggunakan atap miring ini. Pokoknya rumah kalian akan terasa lebih hangat dan nyaman.

Atap Piramida

Model piramida

Atap piramida juga sudah populer di tanah air. Banyak model rumah yang telah menggunakan atap piramida ini. Para arstitektur juga banyak merekomendasikan jenis atap piramida ini terlebih untuk rumah tipe sederhana dan kecil.

Atap Teras Rumah

Model atap rumah teras

Sama halnya model atap rumah piramida, atap teras rumah juga mulai banyak digunakan di berbagai rumah-rumah modern di Indonesia. Atap yang satu ini juga sangat cocok untuk kalian yang memiliki rumah bertingkat. Tampilannya yang sederhana tapi terlihat khas membuat banyak orang tertarik memiliki rumah dengan model atap teras rumah.

Desain Atap Minimalis Simpel

Model minimalis

Desain atap minimalis simple memiliki bentuk yang terlihat sama dengan atap teras rumah. Namun, yang membedakannya ialah bentuknya yang lebih sederhana. Bahan atap yang digunakan juga berbeda. Jika atap terbuat dari genteng maka atap akan lebih kuat dan lebih tahan lama.

Rumah Minimalis Atap Cor

Atap coran

Banyak rumah-rumah mewah yang juga memilih menggunakan rumh minimalis atap cor. Meksipun terlihat sederhana akan tetapi atap cor termasuk kuat loh. Bahannya yang terbuat dari campuran pasir, semen, dan bantuan tulang baja membuat atap cor ini sangat kokoh. Kemudian, atap cor ini juga bisa kalian gunakan untuk bersantai.

Atap sandar

Model atap rumah sandar

Jika kalian adalah penyuka rumah kontemporer yang unik dan elegant maka atap sandar adalah jenis atap yang sangat cocok untuk rumah kalian. Ciri khas dari atap ini ialah karena dipadukan dengan atap pelana serta tepi atas atap ini juga menempel dengan tembok vertikal.

Model baja ringan

Model atap rumah spandex

Model atap yang satu ini cukup sederhana. Bahan atapnya terbuat dari baja ringan yang merupakan produk pabrik. Karena terbuat dari baja maka atap ini memiliki daya tahan yang kuat dan kokoh. Keunggulan lain dari konstruksi baja ini ialah bahannya yang tetap bisa didaur ulang ketika tidak digunakan lagi.

Desain Atap Tenda

Model Atap rumah gaya tenda

Sesuai namanya yaitu atap tenda, jenis atap yang satu ini juga memang menyerupai tenda. Bentuknya yang persegi panjang di mana ukuran panjangnya sama dengan lebarnya akan memberikan tampilan yang luas dari atap ini.

Baca Juga: Ini Dia Pengertian dan Desain Rumah Tipe 36, Beserta Tips Agar Terlihat Lebih Luas

Model Atap Joglo

Model Atap Rumah Gaya Joglo

Rekomendasi model atap rumah yang terakhir untuk kalian ialah jenis model atap joglo. Bagi kalian yang suka dengan nuansa unik dan tradisional tentu suka dengan model atap joglo ini. Adapun bahan yang digunakan ialah dari kayu. Meskipun terlihat sederhana akan tetapi bahan yang digunakan sangatlah kuat dan mampu menyerap panas.

Nah, demikianlah kumpulan rekomendasi model atap rumah yang bisa menjadi referensi untuk kalian. Jika sedang berencana untuk membangun atau mungkin merenovasi rumah maka pastikan pula kalian memilih model atap yang sesuai dengan kebutuhan dan selera. Jangan lupa untuk menggunakan jenis atap dengan bahan yang kuat dan tahan lama.

Related posts

Mengintip Ciri Khas Gaya Rustic yang Sangat Cocok Untuk Rumah di Era Modern

8 Tanaman Hias Daun Terpopuler Untuk Menambah Keindahan Rumah

Mengenal 2 Jenis Rumah Adat Sulawesi Utara Yang Sangat Khas dan Unik

Leave a Comment