Image default
Lifestyle

12 Tips Dekorasi Kamar Tidur Sempit

Memiliki kamar tidur yang sempit memang agak tricky untuk mendekorasinya. Terlalu banyak menempatkan furniture malah akan membuat kamar jadi sesak dan ruang gerak yang semakin sedikit. Namun bukan berarti dekorasi kamar tidur sempit itu pasti membosankan dan tidak bisa dibuat menarik serta nyaman, ya. Karena, kamu juga bisa kok membuat kamar tidur tetap nyaman, sekalipun ukuran ruangannya tidak terlalu besar.

Ruangan yang jadi salah satu bagian penting di rumah, yaitu kamar tidur, memang sudah seharusnya dibuat senyaman mungkin, baik dalam soal desain dan juga dekorasi. Namun ini tidak bisa dilakukan sembarangan, terutama pada dekorasi kamar sempit. Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk membuat sebuah ruangan yang minimalis ini jadi nyaman dan seperti yang kamu inginkan.

Tips Dekorasi Kamar Tidur Sempit

Berikut ini adalah beberapa tips untuk membuat tampilan kamar tidur sempit tetap terlihat menarik dan nyaman:

1. Menggunakan warna-warna cerah

Tips Dekorasi Kamar dengan menggunakan cat berwarna terang

Mengakali kamar yang minimalis atau kecil bisa dengan penggunaan warna-warna cerah, baik untuk dinding, lantai, furniture serta warna seprai ataupun selimut. Warna-warna seperti kuning, pink, biru muda ataupun putih bisa jadi pilihan yang tepat.

Pemilihan warna-warna cerah ini akan memberikan kesan kamar yang tidak sumpek. Namun, tetap pastikan kalau kamu tidak menggunakan terlalu banyak warna dalam satu ruangan, ya, karena ini malah akan memberikan efek sebaliknya.

Kamu pun juga dapat mengkombinasikan warna-warna cerah dengan wallpaper motif yang juga punya warna senada. Tidak perlu mengaplikasikan wallpaper di keseluruhan dinding, kamu bisa hanya memilih satu area yang lebih kecil untuk penggunaan wallpaper.

Baca Juga: 5 Tips Desain Kamar Anak Perempuan yang Nyaman

2. Pilih furniture yang multifungsi

Memanfaatkan Furniture multifungsi

Karena ruangan yang ada tidak terlalu besar, tentu kamu harus pintar-pintar dalam memilih perabot untuk kamu letakkan di dalam kamar. Misalnya seperti menggunakan meja rias untuk nakas dekat kasur. Meletakkannya di dekat tempat tidur akan membuat kamu lebih mudah meletakkan dan mengambil barang-barang yang sering dipakai, seperti kacamata, handphone, gelas dan lainnya, tanpa harus beranjak dari kasur.

Selain itu, bila kamu meletakkan meja rias dan nakas secara terpisah, malah akan membuat kamar menjadi lebih sempit.

3. Memaksimalkan pencahayaan alami

Kamar tidur sempit perlu memanfaatkan cahaya alami

Memaksimalkan pencahayaan alami adalah suatu hal yang bisa kamu lakukan. Selain menghemat peletakkan barang-barang di kamar, kamu juga jadi lebih bisa menghemat biaya listrik. Misalnya, bila kamar memiliki jendela, biarkan cahaya matahari langsung masuk melalui jendela.

Namun bila kamar tidak memiliki jendela, kamu bisa menyiasatinya dengan penggunaan penerangan indirect atau tidak menyorot langsung. Jenis pencahayaan seperti ini akan membuat kamar jadi lebih nyaman, karena cahaya yang dihasilkan pun terbilang lebih lembut.

4. Penggunaan cermin di kamar

Kamar tidur sempit coba pasar cermin agar tampak luas

Mungkin kamu sudah sering mendengar tips dekorasi kamar tidur sempit satu ini, yaitu dengan menempatkan cermin di dalam kamar. Selain bisa dijadikan sarana untuk kamu bersiap-siap, cermin ternyata dapat membuat ilusi ruangan jadi terlihat lebih luas.

Kamu bisa memilih model dan bentuk cermin sesuai keinginan dan sesuai tema kamar tidur yang kamu miliki. Kemudian letakkan cermin dengan menggantungnya di atas tempat tidur, meletakkannya dengan menempel di dinding ataupun memanfaatkan cermin di pintu lemari, juga tidak masalah.

5. Memaksimalkan tempat penyimpanan di bawah ranjang ataupun di dinding

Manfaatkan penyimpanan bawah ranjang

Karena kamar tidur yang kamu miliki tidak terlalu besar, kamu dapat memaksimalkan tempat-tempat kosong di bagian kamar untuk dijadikan tempat penyimpanan, misalnya di bawah ranjang dan juga di dinding kamar.

Di bawah ranjang, kamu bisa meletakkan storage box ataupun membuat rangka tempat tidur yang memiliki laci di bagian bawahnya untuk tempat penyimpanan. Di dinding, kamu bisa menempelkan floating shelves atau rak melayang atau yang juga biasa dikenal sebagai rak dinding, agar lebih efisien dan tidak menghabiskan banyak tempat. Rak melayang ini bisa kamu tempatkan di atas tempat tidur ataupun di atas meja belajar.

6. Menggunakan furniture yang mudah dilipat

Menggunakan furniture mudah dilipat

Sekarang ini sudah banyak inovasi dalam furniture, di mana perabotan dibuat mudah dilipat, sehingga akan sangat cocok dipakai di area-area yang terbilang tidak terlalu besar. Misalnya seperti tempat tidur lipat ataupun meja lipat.

Dengan penggunaan furniture lipat ini, kamu bisa menyembunyikan perabotan ketika sedang tidak digunakan, sehingga akan membuat ruangan tidak sesak. Dan bisa kamu buka ketika kamu akan menggunakannya.

Baca Juga: Inspirasi Lukisan Dinding Kamar Anak Muda, Untuk Mempercantik Tampilan Kamar

7. Penggunaan pintu, jendela atau lemari geser

Manfaatkan lemari atau pintu geser

Karena ruangan tidak terlalu besar, tips dekorasi kamar tidur sempit sederhana berikutnya yang bisa kamu aplikasikan adalah penggunaan pintu, jendela ataupun lemari geser. Ini akan sangat memberikan ruang ekstra, terutama ketika kamu akan menutup dan membuka pintu, jendela atau lemari.

Bukan hanya bertujuan untuk menghemat ruangan, namun juga tipe geser seperti ini akan membuat kesan yang lebih modern pada kamarmu. Nah, kamu juga dapat menempatkan furniture lain di depan pintu ataupun jendela geser, bila memungkinkan.

8. Gunakan satu material yang dominan

Manfaatkan material yang dominan

Agar tampilan kamar dapat terlihat lebih senada dan nyaman, kamu bisa memilih dekorasi kamar tidur sempit dengan satu material saja yang dominan. Misalnya seperti pemilihan material kayu untuk setiap furniture ataupun lantai, dan hiasan lainnya. Dengan begini, setiap elemen di dalam kamar akan terlihat lebih menyatu dan sedap dipandang mata.

9. Memaksimalkan fungsi ruangan

Memanfaatkan spot kosong ruangan untuk mengakali kamar tidur sempit

Bila di kamar, kamu memiliki ruangan kosong, seperti di bagian-bagian sudut kamar ataupun dekat jendela, kamu dapat memaksimalkannya dengan baik. Misalnya, kamu bisa menjadikan area tersebut sebagai tempat duduk atau membaca buku, dengan menempatkan kursi dan meja yang sesuai.

Atau untuk membuat sudut tersebut lebih santai, kamu bisa meletakkan bean bag serta karpet bulu sebagai area bersantai.

10. Pemilihan tirai yang tepat

Kamar tidur sempit perlu tirai yang tepat

Bicara soal dekorasi kamar tidur sempit, berarti juga harus memastikan, jenis tirai yang kamu pakai pun sudah sesuai. Bukan hanya soal pemilihan warna, namun penempatannya juga harus tepat.

Warna tirai, bisa kamu pilih dengan warna-warna yang cerah, sebagaimana pemilihan cat ataupun furniture. Selain itu, kamu juga dapat memilih motif yang bergaris vertikal.

Untuk tempat peletakkannya, gantung tirai di sisi paling atas sampai tirai menjuntai ke lantai, sekalipun jendela yang kamu miliki berukuran kecil. Ini akan membuat ilusi langit-langit kamar yang terkesan lebih tinggi.

11. Hindari menggantung hiasan yang berukuran besar

Hindari penggunaan hiasan besar di kamar tidur sempit

Untuk kamar tidur yang sempit, sebisa mungkin kamu sebaiknya tidak menggunakan terlalu banyak hiasan, yang hanya akan membuat kamar menjadi terkesan penuh dan sumpek. Begitupun dengan ukuran hiasan yang terbilang besar.

Kamu bisa memilih hiasan berukuran kecil untuk menghias area kamar sesuai dengan tema yang kamu inginkan.

12. Menggunakan furniture custom

Menggunakan furniture custom untuk menyesuaikan kamar tidur sempit

Cara mendekorasi kamar tidur sempit yang terakhir adalah dengan menggunakan furniture yang kamu pesan sesuai dengan kondisi kamarmu atau yang kamu pesan secara custom. Dengan begini, kamu dapat memastikan segala furniture yang ada sudah sesuai fungsi, ukuran, model, warna dan lainnya.

Nah itu dia tips untuk dekorasi kamar tidur sempit, yang bisa kamu terapkan. Sekalipun ukuran ruangan kamar yang dimiliki tidak besar, namun bukan berarti kamu tidak dapat berkreasi untuk membuatnya menjadi indah, menarik dan nyaman untuk ditempati.

Related posts

Serba-Serbi Rumah Tusuk Sate, Dari Mitos, Fakta dan Tips Bila Ingin Membelinya

6 Ide Desain Ruang Keluarga, Mulai Dari Konsep Modern Sampai Klasik

Brand Vitamin dan Pupuk Terbaik untuk Tanaman

Leave a Comment