DIY

8 Tips Mengusir Semut di Rumah dengan Bahan Sederhana

Mengusir Semut Di Rumah

Keberadaan semut di setiap sudut rumah memang sering menganggu kenyamanan para penghuni rumah. Tak hanya menggigit, semut juga kadang berulah dengan membawa remah-remah makanan. Kalau sudah begini memang diperlukan cara yang paling ampuh untuk mengusir semut di rumah.

Obat nyamuk ataupun semprotan dengan bahan pestisida terkenal cukup ampuh untuk mengusir semut. Namun, penggunaan bahan kimia bisa memberikan dampak buruk loh untuk kesehatan apalagi jika terlalu sering digunakan. Oleh sebab itu, ada baiknya kamu menggunakan bahan-bahan alami saja untuk membasmi semut-semut ini. Mau tahu apa saja bahan-bahan alami yang dimaksud? Cek informasi selengkapnya pada artikel berikut.

1. Lada atau cabe bubuk

Lada atau cabe bubuk tak hanya berfungsi sebagai bumbu dapur. Kamu juga bisa menggunakan bahan alami yang satu ini untuk membasmi semut yang semakin membandel. Cukup dengan menaburkan bubuk lada atau cabe ini di sekitar area yang sering dikerumuni semut maka secara perlahan semut-semut ini pun akan kabur dengan sendirinya. Aroma dari lada dan cabe bubuk memang sangat tidak disukai oleh semut sehingga mereka akan kabur saat merasakan aromanya.

Baca Juga: 8 Tanaman Hias Daun Terpopuler Untuk Menambah Keindahan Rumah

2. Bubuk kayu manis

Bubuk Kayu Manis untuk mengusir semut di rumah

Bahan alami kedua yang bisa kamu gunakan untuk membasmi semut-semut membandel dari rumah kamu ialah dengan menggunakan bubuk kayu manis. Menurut beberapa penelitian, bubuk kayu manis memiliki konsentrat yang tinggi sehingga mampu membasmi semut. Meskipun belum teruji secara sempurna apakah kandungan ini yang membuat semut-semut tersebut menjauh akan tetapi tak ada salahnya untuk mencoba menggunakannya. Kamu hanya perlu menaburkan bubuk kayu manis ini di spot-spot yang sering dilalui oleh gerombolan semut-semut.

3. Tepung maizena (tepung jagung)

Tak hanya untuk membuat kue dan makanan lezat lainnya, ternyata tepung maizena juga ampuh mengusir semut di rumah loh. Untuk menggunakannya kamu cukup menaburkan tepung maizena ini di area dapur ataupun tempat lain yang selalu dikerumuni oleh semut. Beberapa orang juga menambahkan air di atas taburan tepung jagung ini agar lebih ampuh dalam membasmi semut.

4. Bubuk atau ampas kopi

Menggunakan Bubuk Ampas Kopi

Kalau tak memiliki lada bubuk atau bubuk kayu manis maka kamu bisa menggunakan bubuk kopi ataupun ampas kopi. Caranya juga mudah, kamu hanya perlu menaburkan bubuk dan ampas kopi ini di sekitar sarang semut.

Baca Juga: Terbukti Ampuh, 8 Cara Mengusir Lalat

5. Cuka

Selain beberapa bumbu dapur yang telah disebutkan di atas, beberapa orang juga mengandalkan cuka untuk membasmi semut-semut di rumah mereka. Cukup menaburkan cuka atau campuran larutan cuka dengan air di beberapa spot rumah kamu maka dijamin para gerombolan semut pasti akan kabur dengan sendirinya. Seperti yang diketahui bahwa aroma cuka pada dasarnya sangat tidak disukai oleh semut sehingga mereka lebih memilih untuk menghindarinya.

6. Pakai bedak tabur

Menggunakan Bedak Tabur untuk Mengusir Semut di Rumah

Kamu juga bisa memanfaatkan bedak tabur sebagai salah satu bahan sederhana untuk mengusir semut-semut yang membandel. Caranya juga cukup mudah, kamu cukup menyebarkan bedak tabur ini pada sarang semut ataupun tempat-tempat yang sering dilewati oleh semut. Menggunakan bedak tabur ini dikenal cukup ampuh dalam mengusir para semut, karena pada dasarnya semut tidak menyukai beragam jenis bubuk yang melekat pada tubuhnya termasuk bedak tabur.

7. Tea tree oil

Kehadiran tea tree oil juga cukup ampuh loh untuk mengusir semut-semut membandel di rumah kamu. Adapun cara menggunakannya ialah dengan mencampurkan sebanyak 5 hingga 10 tetes tea tree oil di dalam dua gelas air. Selanjutnya, kamu masukkan cairan tersebut ke dalam botol semprot. Kamu bisa menggunakan bola-bola kapas kecil lalu menyemprotnya menggunakan cairan tadi. Kemudian, taruhlah bola-bola kapas ini di setiap sudut yang sering dilewati oleh semut.

8. Minyak Peppermint

Minyak Peppermint

Selain tea tree oil kamu juga bisa memanfaatkan minya peppermint untuk membasmi semut maupun jenis serangga lainnya. Silahkan mencampurkan 10 hingga 20 tetes minyak peppermint ke dalam 2 gelas air lalu masukkan ke dalam botol semprot. Selanjutnya, kamu tinggal menyemprotkan cairan ini ke sarang semut ataupun area-area lainnya di sekitar rumah kamu.

Baca Juga: Inspirasi Lukisan Dinding Kamar Anak Muda, Untuk Mempercantik Tampilan Kamar

Bagaimana? Cukup mudah dan praktis bukan untuk menerapkan tips-tips mengusir semut di rumah ini? Tanpa perlu menggunakan cairan pestisida lagi maka kamu pun sudah bisa membasmi gerombolan semut-semut membandel di rumah kamu.

Related posts

Terbukti Ampuh, 8 Cara Mengusir Lalat

Risma Mualifa

Mengenal Spare Part Mesin Jahit dan Fungsinya

Rostina Alimuddin

5 Bunga Cantik untuk Dekorasi Halaman. Banyak Manfaatnya Juga, Lho!

Leave a Comment