DIY

4 Cara Membersihkan Alas Tiang Hingga Menghilangkan Bekasnya


Emkay Frizz happy Sour

Anda harus tahu cara membersihkan alas tiang dan menghilangkan bekas jika alas tiang putih Anda yang dulu cemerlang mulai terlihat sedikit kotor. Pada dasarnya, alas tiang (skirting board) adalah sentuhan akhir untuk setiap ruangan, dipasang di antara dinding bawah dan lantai.

Selain itu, alas tiang datang dalam berbagai bahan dan ketebalan untuk memberi aksen sempurna pada dinding apa pun serta merupakan tindak lanjut yang bagus setelah Anda mempelajari cara mengecat ruangan.

Selain estetis alas tiang juga melindungi dinding agar tidak terbentur atau rusak saat menggunakan salah satu penyedot debu terbaik. Namun, tidak peduli seberapa sering Anda membersihkan setiap ruangan di rumah Anda, alas tiang dapat dengan mudah terkena debu, kotoran, dan bekas lecet dari lalu lintas rumah tangga sehari-hari. 

Jadi, jika Anda ingin menjaga setiap bagian dinding Anda tetap bersih, berikut cara membersihkan alas tiang dan menghilangkan bekasnya.

Cara membersihkan alas tiang

Meskipun membersihkan alas tiang mungkin bukan pekerjaan yang paling mengasyikkan, ada beberapa cara mudah dan cepat untuk melakukannya. Berikut cara memulainya

1. Vakum alas tiang Anda

Pertama, vakum di sepanjang alas tiang menggunakan attachment alat celah. Ini akan menghilangkan debu, kotoran lepas atau bulu hewan peliharaan di permukaan.

Sebagai alternatif, Anda dapat menggunakan kain mikrofiber atau lembaran pengering seperti Bounce Dryer  untuk menyeka alas tiang Anda. Ini akan dengan mudah mengambil kotoran dan juga melapisi papan dengan kilau anti debu.

2. Buatlah larutan sabun dan air

Selanjutnya, isi ember atau wadah kecil dengan air hangat dan tambahkan beberapa tetes sabun cuci piring. Basahi spons lembut atau kain mikrofiber dengan air.

Peras airnya lalu gosok bagian pinggirnya sampai pinggirannya bersih dan tidak ada bekasnya. Berhati-hatilah untuk tidak merendam alas tiang karena dapat merusak cat atau bahkan dinding.

3. Menggunakan Cuka putih dan botol semprot

Sebagai alternatif, Anda bisa membuat cuka putih dan larutan air karena cuka putih adalah penghilang noda alami yang bagus. Cukup campurkan cuka putih 50/50 dengan air hangat sebelum membersihkan alas tiang dengan kain lembab.

Cari tahu apa yang membuat soda kue dan cuka putih begitu bagus untuk dibersihkan tetapi perhatikan bahwa ada beberapa hal yang tidak boleh Anda bersihkan dengan cuka putih untuk menghindari kerusakan.

4. Bilas dan biarkan alas tiang mengering

Setelah Anda membersihkan kotoran dan noda pada alas tiang maka gunakan kain atau lap yang dibasahi air bersih untuk membilas alas tiang. Lanjutkan sampai tidak ada sisa sabun dan biarkan mengering.

Untuk noda membandel, Anda bisa menggunakan penghapus ajaib untuk menghilangkannya. Penghapus ajaib Durafoam seperti ini Mr. Clean Magic Eraser yang pastinya dapat digunakan kembali dan harus menghilangkan bekas. Selain itu, ini bebas dari bahan kimia keras sehingga aman digunakan di sekitar anak-anak dan hewan peliharaan.

Seberapa sering Anda harus membersihkan alas tiang?

Namun, jika Anda memiliki anak kecil yang berlarian atau hewan peliharaan yang mengalami kerontokan rambut maka sebaiknya Anda harus membersihkannya lebih sering. Jika alas tiang Anda rentan terhadap kotoran setiap hari. Maka solusinya adalah membersihkan setiap dua minggu sekali.

Nah itu lah beberapa hal penting tentang bagaimana cara membersihkan alas tiang di rumah Anda. Pastikan Anda terus mengeceknya dan bersihkan dengan beberapa cara diatas agar alas tiang tetap bersih.


Emkay Blast Lite

Related posts

8 Panduan Tepat Agar Mesin Pencuci Piring Tetap Berfungsi

Rumi

Cara Membersihkan Nat Pada Lantai Kotor

admin

Cara Terbaik Membersihkan Talang Rumah

admin

Leave a Comment