Lifestyle

7 Tanaman Rambat Di Rumah Untuk Menambah Keasrian

Tanaman Rambat Di rumah Agar Lebih asri

Ingin rumahmu semakin indah dan terlihat menarik? Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan, salah satunya dengan menanam tanaman hias. Tanaman hias mampu memberikan tampilan rumah yang lebih cerah dan sejuk. Selain tanaman hias yang ditanam dalam pot, tanaman rambat di rumah juga bisa menjadi pilihan lain untuk menambah nuansa alam ke lingkungan rumah.

Tanaman rambat akan memenuhi halaman rumah dengan batang dan daunnya yang merambat sehingga sangat cocok untuk digunakan sebagai pembatas maupun penambah tekstur pada tampilan rumah. Biasanya tanaman ini ditanam pada pagar, pot, dan dinding yang kosong untuk menambah keasrian dekorasi rumah.

Baca Juga: 8 Tanaman Hias Daun Terpopuler Untuk Menambah Keindahan Rumah

Terdapat banyak pilihan spesies tanaman rambat dari mulai yang berbunga dan tidak berbunga. Untuk kamu yang tertarik menanam tanaman jenis ini, berikut 7 rekomendasi tanaman rambat yang cocok untuk menambah keasrian rumahmu:

Rekomendasi Tanaman Rambat Di Rumah

Morning Glory

tanaman rambat Di Rumah Jenis Morning Glory
Ilustrasi | Foto: Unsplash

Tanaman rambat ini punya dua pilihan warna indah pada bunganya, yaitu biru dongker dan ungu lembut. Bunga tanaman ini tumbuh merambat mengikuti daun dan batangnya sehingga sebelum menanamnya pada dinidng yang kosong, terlebih dahulu pasang media tanam berupa kayu pada dinding. 

Ternyata tanaman ini memiliki bentuk bunga yang mirip dengan bunga sayur kangkung loh! Hal tersebut dikarenakan tanaman Morning glory masih satu keluarga dengan sayur kangkung. 

Sirih Gading atau Devil’s Ivy

tanaman rambat Di rumah Sirih Gading
Devil Ivy | Foto: Unsplash

Tanaman sirih memang identik dengan tanaman yang tumbuh merambat. Meskipun lebih populer untuk dijadikan tanaman hias indoor yang digantung dalam pot, tanaman ini juga bisa ditumbuhkan secara alami pada pagar.

Sebagai tanaman hias indoor  kamu bisa menaruhnya dalam pot maupun vas yang diisi dengan air. Sirih gading termasuk tanaman hias yang cepat tumbuh meski tidak pernah diberi pupuk. Karakteristik daunnya yang berbentuk waru dengan gradasi warna hijau membuat tampilan rumahmu lebih alami.

Lew Kwan Yew

Bagi sebagian orang mungkin masih asing mendengar nama tanaman ini. Dari namanya saja seperti nama artis Taiwan ya, pasti kamu tidak menyangka jika ini merupakan nama tanaman rambat. 

Jenis tanaman rambat satu ini memiliki ciri khas rambatan yang menjuntai dan akarnya tidak ikut menempel pada dinding. Jadi, relative lebih aman karena akarnya tidak merusak permukaan tembok serta cat rumahmu. Selain itu, tanaman ini juga bisa tumbuh pada daerah panas maupun dingin.

Suplir

Suplir atau Maidenhair fern merupakan tanaman yang banyak ditemukan pada daerah lembab. Tanaman ini memiliki daun yang lebat karena bentuknya yang kecil, tipis, dan satu sama lain saling berbelit. 

Tanaman suplir dibedakan menjadi dua kelompok, yaitu suplir yang tumbuh tegak dan suplir yang tumbuh menjuntai. Untuk suplir yang tumbuh tegak bisa kamu tempatkan di area rumah, sedangkan suplir yang tumbuh menjuntai bisa ditanam dalam pot gantung

Air Mata Pengantin

Tanaman ini terlihat cantik dengan bunga khas yang berwarna merah muda. Bunga yang banyak ditanam pada pekarangan rumah ini memiliki laju pertumbuhan yang cepat. Air mata pengantin mampu tumbuh hingga mencapai 6 meter, bahkan di alam liar dapat mencapai 9-12 meter dalam waktu 2-5 tahun.

Lantaran daunnya yang rimbun, tanaman ini cocok sebagai penghias pada pagar, tiang, kanopi, maupun teralis rumah. Jika kamu memiliki gerbang rumah yang berbentuk melengkung, maka sangat cocok untuk ditanami dengan air mata pengantin.

Begonia Rex

Begonia Rex
begonia | Foto: Unsplash

Jika bosan dengan tanaman hias yang dominan berwarna hijau, Begonia rex bisa menjadi pilihan kamu. Tanaman Begonia memiliki daun berbentuk hati dan bercorak. Warna daunnya merah anggur dengan kombinasi guratan putih, batangnya pun juga memiliki warna yang serupa dengan daunnya.

Agar pertumbuhan tanaman maksimal, letakkan Begonia di ruangan yang tidak terkena sinar matahari langsung. Tanaman ini hidup pada tanah yang lembab sehingga pastikan untuk rutin menyiramnya.

Kembang Telang

Bunga telang atau yang secara ilmiah disebut dengan Clitoria ternatea merupakan tanaman hias dengan bunga berwarna biru dan ungu terang. Tanaman ini mampu tumbuh mencapai 3 meter dengan masing-masing rambatan batang sepanjang 30 cm – 2,5 meter.

Selain memperindah rumah, tanaman ini juga memiliki beragam manfaat lain, seperti sebagai obat tradisional, pewarna makanan, minuman penyegar, pewarna kosmetik, campuran insektisida ramah lingkungan, hingga campuran untuk pakan ternak.

Baca Juga: 5 Bunga Cantik untuk Dekorasi Halaman. Banyak Manfaatnya Juga, Lho!

Jadi, itu tadi pilihan tanaman hias untuk memperindah rumahmu. Lantaran mayoritas tanaman rambat cenderung tumbuh dengan cepat, maka kamu harus melakukan pemangkasan secara teratur dan mengatur letak pertumbuhannya agar rapi.

Related posts

8 Cara Hemat Listrik Berikut agar Tagihan tidak Gampang Membengkak

Rostina Alimuddin

7 Manfaat Berkebun untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

admin

Tidak Sulit, Inilah 4 Tanaman Sayur yang Cocok Ditanam Di Rumah!

Habibah Auni

Leave a Comment