Rumah

7 Tips dan Trik Memilih Warna Cat Rumah Minimalis

Memilih Warna Cat Rumah Minimalis

Menentukan warna cat rumah rumah seringkali adalah hal yang membuat pemilik rumah jadi sedikit kewalahan. Terutama pada rumah bernuansa minimalis yang dianggap hanya memiliki sedikit pilihan warna yang cocok untuk gaya rumah tersebut. Tapi, Anda bisa mengikuti tips dan trik berikut dalam memilih warna cat rumah minimalis yang cocok untuk hunian Anda.

Baca Juga: 8 Tips Ciptakan Taman Minimalis Depan Rumah, Tetap Indah Meski di Lahan Sempit

Cat rumah adalah salah satu elemen penting dalam menambah pesona sebuah hunian. Ini bisa jadi pelengkap konsep Anda dalam menghadirkan hunian nyaman. Warna-warna yang Anda pilih ini pun bisa memicu atmosfer dan mood tertentu dalam hunian. Nah, ini dia cara tepat bagi Anda untuk memilih warna cat rumah yang bagus untuk hunian nyaman versi Anda.

1. Pilih cat rumah berdasar mood

Warna cat rumah minimalis sesuai mood
Source: Haibunda.com

Pertama, Anda harus memilih cat rumah dengan mempertimbangkan suasana ruangan tersebut. Karena pastinya, setiap ruangan akan punya suasana yang berbeda, seperti misalnya suasana kamar tidur pasti berbeda dengan suasana ruang tamu. Jadi, warna untuk suasana tidur, pilihlah dengan warna-warna yang adem dan lembut.

2. Coba mulai di area rumah yang kecil

warna cat rumah minimalis di kamar mandi
Source: Bagikancontoh.blogspot.com

Anda bisa memulai mengecat dari area kecil di rumah Anda. Ini dilakukan bila Anda masih belum yakin dengan pilihan warna cat, jadi Anda bisa melakukan uji coba terlebih dulu di satu ruangan yang punya luas dinding tidak terlalu besar, seperti kamar mandi, dinding lorong di antara ruangan, ataupun dinding yang akan ditutupi wallpaper. Anda juga bisa memilih warna dasar yang senada dengan warna furniture di sekitar dinding, untuk meningkatkan aksen keindahan ruangan.

3. Pilih palet netral

Ruangan dengan warna-warna palet netral cenderung akan terlihat bersih dan juga rapi. Untuk warna cat rumah minimalis, warna-warna ini jugalah yang seringkali jadi pilihan, karena dirasa lebih sesuai dan tidak berlebihan, seperti namanya, minimalis. Kalau Anda tipe orang yang tidak ingin ribet memilih warna, pemilihan palet netral ini bisa jadi jawabannya.

4. Warna cerah untuk ruangan sempit

Anda bisa memilih warna-warna cerah untuk ruangan yang punya ukuran tidak terlalu luas. Namun pastikan untuk tidak memilih warna-warna yang terlalu terang atau mencolok, ya. Ini dilakukan untuk memberi kesan luas pada ruangan tersebut.

Baca Juga: 8 Rekomendasi Aplikasi Desain Rumah untuk Pengguna Android

5. Perhatikan pencahayaan

Perhatikan pilihan warna dengan pencahayaan yang berbeda-beda, misalnya ketika di pagi hari, siang ataupun malam. Pencahayaan alami dan juga jenis lampu bisa memengaruhi warna dinding ruangan. Jadi, sesuaikan warna dan juga pencahayaan ini dengan pemilihan furniture.

6. Menggunakan aturan 60-30-10 dan rule of three

Anda bisa membagi komponen warna dengan menggunakan rasio 60-30-10 ini. Jadi maksudnya adalah gunakan warna dominan sebesar 60% untuk dinding, warna kedua sekitar 30% untuk sofa atau meja ataupun furnitur lain, serta warna ketiga 10% sebagai dekorasi. Sedangkan rule of three maksudnya adalah membatasi pilihan warna cat supaya tidak lebih dari 3 pilihan, di setiap ruangannya. Karena bila terlalu banyak menggunakan warna, malah ruangan jadi terlihat terlalu ramai. Pastikan juga, memilih paduan warna yang cocok ya!

7. Pilihan warna-warna cat rumah minimalis

Memilih Warna Cat Rumah Minimalis
Source: Intiland.com

Anggapan kalau pilihan warna cat rumah minimalis itu hanya sedikit, adalah anggapan yang keliru, lho. Karena kenyataannya, untuk rumah bernuansa minimalis pun, ada banyak pilihan warna yang bisa membuat hunian Anda tampak cantik. Anda bisa memilih warna-warna netral seperti beige, grey, dan ivory, bisa juga warna navy blue, warna blush seperti merah muda, warna biru langit untuk area kamar, paduan warna mint dengan hijau lembut, warna peach, warna cokelat, warna hijau emerald, warna-warna monokromatik, ataupun warna putih dengan diberi aksen yang punya warna mencolok.

Nah, itu dia tips dan trik serta contoh warna cat rumah minimalis yang bisa Anda pilih untuk hunian Anda. Walaupun terbilang cukup merepotkan, tapi memilih warna cat untuk rumah bisa jadi hal yang sangat menyenangkan, lho. Apalagi Anda memilih untuk tempat tinggal Anda bersama keluarga nantinya, pastinya Anda akan memilih semuanya dengan baik untuk memberikan kenyamanan bagi orang-orang tersayang. Jadi, sudahkah Anda menentukan warna cat rumah pilihan Anda?

Related posts

Ciri-ciri Rumah Sehat yang Wajib Kamu Ketahui

8 Tanaman Hias Daun Terpopuler Untuk Menambah Keindahan Rumah

Mengenal 5 Jenis Rumah Adat Jawa Barat

Rostina Alimuddin

Leave a Comment