RumahTips

Jangan Salah Pilih Cat Tembok, Ini yang Harus Kamu Perhatikan


Emkay Frizz happy Sour

Untuk mempercantik interior & eksterior desain rumah, warna cat merupakan salah satu faktor yang paling penting dalam memberikan nuansa & estetik. Meskipun warna cat pada rumah merupakan selera masing-masing individu, namun salah dalam pemilihan perpaduan warna cat tentu akan memberikan dampak buruk yang cukup signifikan, bukan hanya dari sisi estetik juga dalam hal fungsi. Misal kamar Anak yang harusnya menggunakan warna soft atau ceria, kita ganti dengan warna merah pekat, dark atau hitam tentu  selain memberikan nuansa yang negatif juga akan memberikan dampak psikis pada si anak. Oleh sebab itu pemilihan warna cat ini tidak bisa asal menurut selera kita saja. Selain itu ada hal-hal yang harus kita perhatikan dalam memilih Cat untuk tembok rumah yang bagus. apa saja itu?

Tips Memilih Cat Tembok Rumah yang Bagus

1. Pemilihan Warna Yang Tepat

Sudah kita singgung sebelumnya warna yang dipilih menjadi faktor penting dalam memberikan nuansa pada rumah kita. Tinggal kita sesuaikan apakah yang menjadi keinginan kita, akan sesuai jika sudah diimplementasikan nanti. Saat ini sudah banyak aplikasi yang akan membantu kita dalam memvisualisasikan hasil akhir sesuai warna tembok yang kita ingin kan. Jadi disini kita bisa melihat apakah pilihan warna kita sudah tepat atau belum. Merk cat tembok saat ini banyak memiliki varian warna yang beragam. Minta masukan kepada orang terdekat atau jika perlu seorang ahli agar kita bisa mendapatkan banyak masukan dan hasil yang memuaskan.


Emkay Frizz Happy Sour

2. Pilih Cat Tembok Sesuai Jenis dan Tipe

Sebelum kita membeli pastikan cat yang kita beli sesuai dengan kebutuhan kita. Perhatikan juga dimana cat tersebut nanti akan diimplementasikan. Jika kita ingin merubah warna cat rumah pada sisi luar ruangan yang sering terpapar sinar matahari atau cipratan air hujan, pastikan cat yang kita beli mampu tahan dari kondisi tersebut. Atau jika kita ingin menggunakannya pada bagian dalam pastikan memilih cat tembok khusus interior yang sesuai.

3.Pertimbangkan Fitur Yang Terdapat Pada Cat Tembok

Saat ini teknologi semakin berkembang pesat bahkan hampir di semua sektor. Hal ini juga termasuk pada cat tembok rumah yang sekarang tidak hanya pada warna & tampilan akhir, kini juga memiliki banyak fitur seperti tahan terhadap cuaca, anti noda bahkan sekarang cat tembok juga memiliki fitu anti kuman/ bakteri. Umumnya banyak merk cat tembok yang sudah memiliki fitur unggulan tersebut dibanding cat tembok biasa. Memang harga yang ditawarkan sedikit lebih mahal jika dibanding cat tembok pada umumnya, namun hal tersebut sesuai dengan fitur yang ditawarkan yang bukan hanya bahasa iklan namun real bisa dibuktikan. Tinggal kita sesuaikan saja dengan kebutuhan kondisi rumah kita.


Emkay Blast Lite

4. Pertimbangkan Merk & Harga

Hal terakhir yang juga perlu dipertimbangkan adalah dari sisi Merk & harga. Memang umumnya harga berbanding lurus dengan kualitas. Pilih lah merk cat tembok yang sudah cukup dikenal & terpercaya. Karena memang saat ini banyak merk-merk cat tembok baru yang bermunculan yang tentu kualitasnya masih dipertanyakan. Namun tidak sedikit pula cat tembok yang memiliki harga lebih murah namun memiliki kualitas yang tidak jauh berbeda dari cat-cat ternama. Sesuaikan kondisi budget kita dengan RAB yang akan kita keluarkan untuk mendekorasi, merenovasi atau membangun rumah.

Kesimpulan

Itulah beberapa hal yang harus kita perhatikan dalam memilih cat untuk rumah kita. Jangan sampai salah dalam menentukan warna hingga cat yang ingin digunakan. Lihatlah banyak referensi – referensi dari luar bisa dari keluarga, teman, sosial media atau video youtube. Jika memang masih ragu kita bisa menggunakan jasa profesional untuk menangani hal ini. Memang akan menambah ekstra cost namun hasilnya akan sesuai dengan yang kita harapkan.


Emkay Blast Lite

Related posts

Pengin Punya Rumah Ala Korea? 6 Trik ini Bisa Jadi Referensimu Sejak Muda

admin

Intip 13 Ide Dekorasi Teras Rumah Paling Populer Di Tahun 2021

Rostina Alimuddin

Cara Dekorasi Kamar Dengan Foto

Rumi

Leave a Comment