Uncategorized

Jenis Rumah Split Level dan 5 Kelebihannya


Emkay Frizz happy Sour

Rumah split level merupakan salah satu jenis rumah yang memiliki ciri khas tersendiri dalam desainnya. Dibangun dengan memanfaatkan kemiringan lahan, rumah ini menawarkan keunikan tersendiri yang membedakannya dari rumah-rumah lainnya. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi jenis rumah split level beserta 5 kelebihannya yang membuatnya diminati oleh banyak orang.

baca juga: Menerapkan Desain Biofilik: Membuat Hunian Lebih Sejuk dan Nyaman

5 Kelebihan rumah split level

1. Desain yang Unik

Salah satu keunggulan utama dari rumah split level adalah desainnya yang unik. Dibandingkan dengan rumah tradisional dengan lantai yang sejajar, rumah split level memiliki lantai-lantai yang terbagi dalam beberapa tingkat yang terhubung dengan tangga. Hal ini menciptakan tampilan yang menarik dan memberikan karakteristik tersendiri pada rumah tersebut.

2. Memanfaatkan Kemiringan Lahan

Rumah split level didesain untuk memanfaatkan kemiringan lahan yang dimilikinya. Dengan membangun lantai-lantai pada tingkat yang berbeda, rumah ini dapat disesuaikan dengan kontur tanah yang miring. Hal ini tidak hanya menciptakan kesan visual yang menarik, tetapi juga dapat mengoptimalkan pemanfaatan lahan secara efisien.


Emkay Frizz Happy Sour

3. Ruang yang Terpisah Namun Terhubung

Salah satu kelebihan lain dari rumah split level adalah terciptanya ruang yang terpisah namun tetap terhubung dengan baik. Setiap tingkat biasanya memiliki fungsi ruang yang berbeda-beda, seperti ruang keluarga, ruang makan, dapur, dan kamar tidur. Meskipun terpisah, ruang-ruang tersebut tetap terhubung secara visual dan fungsional, menciptakan aliran yang lancar di dalam rumah.

4. Privasi yang Ditingkatkan

Dengan adanya tingkat-tingkat yang terpisah, rumah split level dapat meningkatkan tingkat privasi bagi penghuninya. Misalnya, area tidur dapat ditempatkan di tingkat yang lebih tinggi sementara area umum seperti ruang keluarga dan dapur berada di tingkat yang lebih rendah. Hal ini memungkinkan setiap anggota keluarga untuk memiliki ruang pribadi mereka sendiri tanpa mengorbankan keterhubungan antar ruangan.


Emkay Blast Lite

5. Pencahayaan Alami yang Optimal

Desain rumah split level juga memungkinkan pencahayaan alami yang optimal di setiap tingkat. Dengan berbagai tingkat yang terbuka, cahaya matahari dapat masuk ke dalam rumah dari berbagai arah, menciptakan suasana yang terang dan nyaman di dalam ruangan. Hal ini tidak hanya mengurangi ketergantungan pada penerangan buatan tetapi juga menciptakan lingkungan yang lebih sehat dan ramah lingkungan.

Kesimpulan

Dalam kesimpulan, rumah split level menawarkan desain yang unik, memanfaatkan kemiringan lahan secara efisien, menciptakan ruang yang terpisah namun terhubung dengan baik, meningkatkan tingkat privasi bagi penghuninya, dan memberikan pencahayaan alami yang optimal. Kombinasi dari kelebihan-kelebihan ini membuat rumah split level menjadi pilihan yang menarik bagi banyak orang yang mencari rumah dengan karakteristik yang istimewa dan fungsional.


Emkay Blast Lite

Leave a Comment