Image default
Tips

Cara Mengusir Kecoa Anti Gagal


Kecoa termasuk serangga kotor yang menjadi salah satu sumber kuman dan penyakit. Karena berkembang biak di area pembuangan air hingga di tempat sampah tak heran jika kecoa menjadi serangga yang sangat menjijikkan. Umumnya, terdapat beragam macam cara mengusir kecoa di rumah.

Anda bahkan bisa mengusir kecoa hanya dengan menggunakan bahan-bahan yang sudah tersedia di dapur.

Asam Borat

Cara yang yang pertama ialah dengan menggunakan asam borat. Asam borat sendiri saat ini sudah bisa dibeli secara online. Tak hanya kecoa, asam borat juga banyak digunakan untuk membasmi semut dan serangga lainnya yang cukup menganggu di rumah.

Saat menyemprotkan asam borat, pastikan area yang disemprotkan dalam keadaan kering. Pasalnya, lingkungan yang basah tidak efektif untuk penggunaan asam borat. Anda bisa menyemprotkan asam borat ke sarang kecoa secara langsung untuk hasil yang lebih efektif.

Baca Juga: Tagihan Membengkak, 15 Cara Menghemat Listrik Rumah Tangga

Mentimun

Cara mengusir kecoa selanjutnya ialah dengan menggunakan mentimun. Tak hanya mudah ditemukan, membasmi kecoa dengan mentimun juga cukup mudah yaitu hanya dengan mengiris mentimun ke dalam bentuk irisan-irisan kecil lalu meletakkannya di area kecoa sering memunculkan dirinya.

Anda juga bisa memasukkan potongan timun ke dalam kaleng aluminium kosong yang telah dibersihkan. Nantinya, aroma timun tersebut akan dihirup oleh kecoa dan membuat kecoa mati dengan sendirinya.

Soda Kue dan Gula

Bahan dapur berupa soda kue dan gula juga dikenal ampuh dalam mengusir kecoa di rumah Anda. Untuk mebasmi kecoa menggunakan kedua bahan ini Anda juga hanya perlu menyiapkan cangkir dan mangkuk.

Setelah itu, silahkan mencampur soda kue dan gula lalu taburkan di area kecoa sering terlihat. Anda juga bisa langsung menaburkannya pada sarang kecoa. Jika soda kue dan gula ini telah dicicipi oleh kecoa, mereka pun akan langsung tewas seketika.

Cairan Pelembut Pakaian

Ternyata cairan pelembut pakaian juga cukup ampuh dalam memberantas kecoa yang membandel loh. Anda hanya perlu menyiapkan pelembut pakaian, air serta botol semprotan.

Cara membuatnya juga cukup mudah. Pertama, Anda hanya perlu mencampurkan pelembut pakaian dengan air. Gunakan porsi tiga bagian untuk pelembut kain dan dua bagian untuk air.

Setelah itu, masukkanlah cairan yang telah tercampur tersebut ke dalam botol semprotan. Saat melihat kecoa berkeliaran di sekitar rumah, silahkan langsung menyemprotkan cairan yang satu ini. Karena kecoa memiliki sistem pernapasan melalui kulit maka saat kulit mereka mengenai cairan pelembut pakaian mereka pun akan langsung tercekik.

Daun Salam

Meskipun tidak sampai membunuh kecoa, akan tetapi menggunakan daun salam juga cukup ampuh dalam mengusir kecoa di dalam rumah. Kecoa umumnya sangat membenci aroma daun salam karena sangat menyengat di penciuman mereka.

Untuk mengusir kecoa dengan menggunakan daun salam silahkan menghancurkan segenggam daun salam dengan cara menumbuk atau menguleknya. Setelah hancur, silahkan menaburkan daun salam pada sarang kecoa.

Pastikan daun salam benar-benar hancur menjadi serbuk agar aromanya bisa benar-benar dicium oleh kecoak.

Kulit Lemon atau Jus Lemon

Selanjutnya, Anda juga bisa menggunakan kulit lemon ataupun jus lemon. Sama halnya dengan daun salam, kecoa juga tidak menyukai aroma dari kulit lemon. Tak heran jika banyak pembersih rumah menggunakan lemon sebagai bahan utamanya.

Untuk membasmi kecoa dengan menggunakan lemon, Anda cukup memeras air lemon kemudian memasukkannya ke dalam botol semprotan. Selanjutnya, semprotkanlah perasan jus lemon pada sarang kecoa di rumah Anda.

Cara lain yang bisa Anda lakukan ialah dengan menggiling kulit lemon lalu meletakkan kulit lemon di beberapa sudut rumah Anda.

Rutin Membersihkan Rumah

Source: www.happyfresh.id

Cara yang satu ini cukup sering diabaikan oleh banyak orang, padahal lingkungan rumah yang bersih adalah hal paling penting agar terhindar dari komplotan kecoa yang membandel.

Baca Juga: 8 Tips Ciptakan Taman Minimalis Depan Rumah, Tetap Indah Meski di Lahan Sempit

Jadi, selain menggunakan bahan-bahan alami atau bahan dapur, ada baiknya jika Anda juga rutin untuk menjaga kebersihan rumah. Pasalnya, kecoa adalah serangga yang hanya senang untuk hidup di lingkungan yang kotor dan busuk.

Jika kehadiran kecoa sudah sangat meresahkan di rumah Anda, silahkan menerapkan cara mengusir kecoa yang kami bagikan pada artikel ini. Selamat mencoba!


Related posts

9 Hal Yang Harus Dilakukan Saat Menemukan Pipa Rusak

Arif Darmaji

Cara Membangun Rumah Dengan Gaji 2 Juta

Rumi

Tips Cat Rumah Warna Putih

Rumi