Hukum

Syarat Membuat IMB Rumah dan Cara Mengurusnya Secara Online

Syarat Membuat IMB

IMB adalah kependekan dari Izin Mendirikan Bangunan, yang merupakan sebuah perizinan atau persetujuan yang dikeluarkan Kepala Daerah Setempat dan ini wajib dimiliki oleh mereka yang memiliki bangunan, baik yang ingin membangun, merobohkan, menambah ataupun mengurangi luas, dan juga merenovasi bangunan. IMB ini dibutuhkan untuk keabsahan bangunan terhadap lingkungan sekitar. Nah, apa sajakah syarat membuat IMB rumah dan juga cara mengurusnya?

Sebelumnya, Anda pun harus mengetahui fungsi IMB ini, yaitu untuk memberi perlindungan hukum, meningkatkan harga jual bangunan karena IMB adalah kelengkapan legalitas yang penting dari sebuah bangunan, IMB juga bisa dijadikan jaminan pengajuan kredit ke bank, dan IMB adalah sebagai syarat untuk mengubah HGB (Hak Guna Bangunan) menjadi SHM (Sertifikat Hak Milik). Karena itulah, pembuatan IMB ini memang penting untuk dilakukan.

Baca Juga: Cara Berbisnis Properti bagi Pemula, Menguntungkan!

Syarat Membuat IMB Rumah

Dokumen yang Harus Disiapkan Untuk Syarat Membuat IMB

Peraturan Izin Mendirikan Bangunan ini diatur dalam Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2001 tentang Pajak dan Retribusri Daerah. Umumnya, membuat IMB rumah tinggal tidaklah sulit. Anda perlu menyiapkan dokumen-dokumen penting berikut ini:

  1. Formulir Permohonan IMB.
  2. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) pemilik bangunan sebanyak 1 lembar. Bila pemohon berbadan hukum maka lampirkan akta pendirian usaha. Bila Anda tidak mengurusnya sendiri, maka Anda harus melampirkan surat kuasa dan dilengkapi fotokopi KTP.
  3. Fotokopi NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) pemilik bangunan.
  4. Fotokopi Syarat Bukti Kepemilikan Tanah.
  5. Untuk surat tanah, lampirkan pernyataan bahwa tanah yang dimiliki tersebut tidak dalam sengketa, dengan dilengkapi materai Rp 6.000.
  6. Fotokopi SIPPT (Surat Izin Penunjukan Penggunaan Tanah) untuk tanah yang luasnya di atas 5.000 m2.
  7. Gambar konstruksi bangunan minimal 7 set (denah rumah, tampak depan, samping, belakang dan juga rencana utilitas).
  8. Persetujuan tetangga bila bangunan berhimpitan dengan batas persil.
  9. Bukti pelunasan PBB terakhir.
  10. Surat perjanjian penggunaan lahan bila tanah bukan milik pemohon IMB.
  11. Melampirkan Surat Perintah Kerja (SPK) bila pembangunan dilakukan dengan sistem Borongan.
  12. Data hasil penyelidikan tanah untuk yang disyaratkan.
  13. Melampirkan IMB lama bila permohonan merubah ataupun menambah bangunan.

Membuat IMB

Cara Membuat IMB Online

Kini, membuat IMB bisa jadi lebih mudah dan cepat berkat adanya kemajuan teknologi, sehingga menghadirkan layanan digital pembuatan IMB secara online.

Bila Anda sudah menyiapkan syarat membuat IMB yang sudah disebutkan di atas, kemudian Anda dapat mengakses situs web Badan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPTSP) di daerah Anda. Bila Ana ingin mengurus IMB Jakarta, Anda dapat mengakses laman web Perizinan DKI Jakarta. Anda bisa mencari web BPTSP domisili Anda.

Lalu Anda harus mendaftarkan akun dengan cara mengisi identitas pribadi yaitu nama lengkap, tempat tanggal lahir, nama ibu kandung, alamat email, dan data lain yang dibutuhkan dalam pendaftaran akun.

Setelah pendaftaran akun, Anda dapat login menggunakan data yang sudah dibuat, kemudian pilih layanan IMB rumah tinggal atau untuk non-rumah tinggal. Lalu, Anda harus mengunggah dokumen yang dibutuhkan di atas. Pastikan koneksi internet yang Anda gunakan cukup stabil agar prosesnya bisa berjalan dengan lancar.

Setelah dokumen sudah diunggah, Anda akan diarahkan untuk membayar biaya retribusi yang bisa dilakukan di beragam pilihan bank, tergantung BPTSP di daerah Anda. Perhitungan biaya retribusi ini umumnya memerhatikan beberapa poin, seperti luas bangunan, indeks konstruksi, indeksi fungsi, indeks lokasi dan juga tarif dasar. Biaya pengurusan IMB biasanya paling sedikit yaitu sebesar Rp 2.500 per meter persegi.

Setelah melakukan pembayaran, Anda bisa melakukan scan bukti pembayaran dan mengunggahnya ke laman yang sama ketika Anda mendaftar. Pemberitahuan selanjutnya akan dikirimkan melalui email yang sudah Anda daftarkan.

Baca Juga: Fantastis! Ini Dia Deretan 5 Rumah Termewah di Dunia

Untuk cara membuat IMB online ini, umumnya penerbitan membutuhkan waktu sekitar 10 hingga 14 hari kerja.

Kesimpulan

Jadi, bila Anda sedang berencana akan membuat IMB, namun takut kesulitan dan juga bingung apa saja berkas atau dokumen yang harus disiapkan, maka artikel di atas tentunya bisa membantu Anda untuk menyiapkan segala hal yang dibutuhkan. Apalagi membuat IMB online pun sudah bisa dilakukan, sehingga akan semakin memudahkan Anda.

Related posts

Cara Membuat SHM Mudah dan Cepat

Leave a Comment