Budaya

Intip Beragam Keunikan Rumah Adat Di Indonesia!

Rumah adat di Indonesia

Kekayaan yang dimiliki oleh Indonesia tak hanya berupa lautan, pegunungan hingga beragam kulinernya. Rumah adat di Indonesia juga termasuk ke dalam kekayaan nusantara yang penuh akan nilai-nilai budaya dan sejarah.

Keberagaman rumah adat yang ada di tanah air ini juga dipengaruhi oleh banyaknya suku yang tersebar ke seluruh nusantara. Oleh sebab itu, setiap daerah memiliki rumah adat dengan ciri khasnya tersendiri. Nah, kalau kamu penasaran dengan jenis-jenis rumah adat paling populer dan paling unik di Indonesia maka silahkan menyimak ulasannya pada artikel berikut ini.

1.   Rumah Gadang

Rumah adat di Indonesia yang cukup populer

 

Rumah Gadang termasuk salah satu rumah adat yang sangat unik. Terkadang Rumah Gadang juga sering disebut sebagai rumah Bagonjong. Adapun keunikan rumah adat khas suku Minangkabau ini dapat kamu lihat dari bentuk atapnya yang melengkung dan memiliki sisi-sisi yang berujung runcing. Secara sekilas, ujung atap yang meruncing ini menyerupai tanduk kerbau.

Jika kamu berkunjung ke wilayah Sumatera Barat maka kamu akan sangat mudah menemukan rumah adat Gadang ini. Bahkan beberapa bangunan modern di wilayah Sumatera Barat pun mengadopsi unsur etnik dari rumah adat Gadang.

2. Rumah Joglo

Rumah Joglo, banyak orang Jawa yang mendedikasikan dirinya membangun Joglo

Rumah adat di Indonesia yang cukup unik dan populer oleh banyak lapisan masyarakat ialah rumah adat Joglo. Jenis rumah adat yang satu ini dapat kamu temukan di wilayah pulau Jawa. Bisa dibilang hampir semua masyarakat di wilayah Jawa termasuk Yogyakarta maupun Jawa Timur memiliki kediaman dengan arsitektur rumah adat Joglo. Tak hanya kediaman milik masyarakat saja, bangunan-bangunan pemerintahan pun juga sudah banyak yang dibangun dengan desain khas rumah adat Joglo ini.

Baca Juga: Mengenal Rumah Joglo Beserta 7 Jenisnya. Unik Banget!

3. Rumah Kebaya

 

Rumah adat Betawi, Bernama Rumah Kebaya atau Bapang
Source: Dzikrymh.blogspot.com

Rumah adat Kebaya merupakan rumah adat khas dari suku Betawi. Keunikan dari rumah adat Kebaya ini dapat kamu lihat dari bentuk lipatan-lipatannya. Untuk bisa menemukan rumah adat Kebaya ini maka kamu perlu berkunjung langsung ke wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.

4. Rumah Tongkonan

Rumah Adat di Indonesia, Tongkonan

Rumah adat Tongkonan merupakan salah satu rumah adat Sulawesi Selatan yang sangat populer hingga ke mancanegara. Banyak wisatawan yang berkunjung ke tanah Toraja karena penasaran dengan keunikan rumah adat Tongkonan ini.

Yang menjadi daya tarik dari rumah adat Tongkonan ini ialah terdapatnya deretan tanduk kerbau di bagian depannya. Semakin banyak tanduk kerbau yang terpasang di bagian depan rumah tersebut maka semakin tinggi pula status sosial penguninya. Keunikan dan keindahan lain dari rumah adat ini dapat terlihat dari banyaknya ukiran berupa hewan dan tanaman di sekitar dinding rumah.

5. Rumah Limas

Rumah Limas

Rumah adat selanjutnya ialah rumah adat Limas. Sesuai namanya, rumah adat ini memang berbentuk limas dengan bangunannya yang bertingkat-tingkat. Tingkatan pada rumah ini memiliki lima nilai filosofis yaitu usia, jenis, bakat, pangkat dan martabat.

6. Rumah Mandar

Rumah Mandar, salah satu rumah adat di Indonesia Timur

Rumah adat Mandar adalah rumah tradisional yang terdapat Sulawesi Barat. Desain rumah adat Mandar ini pada dasarnya hampir menyerupai rumah adat lainnya di wilayah Sulawesi yaitu dibangung dengan desain rumah panggung. Dinding rumah adat Mandar ini juga dibangun dengan menggunakan material papan di mana pada dinding-dinding tersebut juga memiliki beragam motif khas suku Mandar.

Baca Juga: Mengenal 2 Jenis Rumah Adat Sulawesi Utara Yang Sangat Khas dan Unik

7. Rumah Honai

Rumah Adat di Indonesia, Rumah Honai

Bisa dibilang rumah adat Honai yang berada di wilayah Papua ini adalah jenis rumah adat paling beda dan unik jika dibandingkan rumah adat lainnya di tanah air. Pasalnya, rumah adat Honai ini menyerupai kerucut dan dibangun menggunakan bahan jerami. Kemudian, rumah adat Honai juga dibedakan menjadi 3 kategori yaitu rumah untuk pria yaitu Honai, untuk wanita yaitu Ebei dan yang terakhir ialah untuk hewan ternak yaitu Wamai.

8. Rumah Adat Omo Sebua

Rumah Adat Omo Sebua

Sumatera Utara juga memiliki rumah adat tradisional yang disebut dengan Omo Sebua. Ciri khas dari rumah adat Omo Sebua ini adalah tiang-tiangnya yang besar serta terbuat dari material kayu dan besi. Berdasarkan sejarah, rumah adat ini dibuat khusus untuk memberikan perlindungan kepada para penghuniya saat terjadi perang suku pada zaman dahulu kala. Tak hanya itu saja, rumah adat ini juga aman dari goncangan gempa.

Demikianlah informasi tentang rumah adat di Indonesia ini. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi yang akurat untuk kamu.

Related posts

Ragam Rumah Adat Sumatera Utara

Risma Mualifa

Mengenal Berbagai Jenis Rumah Adat Jawa Timur Beserta Filosofinya

Leave a Comment