Properti

Ini Dia Pengertian dan Desain Rumah Tipe 36, Beserta Tips Agar Terlihat Lebih Luas

Rumah Tipe 36

Ukuran rumah yang dijual dan tersedia di Indonesia punya beberapa ukuran yang dibagi menjadi tipe-tipe tertentu, salah satunya adalah rumah tipe 36. Rumah tipe ini pun sering jadi pilihan bagi para pasangan yang baru memiliki rumah, karena ukurannya yang terbilang tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar.

Namun, masih banyak orang yang belum mengerti mengenai ukuran-ukuran rumah atau tipe rumah ini. Apalagi dari satu tipe, dibagi menjadi beberapa jenis lagi sesuai dengan ukuran tanah yang dimiliki rumah tersebut. Nah, untuk lebih memahaminya, Anda bisa membaca keseluruhan artikel di bawah ini.

Baca Juga: 8 Tipe Rumah Minimalis Sederhana untuk Milenial

Pengertian dan Jenis Rumah Tipe 36

Tipe 36 ini mempunyai artian bahwa rumah tersebut memiliki luas bangunan rumah seluas 36 meter persegi. Rumah ukuran seperti ini, umumnya di dalamnya terdiri dari 2 kamar tidur, dapur, satu atau dua kamar mandi, dan juga ruang tamu. Nah, karena spesifikasi seperti ini lah, banyak keluarga kecil ataupun pasangan muda yang memilih rumah tipe ini.

Rumah dengan tipe 36 ini pun dibagi lagi menjadi beberapa jenis dan sebutan, sesuai d engan luas tanah yang dimiliki rumah tersebut, seperti rumah tipe 36/60 dan 36/72, yang umum ada di Indonesia. Jadi bisa dibilang, luas bangunan rumah ini adalah 36 meter persegi. Namun bangunan ini berdiri di lahan dengan luas 60 meter persegi ataupun 72 persegi.

Harga Rumah Tipe 36

Rumah Tipe 36 minimalis
Source: Realestat.id

Setiap tahun, harga rumah umumnya mengalami kenaikan, begitupun rumah dengan tipe 36 ini. Kenaikan harga ini mengikuti harga tanah yang juga naik setiap tahunnya. Selain itu, harga rumah di tiap daerah tentu berbeda-beda, namun umumnya harga rumah tipe 36 ini berkisar Rp300 jutaan.

Desain Rumah Tipe 36

Walaupun ukurannya bisa dibilang tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar juga, tapi perencanaan pembangunan dan dekorasinya harus tetap dipikirkan secara matang. Ini bertujuan agar setiap ruangan yang ada di rumah tersebut bisa berfungsi dengan efisien dan juga optimal.

Berikut ini, ada beberapa inspirasi desain rumah type 36 yang bisa Anda terapkan di rumah impian Anda.

1. Desain sederhana

Desain rumah tipe 36
Source: Homeshabby.com

Desain rumah type 36 agar terlihat luas, disarankan dibangun dengan 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, 1 ruang tamu dan juga dapur. Buatlah ruangan dapur di bagian belakang dengan konsep dapur kotor, yang juga sekaligus bisa digunakan sebagai ruang makan terbuka. Dengan begitu, tampilan dalam rumah pun tidak terasa sesak dengan banyak ruangan.

2. Desain rumah dengan ruang tamu dan ruang keluarga yang terpisah

Tidak seperti desain sederhana yang sudah disebutkan sebelumnya, desain rumah yang satu ini dibuat dengan ruang tamu dan ruang keluarga yang terpisah. Momen bersama keluarga dan temanpun akan jadi lebih berkesan.

3. Rumah dengan teras

Rumah type 36 yang dibangun di atas tanah seluas 72 meter persegi, umumnya masih menyisakan sedikit ruang ekstra. Nah, kelebihan ruang ini bisa Anda jadikan sebagai teras sederhana. Anda bisa meletakkan meja dan kursi di teras untuk tempat duduk-duduk santai bersama keluarga.

Baca Juga: 7 Tipe Rumah Sederhana, Bisa Jadi Inspirasi untuk Hunian Keluarga Modern

4. Rumah dengan teras depan dan belakang

Walaupun tidak terlalu besar, namun rumah dengan type 36 ini juga bisa lho menerapkan adanya teras di bagian depan dan belakang rumah. Hunian pun akan jadi terasa lebih asri dan sejuk. Anda bisa membuat 2 ruang kamar tidur bersebelahan, dan menghadap ke ruang tamu serta ruang makan. Nah, tempatkan dapur dengan mengusung konsep dapur kotor di teras belakang yang terbuka.

5. Rumah 2 lantai

Rumah type 36 2 lantai ini bisa jadi solusi untuk memaksimalkan rumah berukuran 36 meter persegi ini. Anda bisa mendesain rumah dua lantai ini dengan total 3 kamar tidur, 2 kamar mandi (di lantai atas dan bawah), ruang tamu, dapur dan garasi. Di lantai atas, Anda juga bisa membuat sebuah ruang keluarga, balkon serta ruang hijau untuk bersantai.

6. Rumah konsep open space

Walaupun punya artian ruangan yang terbuka, namun tidak seluruh ruangan dalam rumah diharuskan terbuka kok dalam konsep ini. Jadi, kamu bisa menerapkan konsep ini dengan membuat kamar tidur berjejer di satu sisi bagian rumah, di sisi lainnya dibuat dapur dan kamar mandi, lalu di bagian tengahnya kamu bisa aplikasikan konsep open space, sehingga ruang tamu dan ruang keluarga tidak memiliki pembatas, dan dapat terlihat dari pintu masuk.

Tips Desain Rumah Tipe 36 Agar Terlihat Luas

Penataan interior rumah adalah hal yang penting untuk menciptakan hunian yang tampak lebih lapang, sekalipun dengan ukuran yang terbatas. Berikut ini adalah beberapa tips desain rumah type 36 agar terlihat luas.

  • Sebisa mungkin kurangi menggunakan furnitur-furnitur yang berlebihan, yang malah membuat ruangan jadi terkesan sempit dan sumpek. Anda bisa mengakalinya dengan menggunakan furnitur yang bisa dipasang menempel di dinding. Pastikan kalau lantai bebas dari perabot yang terlalu banyak, sehingga ruangan pun akan terkesan lebih lega. Anda juga bisa memilih penggunaan lampu ruangan yang berada di dinding atau langit-langit, dibanding memakai lampu berdiri di lantai.
  • Karena ukurannya yang tidak terlalu luas dan ruangan-ruangannya pun tidak terlalu besar, seringkali rumah ukuran ini terkesan lebih gelap, karena jendela yang kecil serta pencahayaan alami yang jadi terbatas. Untuk solusinya, Anda bisa menambah sumber cahaya di setiap ruangan, dan pilih lampu yang cahaya tidak redup namun tidak juga terlalu terang.
  • Karena terbatas dalam menampung barang-barang, maka Anda harus selektif dan memilih-milih ketika ingin menambahkan apapun di rumah. Anda bisa meletakkan cermin sebagai hiasan, untuk memberi efek lebih luas di ruangan tersebut. Selain itu, pilihlah warna yang tidak terlalu banyak, baik untuk warna ruangan, furnitur dan barang-barang pendukung lainnya.
  • Tahukah Anda, ternyata menempatkan furnitur menempel dengan dinding malah memberi ruangan kesan lebih sempit karena terlihat berdempetan. Sebaiknya, bila memungkinkan, sisakan ruang kosong di antara furnitur dan juga dinding sehingga memberi kesan lebih lega.

Penutup

Dari penjelasan di atas, mulai dari pengertian, harga, desain dan juga tips untuk rumah type 36 ini, bukan hal yang tidak mungkin untuk menjadikan hunian Anda lebih nyaman untuk ditempati. Yang pasti, sebisa mungkin buatlah hunian Anda tidak terkesan sempit dan gelap, agar Anda pun merasa nyaman di dalamnya.

Desain yang tepat untuk rumah Anda, bisa Anda tentukan sendiri sesuai dengan kebutuhan Anda dan juga keluarga. Anda juga bisa meminta bantuan ahli untuk membuat denah yang tepat untuk tempat tinggal Anda dan keluarga. Selain itu, Anda bisa memilih interior yang sesuai dengan keinginan Anda untuk mewujudkan hunian impian Anda. Yang terakhir, pastikan rumah Anda memiliki lahan hijau untuk menambah kesejukan di rumah, ya!

Related posts

7 Tren Warna Cat Rumah di Tahun 2021, Rumah Jadi Terlihat Kekinian

Risma Mualifa

Ini Ide Halaman Belakang Rumah Cantik dan Nyaman Beserta Tips Membuatnya

Leave a Comment