Image default
Lifestyle

Cara Mengatasi Insomnia Pada Remaja

Masa remaja memang masa yang bisa dikatakan ingin coba-coba atau ingin mengetahui segala hal. Dengan kata lain mereka masih labil dan bingung untuk menentukan masa depan mereka. Apalagi di dunia internet saat ini mereka lebih banyak menghabiskan waktu untuk internet mulai dari bermain game, browsing mencari info terupdate hingga belajar. Nah disinilah penyakit itu muncul yaitu insomnia, lalu bagaimana cara mengatasi insomnia pada remaja ?

Walaupun memang sebagai remaja memiliki fisik dan tubuh yang sehat dan kuat. Tetapi hidup sehat tetap harus diutamakan agar terhindar dari penyakit dan yang lainnya. Dengan kata lain Orang tua juga perlu mengawasi, bila perlu beri mereka pengertian ataupun penjelasan mengenai insomnia ini.

Berikut ini adalah cara mengatasi insomnia pada remaja,

1. Diagnosa

Jika memang Anda sebagai remaja sudah sering merasakan sulit tidur ataupun gangguan tidur yang lainnya. Sebaiknya Anda langsung berkonsultasi ke dokter saja. Hal ini akan memudahkan Anda untuk melihat seberapa lama Anda tidur dalam sehari, gangguan apa yang membuat Anda insomnia, mengukur tingkat oksigen darah, jantung dan yang lainnya.

2. Suplemen

Cara selanjutnya adalah dengan memberikan suplemen melatonin kepada remaja. Walaupun begitu Anda sebagai remaja atau ditemani orang perlu juga pergi ke dokter untuk memeriksa apakah suplemen ini cocok. Melatonoin ini sendiri hormon tidur yang berasal dari tubuh secara alami atau sudah di produksi oleh tubuh.

3. Pengobatan Alami

Jika masih belum sembuh maka cara selanjutnya adalah dengan memberikan pengobatan secara alami

  • Kantung berisi bunga

Letakkan bunga lavender, bunga chamomile kering dan kuntum mawar di tempat kamar tidur Anda agar aroma tercium dan memberikan kenyaman untuk tidur.

  • Teh chamomile

Secangkir teh chamomile ini berguna untuk mendorong tidur Anda lebih lelap.

  • Mandi air hangat dengan tetesan minyak beraroma menenangkan

Dengan mandi air hangat yang dibantu oleh aroma yang menenangkan akan membuat Anda lebih mudah tidur. Berikan beberapa tetes saja minyak beraroma ke dalam bak mandi yang sudah di isi air hangat

  • Susu coklat hangat

Susu yang dicampur dengan bubuk cokelat bila diminum dalam kondisi hangat akan memberikan ketenangan untuk anak.

Baca Juga : Tips mendesain kamar anak perempuan agar tidak insomnia 

Sebagai Penutup

Perlu diketahui insomnia saat ini mudah sekali terjangkit oleh siapapun dengan pola hidup yang sehat. Namun untuk saat ini remaja lah yang lebih rentan karena sudah mengenal gadget, mengerjakan tugas kuliah, sekolah atau bahkan untuk bermain game. Hal itu beberapa faktor yang membuat mereka bisa insomnia. Silahkan ikuti langkah – langkah tersebut untuk mengatasi insomnia terutama pada remaja.

Related posts

6 Ide Desain Ruang Keluarga, Mulai Dari Konsep Modern Sampai Klasik

Brand Vitamin dan Pupuk Terbaik untuk Tanaman

7 Tanaman Rambat Di Rumah Untuk Menambah Keasrian

admin

Leave a Comment