Image default
Rumah

Cara Memperbaiki Lantai Vinyl Semua Jenis

Saat ini banyak sekali orang yang lebih memilih lantai vinyl SPC flooring karena lebih menawan dan indah dengan berbagai tipe dan jenis. Mulai dari keramik, kayu, batu granit dan bahan vinyl. Walaupun begitu setiap jenis dan tipe memilih keawetannya. Jika terjadi kerusakan bagaimana cara memperbaiki lantai vinyl.

Nah salah satu masalah yang biasanya terjadi pada beberapa model lantai adalah munculnya gelembung pada lantai. Setelah lantai menggelembung pastinya akan terangkat dan Anda bisa melihat bagian dasar lantai. Hampir semua jenis lantai memiliki masalah yang sama yang menggelembung.

Berikut ini cara memperbaiki lantai menggelembung sesuai tipe dan jenis lantainya.

1. Lantai keramik

Keramik saat ini menjadi pilihan yang paling banyak digunakan untuk lantai pada rumah. Selain itu ukuran, motif dan warna juga bervariasi dan bisa digunakan untuk ruang tamu, ruang keluarga, dapur dll. Selain itu juga keramik ini sendiri juga dapat diaplikasikan di dinding. Walaupun begitu perlu diketahui bahwa lantai tersebut juga bisa rusak dan bisa terangkat.

Berikut ini caranya mengatasinya,

  • Siapkan seluruh perlengkapan yang hendak digunakan untuk mengangkut keramik lama ataupun memasang keramik baru.
  • Cobalah mengangkut keramik dengan perlahan pada bagian yang menggelembung. Jalani dengan hati- hati supaya keramik tidak rusak.
  • Setelah keramik terangkat seluruhnya, maka cobalah membuat lubang di bagian tersebut dengan kedalaman dekat 10 centimeter. Berikutnya isikan lubang tersebut dengan kerikil yang ukurannya lembut.
  • Sehabis itu cobalah memasang keramik lagi yang cocok dengan posisi serta motifnya.
  • Perlu diingat jangan sampai lupa dan terlewat untuk memasang pada isi nat di dekat rongga keramik agar keramik melekat dengan kokoh.

2. Lantai kayu

Tidak sedikit rumah yang terbuat dari kayu mulai dari gaya minimalis hingga modern. Lantai kayu sendiri juga memiliki nilai dan unsur klasik selain itu memasang kayu pada rumah juga lebih mudah. Walaupun membuat lantai dengan berbahan dasar kayu tetapi lantai tersebut juga bisa rusak atau menggelembung.

Berikut cara mengatasinya,

  • Bor bagian lantai kayu yang menggelembung dengan bor listrik pada bagian tengah lantai kayu. Setelah itu angkat kembali papan kayu yang menggelembung tadi.
  • Ukur kedalaman lantai kayu dengan memasukkan paku yang telah dilubangi tadi serta tandai pada paku.
  • Masukkan bahan lem kayu spesial ke dalam perlengkapan suntikan setelah itu isikan pada lubang yang telah ditandai dengan paku tersebut.
  • Terakhir pasang kembali lantai kayu tersebut ke tempatnya.

3. Lantai vinyl

Selain lantai kayu dan keramik, lantai vinyl ini juga bisa jadi pilihan untuk konsep rumah Anda. Keuntungannya adalah praktis, murah dan lebih mudah di maintenance. Bisa diganti kapan saja. Walaupun begitu masalah menggelembung pada lantai vinyl juga bisa terjadi.

Berikut ini cara mengatasinya,

  • Bila gelembung berdimensi kecil maka cobalah menusuk bagian gelembung tersebut dengan jarum yang kecil. Maka setelah itu dibagian dasar gelembung lenyap.
  • Anda pula dapat menyelimuti bagian vinyl yang menggelembung dengan handuk setelah itu pakai setrika panas pada handuk tersebut. Metode ini berfungsi untuk memanaskan bahan vynil sehingga gelembung lenyap serta lantai tampak rata.
  • Bila gelembung senantiasa timbul di zona yang sama hingga cobalah dibuat menumpuk bagian tersebut dengan barang yang berat semacam tumpukan novel.

Memahami Pemicu Lantai Menggelembung

Pada dasarnya sebagian bahan lantai semacam keramik, kayu, papan, serta bahan vynil memanglah mempunyai kelebihan serta kekurangan. Tetapi permasalahan yang jelas dari bermacam tipe bahan lantai ini terdapat pada bagian lantai yang menggelembung. Oleh karena itu terdapat sebagian pemicu bawah yang membuat lantai menggelembung ialah:

  • Kesalahan aplikasi material lantai. Pada dasarnya tiap tipe lantai mempunyai model ataupun metode pemasangan yang berbeda.
  • Terserang air. Lantai yang terserang air terus menerus dapat menggelembung. Apalagi ini pula dapat terjalin pada lantai kayu serta bahan vinyl.
  • Pergantian cuaca. Terdapatnya sebagian pergantian cuaca baik dari masa hujan ke masa kemarau pula hendak menimbulkan lantai menggelembung.
  • Permasalahan kontur tanah. Kontur tanah pula dapat jadi tolak ukur apakah lantai rumah dapat kokoh ataupun tidak.
  • Keadaan alam. Di wilayah yang mempunyai getaran besar ataupun tidak. Perihal ini pula kerap terjadi pada kawasan yang ramai semacam stasiun, halaman kota serta halte.

Baca Juga : Kelebihan dan kekurangan SPC 

Kesimpulan

Nah itu adalah beberapa tips dan cara memperbaiki lantai vinyl yang menggelembung. Anda bisa ikuti cara ini agar lantai rumah Anda tetap aman dan lebih awet. Sehingga rumah Anda tetap baik dan tidak membuang cost untuk memperbaikinya.

 

Related posts

Cara Ampuh dan Efektif Membasmi Cacing Di Kamar Mandi

Tips Cat Rumah Warna Putih

Rumi

6 Inpirasi Rumah Mewah Bergaya Minimalis, Cocok untuk Pasangan Muda

Risma Mualifa

Leave a Comment