Rumah

8 Rekomendasi Aplikasi Desain Rumah untuk Pengguna Android

Setiap orang pasti memiliki gambaran tentang rumah idaman. Untuk mewujudkannya, diperlukan desain yang akan memudahkan dalam perencanaannya. Namun perencanaan bangunan yang tepat hanya bisa dikerjakan oleh tenaga ahli. Sementara tidak semua orang bisa membayar tenaga ahli untuk mendesain rumah impiannya. Sekarang kendala tersebut bukan lagi menjadi masalah sejak ada banyak aplikasi desain rumah.

Dengan aplikasi khusus untuk mendesain rumah, seseorang bisa berkreasi dengan rancangan sesuai keinginan. Apalagi aplikasi tersebut bisa diakses melalui ponsel pintar dengan sistem operasi Android. Tentunya ini akan sangat berguna untuk merencanakan desain rumah dengan lebih mudah dan praktis. Berikut adalah sederet aplikasi bermanfaat untuk bantu mendesain rumah khusus pengguna Android.

Baca Juga: 8 Tips Ciptakan Taman Minimalis Depan Rumah, Tetap Indah Meski di Lahan Sempit

1. Planner 5D

Aplikasi desain rumah bernama Planner 5D menampilkan bentuk desain rumah dalam dua mode, yaitu mode dua dimensi dan tiga dimensi. Dengan dua tampilan itu, desain rumah akan terlihat lebih nyata. Pengalaman mendesain sendiri rumah impian akan lebih menyenangkan dengan berbagai fitur yang tersedia. Memang aplikasi ini tidak menyediakan fitur desain rumah secara lebih detail, namun Planner 5D sangat direkomendasikan untuk pengguna Android terutama yang memori penyimpanannya tidak terlalu besar.

2. Houzz

Kalau menginginkan konsep rumah secara langsung, Houzz bisa dijadikan pilihan. Aplikasi desain interior ini menyediakan database foto desain interior yang bisa dijadikan inspirasi. Aplikasi Houzz juga terhubung dengan jasa konsultasi dan toko furniture sehingga pengguna bisa mendapatkan layanan yang lebih maksimal. Hasil dari rancangan desain interior bahkan bisa disimpak ke galeri.

3. Floor Plan Creator

Aplikasi Floor Plan Creator menghadirkan rancangan desain rumah sudut pandang atas. Dengan kata lain, aplikasi desain rumah ini menghasilkan desain dalam bentuk denah. Keberadaan fitur 3D Tour Mode pada aplikasi ini menjadi satu hal yang menarik. Pasalnya dengan fitur tersebut pengguna dapat menjelajahi desain ruangan yang telah dibuatnya. Fitur tersebut membuat pengguna bisa merasakan pengalaman seolah benar-benar berada di rumah impiannya.

4. Design Home

Kebanyakan aplikasi untuk mendesain rumah dibuat untuk pengguna yang menginginkan bangunan bergaya minimalis, sebagaimana yang tengah menjadi tren sekarang ini. Namun konsep berbeda ditawarkan oleh Design Home, aplikasi yang bisa menghasilkan desain rumah bergaya mewah. Selain mendesain bentuk rumah, pengguna dapat memilih berbagai perabot dan aksesoris mewah untuk ditempatkan pada ruangan yang dirancangnya.

5. Home Design 3D

Dengan aplikasi desain rumah ini, pengguna dapat mengatur denah ruangan lengkap dengan desain interior dan eksterior, pola lantai hingga warna dinding sesuai seleranya. Desain yang dibuat akan ditampilkan dalam mode dua dimensi dan tiga dimensi. Karena bisa menghasilkan desain yang cukup detail, aplikasi Home Design 3D ini juga bisa digunakan untuk merancang tampilan apartemen. Untuk bisa menggunakan semua fiturnya secara lengkap, pengguna harus terlebih dahulu beralih ke akun premium.

6. House Plan Design

Aplikasi House Plan Design akan memberikan pengalaman merancang rumah seperti seorang arsitek berpengalaman. Aplikasi desain rumah ini mampu menghasilkan desain yang sangat detail, mulai dari bagian interior hingga eksterior. Fitur-fitur yang tersedia sangat mudah digunakan termasuk untuk pengguna yang belum banyak pengalaman dalam bidang ini. Tersedia pula puluhan template desain rumah yang bisa dimodifikasi.

7. Room Planner

Seperti namanya, aplikasi ini menjadi pilihan bagi pengguna Android yang ingin mendesain bagian dalam ruangan atau interior rumah. Menariknya, setiap desain yang dibuat bisa menampilkan detail hingga yang terkecil. Room Planner yang merupakan aplikasi desain interior dari IKEA ini bisa mendesain penempatan furniture di dalam ruangan, seperti lemari dan tempat tidur. Pola lantai hingga wallpaper dinding pun bisa dibuat sesuai selera pengguna.

8. Roomstyler 3D Home Planner

Dilengkapi dengan video tutorial, aplikasi Roomstyler 3D Home Planner akan mengurangi kebingungan pengguna saat mengoperasikannya. Aplikasi ini cocok untuk mendesain rumah dengan rancangan yang lebih rumit. Setiap detail rancangannya akan ditampilkan dengan jelas sehingga pengguna bisa mendapatkan gambaran desain rumah yang lebih nyata.

Kedelapan aplikasi desain rumah di atas bisa menjadi pilihan untuk merancang rumah sesuai keinginan. Semuanya bisa diakses dengan mudah melalui perangkat Android dan cara penggunaannya pun tidak sulit. Aplikasi-aplikasi tersebut membantu mewujudkan rancangan rumah idaman dengan lebih mudah dan praktis.

Related posts

Mengenal Rumah Joglo Beserta 7 Jenisnya. Unik Banget!

8 Tips Ciptakan Taman Minimalis Depan Rumah, Tetap Indah Meski di Lahan Sempit

Risma Mualifa

Punya Rumah Baru? Daftar Perabot Rumah Tangga yang Harus Dibeli