Lifestyle

7 Manfaat Berkebun untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Ada banyak manfaat berkebun untuk keluarga

Berkebun menjadi hal yang menyenangkan bagi yang menyukainya. Bagi kamu yang mempunyai halaman rumah cukup besar, ini tentu dapat dimanfaatkan dengan menanam berbagai macam tanaman, seperti sayur mayur, buah-buahan, dan berbagai tanaman bunga. Tapi, tahukah kamu, kalau ada manfaat berkebun untuk kesehatan tubuh?

Manfaat Berkebun untuk kesehatan yang harus kalian tahu
Source: https://www.goodhousekeeping.com/

Selain mempercantik halaman rumah, dengan berkebun, kamu juga bisa mendapatkan hasil panennya, sehingga tidak perlu membelinya lagi. Hal ini tentu lebih menghemat uang belanja.

Kira-kira apa saja manfaatnya ya? Yuk, kita lihat 7 manfaat berkebun bagi kesehatan.

Manfaat Berkebun untuk Kesehatan

1. Menurunkan Berat Badan

Percaya atau tidak, berkebun selama 30 menit dalam beberapa kali seminggu dapat membakar kalori dan menurunkan berat badan. Faktanya, National Institute of Health menyatakan, beraktivitas selama 30-45 menit dapat menurunkan obesitas. Kegiatan berkebun dapat membakar kalori, seperti menggali lubang, memindahkan tanah dan menanam. Ketika berkebun, perempuan dapat membakar kalori sekitar 135-156 kalori, sedangkan pria akan membakar 177-195 kalori.

2. Membangun Kekuatan Otot

Bukan hal yang mudah untuk mengangkat dan memindahkan pot dari satu sisi ke sisi yang lain agar dapat tertata rapi. Untuk itu, dengan melakukan ini, tubuh dapat membangun kekuatan otot dalam mengangkat pot untuk dipindahkan. Selain itu, kamu juga menyekop tanah ke dalam pot beberapa kali hingga penuh atau menggeruk tanah, mengumpulkan sisa dedaunan untuk dicampurkan dengan tanah tersebut. Hal ini tentu membuat tangan lebih banyak bergerak melakukan aktivitas.

Baca Juga: 8 Rekomendasi Aplikasi Desain Rumah untuk Pengguna Android

3. Menjaga Kelenturan Tubuh

Semakin berumur, tentu tubuh semakin kehilangan kelanturan, kekuatan sendi, mempunyai tekanan darah tinggi, kolesterol, bahkan osteoporosis, dan penyakit jantung. Namun, hal ini bisa diatasi dengan cara berkebun setiap hari. Dengan berkebun, otot-otot tangan dan kaki akan bergerak lebih banyak, seperti menyapu perkebunan yang bisa membantu persendian kamu. Lalu menekuk dan berjongkok secara terus menerus seperti merapikan tanaman, dapat membantu fleksibelitas sendi. Terapi berkebun atau terapi hortikultura ini sangat banyak membantu orang tua dan yang memiliki penyakit mental untuk lebih sehat.

4. Membantu Mengurangi Stress

Percaya atau tidak, berkebun dapat mengurangi stress bagi penderitanya, mengapa? Karena sebagian orang bisa bahagia dengan melihat hamparan hijau yang luas dan ditumbuhi berbagai macam bunga berwarna warni. Berkebun juga bermanfaat dalam penyembuhan emosional yang bisa membantu menenangkan pikiran dan tubuh. Hal ini dikarenakan aroma khas tanaman yang bisa membuat pikiran lebih tenang. Contohnya, aroma bunga mawar yang sangat menenangkan hati dan pikiran.

5. Perasaan Puas

Melihat tanaman yang indah, terutama pada kebun sendiri pasti memberikan kepuasan di dalam diri kamu. Hal ini dapat membuat diri bahagia dan menghilangkan stress, sehingga dapat tidur nyenyak di malam hari. Dengan kata lain, berkebun dapat membantu menyembuhkan sisi melankolis kamu dan mencerahkan pandangan hidup kamu, sehingga hidup dapat lebih bahagia dan menyehatkan.

6. Kombinasi Olahraga

Manfaat berkebun untuk kesehatan adalah melakukan gerakan olahraga
Source: https://www.gardenbuildingsdirect.co.uk/

Berkebun menggabungkan tiga jenis olahraga ketahanan, kelenturan, dan kekuatan. Seorang ahli Hortikultura dan Penulis Steve Upson mengatakan, olahraga hanyalah pekerjaan biasa, sedangkan berkebun adalah hasil cainta dari pekerjaan. Pada dasarnya, lebih baik berkebun yang mengandalkan banyak gerakan dan banyak manfaatnya dibandingkan hanya olahraga saja.

Baca Juga : 8 Tips Ciptakan Taman Minimalis Depan Rumah, Tetap Indah Meski di Lahan Sempit

7. Manfaat Untuk Kamu

Jika lebih memilih menanam sayur, itu merupakan pilihan yang bijak. Selain mendapatkan manfaat dari kegiatan berkebun, kamu juga bisa mendapatkan hasil panen dari sayuran tersebut. Hal ini, tentu sangat membantu kamu agar tidak perlu membeli sayur lagi. Bahkan, kamu bisa menanam sayurmu dengan cara organik, sehingga kamu bisa mengonsumsi sayuran lebih sehat karena tidak menggunakan pestisida. Selain itu, kamu juga dapat menghemat uang untuk membeli sayuran.

Jika kamu perhatikan, banyak di sekitarmu orang tua yang masih kuat berkebun setiap hari. Hal ini membuktikan bahwa berkebun memang memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan, terutama untuk orang yang lanjut usia. Bahkan, banyak lansia yang sudah berumur 87 tahun, namun tubuhnya sehat seperti 55 tahun, ternyata kebiasaannya berkebunlah yang membuat tubuhnya tetap kuat dan sehat.

Jadi, yuk kita mulai berkebun demi lingkungan yang lebih indah dan tubuh yang lebih sehat. Selamat berkebun!

Related posts

7 Tanaman Rambat Di Rumah Untuk Menambah Keasrian

Habibah Auni

Mengenal Gaya Hidup Zero Waste Demi Lingkungan yang Sehat

8 Cara Hemat Listrik Berikut agar Tagihan tidak Gampang Membengkak

Rostina Alimuddin

Leave a Comment