Rumah

7 Tipe Rumah Sederhana, Bisa Jadi Inspirasi untuk Hunian Keluarga Modern

Tipe Rumah Sederhana

Setiap keluarga pasti memimpikan memiliki hunian pribadi yang bagus dan nyaman. Standar rumah bagus bisa berbeda pada masing-masing orang, tapi generasi modern saat ini cenderung suka hunian yang bergaya minimalis. Biasanya rumah sederhana sengaja dibuat untuk menghemat biaya serta tetap nyaman untuk tinggal bersama keluarga kecil. Ada beberapa tipe rumah sederhana yang menjadi favorit.

Meskipun tergolong rumah sederhana, bagian pentingnya adalah menata sedemikian rupa hingga terlihat menarik. Rumah bergaya sederhana juga sangat cocok untuk dibangun di atas lahan yang terbatas. Dengan tetap memperhatikan ukuran, rumah yang bergaya sederhana mampu memenuhi kebutuhan keluarga akan ruangan-ruangan penting dalam sebuah hunian. Sekarang juga sudah banyak inspirasi menata rumah bergaya sederhana supaya terlihat tetap rapi, indah dan modern sesuai dengan kepribadian keluarga masa kini.

Baca Juga: 8 Tipe Rumah Minimalis Sederhana untuk Milenial

Dalam bidang properti, rumah sederhana dikenali dari tipenya. Tipe rumah biasanya berkaitan dengan ukuran keseluruhan bangunan. Namun ada juga yang menyebut tipe rumah berdasarkan konsep utama yang diusungnya. Apapun yang menjadi pertimbangan dalam membangun rumah bergaya sederhana, pastikan telah sesuai dengan ukuran tanah dan juga dibuat berdasarkan kebutuhan. Berikut adalah inspirasi tipe rumah bergaya sederhana yang bisa dijadikan referensi.

Memilih Tipe Rumah Berdasarkan Luas Tanah

1. Tipe Rumah Sederhana 36

Tipe Rumah Sederhana untuk keluarga Kecil, tipe 36

Rumah tipe 36 atau yang memiliki luas 36 m² ini merupakan tipe rumah yang paling banyak dikembangkan dalam setiap kompleks perumahan. Pasalnya tipe ini sangat diminati oleh keluarga modern dengan sedikit anak yang ingin menghemat anggaran untuk memilkiki hunian peribadi. Rumah tipe ini juga sering dijadikan pilihan bagi yang ingin memanfaatkan lahan sempit atau tanah kosong pada area yang tersembunyi.

Ciri khas utama dari rumah sederhana tipe 36 terletak pada jumlah ruangan di dalamnya. Karena berukuran tidak terlalu besar, maka rumah tipe ini paling banyak terdiri dari dua kamar tidur. Sementara ruangan yang lain dibuat hanya untuk kebutuhan yang penting saja, seperti ruang tamu yang menyatu ruang keluarga, dapur yang menyatu ruang makan serta kamar mandi minimalis.

2. Tipe 21

Rumah sederhana tipe 21

Ada tipe rumah bergaya sederhana lain yang lebih kecil dari ukuran 36 m² yaitu rumah tipe 21. Panjang dan lebar bangunan bisa dibuat sesuai kondisi lahan atau kebutuhan. Umumnya rumah tipe ini memiliki panjang dan lebar 6 x 3,5 meter atau 7 x 3 meter. Karena ukurannya yang relatif kecil, tak heran jika membangun rumah tipe ini tidak membutuhkan biaya yang besar serta tidak memakan waktu yang lama.

Rumah sederhana tipe 21 sangat cocok untuk pasangan muda yang belum memiliki anak. Di dalam rumah tipe ini biasanya hanya terdapat satu kamar tidur. Ruangan yang lain juga dibuat menyatu untuk menghemat lahan, seperti ruang tamu yang langsung mengarah ke dapur. Meskipun kecil, bukan berarti rumah tipe 21 tidak bisa terlihat modern dan kekinian. Hanya perlu ide kreatif untuk membuat rumah tipe ini menjadi hunian yang nyaman dan asri.

3. Tipe 45

tipe Rumah Sederhana 45

Tipe rumah yang selanjutnya ini lebih cocok sebagai hunian bagi keluarga yang memiliki lebih dari satu orang anak. Kamar tidur yang terdiri dari 3 ruangan menjadikannya lebih nyaman bagi keluarga dengan setidaknya dua anak. Selain itu, rumah tipe 45 juga sudah dilengkapi dengan ruang keluarga. Sehingga aktivitas keluarga serta anak-anak bisa lebih terjaga privasinya tanpa mengganggu fungsi ruang tamu sebagai ruang umum.

Selain memiliki lebih banyak ruang tidur, rumah sederhana tipe 45 juga sudah dilengkapi dengan halaman depan yang lumayan luas. Halaman tersebut bisa dimanfaatkan untuk dijadikan taman hijau agar nuansa segar semakin terasa. Bagian depan rumah biasanya juga masih terdapat lahan kosong yang bisa dijadikan garasi mobil. Sedangkan untuk bagian belakang, bisa saja masih ada sisa lahan untuk taman atau area berjemur.

Baca Juga: Panduan Investasi Properti Untuk Minimalisir Kerugian

4. Tipe 54

Bagi keluarga yang berencana memiliki anak lebih banyak, rumah tipe 54 bisa menjadi pilihan. Sebagaimana luasnya yang semakin lapang, maka akan semakin banyak pula ruangan yang bisa dibentuk di dalam rumah. Bahkan rumah tipe ini bisa dibuat menjadi bangunan dua lantai untuk memaksimalkan ruangan. Pada masing-masing lantai bisa dibangun dua kamar tidur dan satu ruangan ekstra yang bisa dimanfaatkan sebagai ruang tamu di lantai dua.

Tipe rumah sederhana ukuran 54 merupakan jenis rumah sederhana yang tergolong dalam kelas menengah. Meski begitu, rumah tipe ini tetap jauh lebih hemat dari segi harga pembelian maupun pembuatan dibanding jenis rumah mewah. Jadi rumah tipe ini sangat cocok bagi keluarga yang ingin memiliki hunian lebih luas namun tidak ingin menghabiskan lebih banyak uang.

5. Tipe 60

Jika tersedia anggaran yang lebih banyak serta lahan kosong yang lebih luas, tidak ada salahnya membangun rumah tipe 60. Seperti tipe sebelumnya, rumah jenis ini bisa dibuat menjadi dua lantai. Ruangan di dalam rumah akan lebih banyak dibanding rumah tipe 54. Biasanya terdiri dari 4 kamar tidur yang beberapa di antaranya bisa dilengkapi dengan kamar mandi di dalam.

Lahan kosong di bagian depan serta belakang bangunan bisa dijadikan taman hijau yang lebih luas. Bahkan rumah sederhana tipe 60 juga bisa dilengkapi dengan garasi atau gudang penyimpanan. Dengan banyaknya ruangan dalam rumah tipe ini, maka akan semakin banyak orang yang bisa tinggal di dalamnya.

6. Tipe 90

Tipe rumah yang selanjutnya ini sudah bisa dikategorikan sebagai rumah mewah meskipun tetap bsia dikatakan sebagai rumah bergaya sederhana. Rumah tipe 90 dilengkapi dengan lebih banyak jumlah ruangan, seperti beberapa kamar tidur dan kamar mandi. Ruang keluarga bisa dibuat untuk masing-masing lantai jika memang dibutuhkan. Ruangan lain yang bisa difungsikan sebagai kamar tidur asisten rumah tangga bisa dibangun di bagian paling belakang.

Baca Juga: 6 Inpirasi Rumah Mewah Bergaya Minimalis, Cocok untuk Pasangan Muda

Rumah sederhana tipe 90 sangat memungkinkan untuk dilengkapi dengan taman depan atau belakang rumah. Dengan ukuran taman yang lumayan luas, maka bisa dikreasikan lebih leluasa. Misalnya dengan menambahkan gazebo atau kolam ikan di salah satu sisi taman. Maka rumah tipe ini akan menjadi hunian yang asri dan nyaman.

7. Tipe 120

Rumah tipe 120 masih tergolong dalam rumah bergaya sederhana meskipun sudah bisa mendekati kriteria rumah mewah. Soal ukuran, rumah tipe ini memang lebih besar sehingga memungkinkan untuk dibuat banyak ruangan di dalamnya. Jika dibangun menjadi dua lantai, masing-masing lantai bisa memiliki ruang tamu sendiri dan area dapur. Kamar mandinya juga mungkin bisa sampai sebanyak 2 atau 3 ruangan.

Untuk rumah tipe 120, bagian luar bangunan tentu akan tersisa banyak lahan kosong. Lahan tersebut bisa digunakan untuk menciptakan ruang hijau alias taman baik di depan maupun belakang bangunan. Bagi yang memiliki kendaraan, rumah tipe 120 juga bisa menampung sampai 2 mobil dan beberapa motor dalam garasinya.

Itulah beberapa pilihan tipe rumah sederhana berdasarkan luas bangunan. Untuk menentukan pilihan, pastikan mempertimbangkan ketersediaan dana untuk membeli maupun membangunnya sendiri. Perhatikan juga apa yang menjadi kebutuhan utama pada keluarga serta ukuran lahan yang tersedia agar pembangunan bisa lebih tepat dan efektif.

Related posts

8 Tips Ciptakan Taman Minimalis Depan Rumah, Tetap Indah Meski di Lahan Sempit

Risma Mualifa

8 Tanaman Hias Daun Terpopuler Untuk Menambah Keindahan Rumah

Mengenal 5 Jenis Rumah Adat Jawa Barat

Rostina Alimuddin

Leave a Comment