Investasi

Panduan Investasi Properti Untuk Minimalisir Kerugian

Panduan Investasi Properti

Sudah sering mendengar istilah investasi properti? Pada dasarnya investasi properti dapat diartikan sebagai kegiatan untuk menempatkan dana untuk periode tertentu di bidang pengembangan properti. Meskipun sudah banyak pengusaha yang sukses di bidang properti akan tetapi bisnis properti tidaklah sesederhana yang terlihat. Kami memberikan informasi panduan investasi properti.

Tidak bisa dipungkiri jika keuntungan yang sangat menggiurkan dari investasi properti ini membuat banyak orang menaruh minat yang sangat tinggi. Semakin bertambahnya jumlah penduduk hingga bertambahnya kebutuhan akan hunian menjadikan investasi properti bernilai sangat tinggi. Nah, jika kalian memiliki niat untuk memulai bisnis ini ada baiknya mengikuti panduan berikut ini.

Jenis-Jenis Investasi Properti

Panduan Investasi Properti untuk yang ingin memulai
Source: Moneycrashers.com

Investasi Lahan

Jenis investasi yang pertama ialah investasi lahan. Investasi ini berhubungan erat dengan jual beli tanah kosong. Jenis investasi lahan dapat dikatakan memiliki capital gain yang sangat tinggi yaitu sekitar 20 hingga 25 persen.

Baca Juga: Jenis dan Tips Investasi Properti yang Menguntungkan

Investasi Hunian

Berbeda dengan investasi lahan, investasi hunian lebih mengarah kepada kegiatan jual beli rumah yang ditujukan untuk ditinggali.

Investasi Bangunan Perkantoran

Investasi bangunan perkantoran termasuk jenis investasi properti yang semakin banyak digandrungi para pengusaha. Pasalnya, investasi bangunan perkantoran memiliki keuntungan paling tinggi jika dibandingkan dengan jenis investasi properti lainnya. Lokasi bangunan yang strategis seperti berada di pusat perkotaan membuat banyak investor yang tertarik dengan investasi tersebut.

Investasi Komersial

Selain jenis hunian, investasi properti yang sangat menggiurkan juga datang datang dari investasi pusat perbelanjaan, hotel, ruko, rumah sakit, dan sejenisnya. Cuan yang dihasilkan dari investasi komersial ini juga termasuk sangat besar terlebih jika berada di lokasi yang sangat ramai.

Panduan Investasi Properti Secara Aman

Setelah mengetahui jenis-jenis investasi properti yang bisa kalian coba, selanjutnya persiapkanlah diri kalian secara matang agar investasi properti yang dijalankan dapat sesuai dengan rencana.

Tentukan Tujuan Investasi

Langkah pertama yang harus kalian tahu ialah mengenai tujuan investasi properti tersebut. Oleh sebab itu, ada baiknya menentukan target terlebih dahulu mengenai kapan tujuan investasi akan tercapai serta apa saja indikator yang mendukung sehingga tujuan tersebut dapat tercapai.

Tentukan Jenis dan Jangka Waktu Investasi

Karena telah mempelajari dan mengetahui jenis-jenis investasi properti sebelumnya maka selanjutnya tentukanlah jenis investasi yang ingin kalian tekuni. Apakah investasi lahan, hunian, bangunan perkantoran atau investasi komersial. Pilihlah jenis investasi yang paling mendukung untuk mencapai tujuan kalian. Jika kalian memiliki prospek investasi properti yang tidak butuh waktu lama saat melakukan transaksi maka cobalah memilih jenis investasi properti hunian.

Menyusun Rencana Pembelian dengan Matang

Panduan Investasi Properti Anti Rugi
Source: Berganco.com

Langkah selanjutnya ialah dengan menyusun rencana terhadap investasi properti yang telah kalian pilih. Kalian bisa menyusun rencana dengan matang dengan menentukan strategi maupun kriteria jenis properti yang akan dipilih. Ada baiknya juga jika kalian melakukan survey investasi properti terlebih dahulu. Survey tersebut bisa dilakukan dengan membandingkan harga, mencari tahu peluang yang ada di wilayah sekitar serta melakukan negosiasi.

Pahami Risiko yang Mungkin Terjadi

Jika kalian sudah mengetahui seluk beluk dunia investasi properti tersebut maka hal penting lainnya yang perlu kalian pahami ialah mengenai resiko yang akan terjadi. Memahami tingkat resiko kerugian hingga kebangkrutan adalah sesuatu yang lumrah bagi para pengusaha maupun investor. Oleh karena itu, pahamilah dengan baik tentang jenis properti yang akan dipilih. Jangan sampai kalian telah menggelontorkan banyak uang demi properti namun pada akhirnya kalian mengalami lebih banyak kerugian.

Mulai dari Skala Kecil

Setiap jenis investasi properti tentulah membutuhkan modal yang sangat besar. Maka jangan heran jika jenis investasi properti kebanyakan digeluti oleh para pengusaha yang telah handal dan berpengalaman dalam urusan modal dan investasi. Nah, jika kalian termasuk investor pemula maka jangan ragu untuk memulai usaha dari skala kecil terlebih dahulu.

Baca Juga: Jangan Ragu, Inilah 7 Tips Sukses Menjalankan Perusahaan Properti

Jangan mudah terpengaruh dengan para investor yang telah sukses lebih dulu. Ada baiknya mempelajari strategi dari mereka dibandingkan terjun langsung ke usaha skala besar. Mulailah dengan investasi properti seperti jual beli rumah dengan cara membantu pemasaran rumah orang lain. Di posisi ini kalian dapat dikatakan sebagai pihak ketiga yang melakukan kesepakatan antara penjual dan pembeli.

Nah, demikianlah informasi tentang panduan investasi properti ini. Semoga informasi di dalam artikel ini bisa menjadi referensi yang akurat untuk kalian para pemula dalam investor properti.

Related posts

Jenis dan Tips Investasi Properti yang Menguntungkan

Marsyaviani Darestuti

Jangan Ragu, Inilah 7 Tips Sukses Menjalankan Perusahaan Properti

Risma Mualifa