DIY

Mengenal Spare Part Mesin Jahit dan Fungsinya

Spare Part Mesin Jahit yang harus Dikenali

Tahukah kalian jika sejarah jahit-menjahit telah ada sejak awal-awal peradaban manusia? Ya, sejak berabad-abad yang lalu manusia telah mengenal dunia jahit-menjahit. Bedanya, spare part mesin jahitnya berbeda. Bahan jarum yang digunakan kala itu terbuat dari batu, tulang, gading, ataupun tembaga. Memang bahan-bahan tersebut masih terkesan kasar tapi jarum yang terbuat dari bahan kasar tersebut tetap menjalankan fungsinya sebagai jarum jahit. Berabad-abad yang lalu, jarum kasar tersebut digunakan untuk menjahit kulit hewan menjadi pakaian. Adapun benangnya terbuat dari otot hewan.

Seiring perkembangannya, jarum telah terbuat dari bahan logam seperti yang telah sering kalian lihat saat ini. Berbagai jenis macam mesin jahit pun sudah muncul di zaman sekarang. Beberapa di antaranya ialah mesin jahit khusus untuk menjahit kain tertentu, mesin jahit umum, mesin jahit serba guna, mesin jahit listrik, mesin jahit kaki hingga mesin jahit tangan. Kalau buat ibu-ibu di rumah, cukup dengan mesin jahit standar untuk sekedar menjahit pakaian keluarga.

Pada dasarnya, setiap mesin jahit memiliki komponen-komponen khusus yang juga memiliki fungsi masing-masing. Nah, untuk mengetahui spare part mesin jahit ini beserta fungsinya, mari kita ulas bersama.

Badan mesin jahit

Badan dan Spare Part Mesin Jahit
Source: tekhnikmemperbaiki.blogspot.co.id

Badan mesin jahit ini bisa dikatakan sebagai komponen utama pada sebuah mesin jahit. Beberapa komponen lain yang melekat pada badan mesin jahit ini di antaranya ialah dudukan jarum, jarum mesin, tiang benang, spool hingga sepatu mesin jahit.

Jarum mesin jahit

UKURAN JARUM JAHIT SESUAI BAHAN – Elmodista

Pada dasarnya, terdapat perbedaan yang mendasar pada jarum mesin jahit dengan jarum jahit tangan. Pada jarum mesin jahit terdapat lubang di ujung jarumnya, sedangkan pada jarum jahit tangan, lubang benangnya berada di kepala jarum. Tak hanya itu, jarum untuk mesin jahit memiliki bentuk yang lebih tebal dan lebih kokoh.

Dudukan Jarum

Dudukan jarum ini adalah tempat di mana jarum mesin terpasang. Ketika sedang bekerja, maka dudukan jarum akan terus bergerak naik dan turun.

Sepatu Mesin Jahit

Aneka Sepatu Bagian dari Spare Part Mesin Jahit
Source: Youtube

Spare part yang satu ini memiliki fungsi untuk menahan serta mengatur kain saat sedang menjahit. Oleh karena itu, sebelum menjahit jangan lupa untuk menaikkan tangkai pengait sepatu mesin jahit beserta jarum mesin jahitnya. Sepatu mesin jahit akan bekerja secara otomatis untuk mengatur posisi kain. Fungsi lain dari sepatu mesin jahit ini di antaranya ialah untuk membuat lipatan jahit di tepi kain, memasang lubang kancing, memasang resleting hingga memasang kancing.

Gigi Mesin (Feed Dog)

Gigi Mesin Jahit
Source: Lazada.com

Gigi mesin yang terletak di bagian bawah sepatu mesin jahit ini memiliki fungsi untuk mendorong kain agar bergerak maju saat proses menjahit. Spare Part ini juga bisa diatur sesuai dengan kebutuhan kalian. Jika ingin menjahit bahan yang tipis maka silahkan mengatur letaknya dengan agak menurun. Sebaliknya, jika sedang menjahit bahan yang agak tebal maka aturlah gigi mesin agar lebih naik. Untuk mengatur gigi mesin ini sendiri, gunakanlah alat pengatur gigi yang terletak pada badan mesin jahit.

Tiang Dudukan Benang

Mengenal komponen mesin jahit dan fungsinya

Adapun tiang dudukan benang pada mesin jahit ini memiliki fungsi untuk meletakkan gulungan benang yang digunakan saat proses jahit-menjahit berlangsung. Tiang benang bermacam-macam sesuai dengan bentuk dari mesin jahit itu sendiri.

Tuas Pengatur Setikan

Tuas pengatur setikan pada umumnya terletak di bagian badan mesin jahit. Sesuai namanya, tuas pengatur setikan memang berfungsi untuk mengatur panjang pendeknya setikan serta rapat renggangnya suatu jahitan. Dalam proses pengaturan setikan, semakin kecil angkanya maka semakin rapat pula setikannya. Begitu halnya saat  setikan semakin renggang, berarti angka yang digunakan juga besar. Setikan sangat berperan penting terutama saat kalian ingin menjahit bagian kerutan.

Spool (Sepul)

Spool atau lebih dikenal dengan sebutan sepul juga digunakan untuk menggulung benang serta berada di bagian dalam sekoci. Adapun benang yang digulung ke dalam sepul ini ialah benang bawah.

Sekoci

Spare part ini disebut sekoci dikarenakan komponennya memang terlihat seperti perahu sekoci. Adapun fungsi dari sekoci ini ialah untuk menyimpan sepul yang akan diletakkan di bawah jarum. Jika sepul telah dimasukkan ke dalam sekoci, maka setelah itu sekoci pun akan dipasang di rumah sekoci.

Roda Imbang

Roda imbang pada umumnya hanya ada di mesin jahit manual. Fungsinya ialah untuk memulai serta mengakhiri jahitan.

Pedal

Borboleta marca casa máquina de costura do vintage pedal máquina de costura manual elétrico grosso máquina de costura|Peças de ferramentas| - AliExpress

Pedal ini sendiri memiliki fungsi untuk menggerakan mesin jahit agar tetap bekerja. Cara kerjanya ialah dengan cara menginjakkan kaki di atas pedal mesin jahit.

Nah itulah bagian-bagian spare part mesin jahit yang harus diketahui. Cukup banyak bagian dari mesin jahit, membuat Anda harus mengerti setiap spare part dan fungsi setiap bagian dari mesin jahit itu sendiri. Saat ini perkembangan mesin jahit terus berkembang. Bahkan sudah ada mesin jahit portabel seperti alat hekter. Semua bisa disesuaikan oleh Anda.

Dapatkan informasi lainnya mengenai perlengkapan rumah lainnya di Sirumahminimalis.com.

Related posts

Inspirasi Lukisan Dinding Kamar Anak Muda, Untuk Mempercantik Tampilan Kamar

Marsyaviani Darestuti

5 Bunga Cantik untuk Dekorasi Halaman. Banyak Manfaatnya Juga, Lho!

Leave a Comment