Rumah

Mengenal 5 Jenis Rumah Adat Jawa Barat

Jika membahas tentang kebudayaan, Indonesia selalu memiliki kekayaan budaya yang tak akan pernah ada habisnya untuk dibahas. Mulai dari wisata kuliner, pakaian tradisonal, tarian hingga tradisi turun-temurun yang selalu menjadi ciri khas tiap daerah. Tidak bisa dipungkiri jika Indonesia memang gudangnya budaya yang selalu unik dan menarik untuk dibicarakan. Kali ini kita akan membahas mengenai Rumah adat Jawa Barat.

Salah satu jenis budaya Indonesia yang juga tetap dijaga kelestariannya hingga saat ini ialah keberadaan rumah adat. Karena memiliki banyak kepulauan maka Indonesia juga memiliki banyak jenis rumah adat yang berbeda-beda dari Sabang hingga Merauke. Rumah adat Jawa Barat termasuk salah satu jenis rumah adat yang memiliki penampilan unik dan menarik. Kurang rasanya jika berkunjung ke daerah Jawa Barat tanpa melihat keunikan rumah adat khas daerah ini. Jika kalian penasaran dengan berbagai jenis rumah adat di Jawa Barat ini, silahkan simak ulasan berikut ini.

Baca Juga: Jenis dan Tips Investasi Properti yang Menguntungkan

1. Rumah Togog Anjing

Jenis rumah adat pertama yang akan kita bahas ialah rumah Togog Anjing. Apakah kalian penasaran, kenapa diberi nama Togog Anjing? Ya, sesuai gambar di atas, rumah adat yang satu ini memang memiliki penampakan atap rumah menyerupai anjing yang sedang duduk.  Rumah ini juga memiliki bagian yang disebut dengan Sorondoy.  Sorondoy ini merupakan bagian atap tambahan dari rumah Togog Anjing yang berfungsi untuk membuat rumah menjadi lebih teduh dan nyaman. Rumah adat ini bisa kalian temui di wilayah Garut dan sekitarnya.

2. Imah Badak Heuay

Imah Badak Heuay merupakan rumah adat dari Jawa Barat yang memiliki bentuk menyerupai Badak. Pada dasarnya arti Badak Heuay sendiri memiliki arti badak menguap. Dari bagian depan rumah adat ini, kalian bisa melihat tampilan rumah yang menyerupai mulut badak yang sedang menguap. Rumah ini juga memiliki bagian atap kecil yang berfungsi untuk melindungi teras rumah agar lebih teduh.

Masyarakat Jawa Barat biasanya menaruh kursi di teras rumah adat ini untuk digunakan saat menerima tamu laki-laki. Jika ingin melihat rumah adat Imah Badak Heuay ini maka silahkan mengunjungi wilayah Sukabumi. Hingga hari ini, jenis rumah adat yang satu ini masih sering terlihat di beberapa wilayah. Beberapa rumah modern pun banyak yang menggunakan rumah adat Imah Badak Heuay ini sebagai sumber inspirasi atap rumah mereka.

3. Imah Julang Ngapak

Rumah adat selanjutnya ialah Imah Julang Ngapak. Sama seperti rumah adat sebelumnya, Imah Julang Ngapak juga menyerupai jenis hewan. Namun, penampakan rumah adat jenis ini lebih mirip dengan burung yang sedang mengepakkan sayap. Bagian atas rumah ini juga memiliki bentuk segitiga serta memiliki bagian bawah yang agak melebar. Adapun di kedua sudut atap rumah adat ini memiliki cagak gunting yang berfungsi untuk mencegah masuknya percikan-percikan hujan.

Menurut warga Jawa Barat, rumah adat ini dulunya dilapisi oleh ijuk rumbia atau alang-alang. Meskipun hanya dilapisi dedaunan akan tetapi dedaunan tersebut sangat tahan terhadap kebocoran. Saat ini, rumah adat Imah Julang Ngapak sudah dilapisi oleh material kayu. Nah, kalau kalian tertarik melihat langsung penampakan rumah ini silahkan mengunjungi daerah Tasikmalaya.

4. Imah Perahu Kumureb

Jika beberapa jenis rumah adat sebelumnya banyak yang menyerupai hewan, Imah Perahu Kumureb ini memiliki bentuk yang mirip dengan perahu terbalik. Di bagian atap rumah adat ini terdapat bagian yang memiliki bentuk limas. Adapun material utama pembuatan rumah adat ini ialah kayu dan bagian atapnya hanya terbuat dari ijuk. Beberapa jenis rumah seperti ini akan lebih mudah kalian temui di wilayah Ciamis. Sayangnya, saat ini banyak orang yang sudah tidak tertarik dengan desain rumah adat yang satu ini. Hal ini dikarenakan desain Imah Perahu Kumureb ini yang sangat mudah mengalami kebocoran.

5. Imah Jolopong

Ciri khas dari Imah Jolopong ini ialah terdapat pada bentuk atapnya yang seperti segitiga. Di bagian depan rumah ini kalian akan menemukan bagian ruangan untuk bersantai dan menerima tamu. Di dalam rumah ini tidak terdapat banyak sekat ruangan. Bisa dibilang material dan biaya untuk membangun Imah Jolopong ini tidaklah mahal sehingga.

Related posts

8 Tips Ciptakan Taman Minimalis Depan Rumah, Tetap Indah Meski di Lahan Sempit

Risma Mualifa

Ciri-ciri Rumah Sehat yang Wajib Kamu Ketahui

7 Tips dan Trik Memilih Warna Cat Rumah Minimalis

Marsyaviani Darestuti